Jadilah Saksi Lahirnya Bakat Sepakbola Indonesia

CLEAR Ayo! Indonesia Bisa Academy bersama Manchester United melibatkan 512 SSB dari 16 kota di Indonesia termasuk Aceh dan Papua

oleh Liputan6 diperbarui 09 Feb 2015, 00:10 WIB
Diterbitkan 09 Feb 2015, 00:10 WIB
Kurniawan Cari Pemain Berbakat untuk Dikirim ke MU
Pihak Clear berharap dari kegiatan ini akan muncul pemain-pemain yang berprestasi bagi Indonesia di masa depan, Jakarta, Jumat (30/1/2015). (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sebenarnya memiliki talenta muda sepakbola yang berlimpah dan berpotensi menjadi pemain masa depan sepakbola Nasional. Hanya saja tidak semua generasi muda Indonesia memiliki akses dan kesempatan yang sama untuk menunjukkan bakat dan kemampuannya.

Pelatih Timnas U-19 Indonesia di ajang AFF U-19 lalu, Indra Safrie sampai blusukan ke pelosok-pelosok Tanah Air dan melihat pertandingan antar kampung untuk menemukan talenta-talenta muda yang berkualitas.

Di tanah Jawa, Indra berhasil menemukan pemuda sederhana yang jago mengolah si kulit bundar yaitu Evan Dimas yang kemudian menjadi kapten Timnas dan motor serangan Tim. Untuk mengisi pertahanan, Indra menemukan Sharul Kurniawan, pemuda asal Ngawi, Jawa Timur. Bertolak ke luar jawa, tepatnya di Aceh, Indra menemukan Sandi Gunawan dan saat di Alor, dirinya mendapati pemain berbakat Yabes Roni Malaifani. Pencarian Indra sampai ke pelosok negeri membuahkan prestasi di ajang AFF U-19 tahun 2013 lalu.

Berangkat dari situasi tersebut dan melihat banyak bakat muda sepakbola yang belum ditemukan di Indonesia, produk Shampoo Anti Ketombe ternama di dunia, CLEAR kembali mengulang kesuksesan gerakan Ayo! Indonesia Bisa. Di Awal tahun 2015, CLEAR bersama akademi sepakbola Manchester United melakukan seleksi ribuan talenta muda sepakbola di 16 kota di Indonesia dalam ajang CLEAR Ayo! Indonesia Bisa Academy.

”Kami percaya bahwa masih banyak pemain sepakbola muda berbakat di Indonesia yang menanti untuk ditemukan. Melalui gerakan CLEAR Ayo! Indonesia Bisa Academy, CLEAR mengajak masyarakat untuk turut mendukung dan menjadi saksi lahirnya bakat–bakat baru sepakbola Indonesia,” kata Johan Lie, Senior Brand Manager CLEAR.

Selanjutnya Clear menggandeng Manchester United Soccer School...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Denis Irwin dan MU Dukung Gerakan Ayo! Indonesia Bisa Academy

Kurniawan Cari Pemain Berbakat untuk Dikirim ke MU
Suasana Jumpa pers gerakan ‘Clear Ayo! Indonesia Bisa Academy’ untuk mencari 11 pemain sepakbola muda berbakat di Indonesia, Jakarta, Jumat (30/1/2015). (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Denis Irwin dan MU Dukung Gerakan Ayo! Indonesia Bisa Academy

Proses seleksi di CLEAR Ayo! Indonesia Bisa Academy melibatkan 512 SSB dari 16 kota di Indonesia termasuk Aceh dan Papua. Sebanyak 96 tim terbaik yang lolos akan mengikuti proses talent scouting di tingkat provinsi. Dari sini terpilih 11 pemain yang akan mengikuti training Camp di Soccer School, Manchester United di Old Trafford, Inggris selama 1 minggu.

"Dengan pelatihan yang telah CLEAR siapkan untuk para 11 pemain, kami berharap dapat membuka jalan mereka untuk berkarir di dunia sepak bola," ujar Johan Lie.

Menurut Commercial Director Manchester United, James Reigle, potensi sepakbola Indonesia sangat besar terlihat dari antusias dalam berbagai pertandingan dan gerakan yang dilakukan oleh CLEAR ini menjadi salah satu langkah untuk melahirkan bakat-bakat pemain muda masa depan sepakbola Indonesia.

"Proses talent scouting yang dilakukan oleh CLEAR Academy menjadi hal yang penting untuk menemukan pemain-pemain muda berbakat dan berkualitas. Pembinaan dan pelatihan di usia dini menjadi faktor penting dalam membentuk kualitas pemain sepakbola, ujar Reigle.

Legenda Manchester United, Denis Irwin mengungkapkan bahwa pembinaan usia muda merupakan prioritas utama dalam membentuk suatu tim yang solid dan kuat. Kepada para generasi muda sepakbola Indonesia, Denis juga berpesan agar jangan pernah takut untuk mencoba dan terus berusaha menunjukkan bakatnya.

"Selagi kita masih muda, jangan pernah takut untuk mencoba dan menunjukkan bakat. CLEAR Ayo! Indonesia Bisa Academy ini membuka kesempatan untuk bakat-bakat muda sepakbola untuk unjuk gigi," jelas Irwin.

Selanjutnya Legenda Timnas Indonesia ambil bagian gerakan Clear...


Kurniawan Dwi Yulianto Talent scouter Lokal

Kurniawan Cari Pemain Berbakat untuk Dikirim ke MU
Jumpa pers Clear Academy bersama Legenda Sepakbola Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, Jumat (30/1/2015), di Plaza Indonesia, Jakarta (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Kurniawan Dwi Yulianto Talent scouter Lokal

Kurniawan Dwi Yulianto, salah satu legenda sepakbola Indonesia yang menjadi talent scouter lokal CLEAR Ayo! Indonesia Bisa Academy mengungkap rasa terima kasih atas kepedulian Clear terhadap masa depan Indonesia.

"Banyak pemain sepakbola profesional di Indonesia justru bukan dari kota-kota besar. Terima kasih juga kepada CLEAR karena telah peduli akan mimpi anak–anak Indonesia sehingga memiliki kesempatan yang sama untuk membuktikan bakatnya di bidang sepakbola," ungkap Kurniawan

Selama proses scouting nantinya, Kurniawan bercerita akan mencari pemain dengan mental yang kuat dan tidak mudah menyerah disamping kemampuan fisik dan teknik yang dimiliki.

"Skill bisa dilatih tapi mental yang kuat akan menentukan kualitas diri serta karakter dari pemain," ujar Kurniawan.

Demi memberikan yang terbaik bagi bakat-bakat muda sepakbola, CLEAR memilih Manchester United yang merupakan salah satu klub dengan reputasi sekolah sepakbola terbaik di dunia.

"Dengan menggandeng klub besar seperti Manchester United, kami berharap ini bisa memotivasi 11 pemain terpilih juga para generasi muda sepakbola lain untuk percaya bisa sukses seperti nama-nama besar yang lahir dari Manchester United," ujar Johan Lie.

Raih Kesempatan Berangkat ke Inggris

Melalui gerakan CLEAR Ayo! Indonesia Bisa Academy tahun 2015, CLEAR mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung serta menjadi saksi kisah sukses lahirnya bakat-bakat sepakbola Indonesia dengan cara mengunjungi website www.ayoindonesiabisa.com. Anda juga berkesempatan berangkat ke Old Trafford di Kota Manchester, Inggris untuk menyaksikan langsung 11 pemain terpilih.

Seleksi regional di 16 kota dilaksanakan mulai tanggal 30 Januari - 28 Februari 2014. Selanjutnya seleksi provinsi di 6 kota bulan Februari - April. Setelah itu 11 pemain terbaik yang terpilih akan diumumkan dan rencananya bulan Mei akan berangkat ke Manchester, Inggris.

Dukung dan jadilah saksi lahirnya bakat – bakat baru sepak bola Indonesia di www.ayoindonesiabisa.com

(Adv)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya