4 Bintang Sepak Bola yang Bangkrut

Atlet pesepakbola memiliki kekayaan yang melimpah, namun tak sedikit pula yang mengalami kebangkrutan lantaran gagal mengelola keuangan.

oleh Yosef Deny Pamungkas diperbarui 06 Jan 2015, 08:33 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2015, 08:33 WIB
Ilustrasi Kick-off
Ilustrasi Kick-off

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola yang meniti karier di Eropa dan bermain di tim besar rata-rata memiliki pendapatan yang besar. Bahkan, tak jarang para pesepak bola itu mampu mencatatkan diri sebagai salah satu atlet terkaya.

Nama bintang sepakbola seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi bahkan masuk dalam daftar lima atlet terkaya di dunia tahun 2014 versi Forbes. Ronaldo berada di peringkat kedua dengan pendapatan 80 juta dolar sedangkan Lionel Messi berada di urutan keempat dengan nilai kekayaan 64,7 juta dolar.

Kendati demikian, meski beberapa atlet pesepakbola memiliki kekayaan yang melimpah, namun tak sedikit pula yang mengalami kebangkrutan lantaran gagal mengelola keuangan dengan baik.

Terkait itu, Liputan6.com merangkum 4 bintang sepak bola yang mengalami kebangkrutan

Lanjut ke halaman berikutnya>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


David James

David James
James saat memperkuat Portsmouth

1. David James

Mantan kiper timnas Inggris ini sebelumnya memiliki pendapatan yang sangat besar. Hal itu diketahui setelah ia sempat memperkuat tim-tim besar seperti Liverpool, West Ham United hingga Manchester City. Sepanjang kariernya ia tercatat menghasilkan pendapatan sebesar 20 juta poundsterling.

Namun, pada tahun 2014, James dinyatakan bangkrut lantaran terlilit utang yang besar. Ia pun harus melelang beberapa memoribilia miliknya termasuk jersey timnas Inggris kebanggaannya.


John Carew

John Carew
Selebrasi Carew saat berhasil menjebol gawang lawan

2. John Carew

Penyerang asal Norwegia ini memiliki karir yang sukses bersama Valencia, Lyon dan Aston Villa. Pendapatan besar pun berhasil ia kumpulkan. Tapi, pada tahun 2012, Carew dinyatakan bangkrut setelah kasus pajak yang menimpanya. Selain itu ia juga sempat menjadi korban penipuan saat membeli sebuah mobil mewah bermerk Porsche.


Eric Djemba-Djemba

Eric Djemba-Djemba
Selebrasi Djemba-Djemba

3. Eric Djemba-Djemba

Pemain yang pernah dibeli oleh Manchester United sempat mendapatkan pendapatan yang cukup besar meski hanya bermain sebanyak 20 pertandingan bersama Setan Merah. Namun, kebiasaannya membeli mobil sport mewah membuat Djemba-Djemba dinyatakan bangkrut pada tahun 2007


Brad Friedel

Brad Friedel
Aksi Friedel saat menjaga gawang

4. Brad Friedel

Kiper Tottenham Hotspur mengalami kebangkrutan setelah ia berbisnis dengan mendirikan sebuah sekolah sepak bola di Spurs, Aston Villa dan Liverpool.

Tapi, usaha sekolah sepak bola milik Frediel ternyata tak membawa keuntungan. Akademi yang dibuka pada tahun 2007 gagal mendapatkan sponsor. Kondisi ini diperparah dengan krisis finansial pada tahun 2008. Frediel akhirnya menyatakan bangkrut setelah ia kehilangan uang sebesar 10 juta poundsterling.

Baca juga:

Siapa Kapten Liverpool Musim Depan?

"Tidak Ada Lagi Perpanjangan Kontrak Lampard di City"

Emral Abus, Si "Bidan" Pelatih Kondang Indonesia

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya