Mimpi Firman, Melatih Timnas dan Jadi Juara

Firman merasa gagal membawa Timnas Indonesia juara saat dia masih menjadi pemain.

oleh Risa Kosasih diperbarui 06 Agu 2015, 22:35 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2015, 22:35 WIB
Firman Utina
Firman Utina (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Kegagalan membawa Timnas Indonesia menjadi juara tampaknya menjadi motivasi tersendiri bagi Firman Utina. Gelandang Persib Bandung ini pun berhasrat membawa Timnas Indonesia juara dengan statusnya sebagai pelatih.

Mantan kapten tim nasional Indonesia Firman Utina, mengatakan, dirinya masih ingin berprestasi bersama skuat Garuda. Dia rela walaupun tak membawa Tim Garuda juara dengan status sebagai pemain, namun peran sebagai pelatih kini diincarnya.

Selama membela timnas, prestasi tertinggi pemain berusia 33 tahun ini paling mentok hanya sebagai finalis Piala AFF 2010, usai Timnas Indonesia kalah agregat dari Malaysia. Firman sendiri tak ragu untuk melanjutkan kariernya sebagai pesepak bola ketika dia sudah memutuskan gantung sepatu.

"Saya ingin melanjutkan karir di dunia yang sama. Saya ingin jadi pelatih, karena selama menjadi pemain belum pernah juara," kata Firman dalam acara pelatihan anak-anak usia muda MILO Football Championship 2015, Kamis (6/8/2015).

Firman sempat mendaftarkan diri dalam kursus pelatih berlisensi C AFC yang diselenggarakan PSSI. Namun sayang, agenda kursus ditiadakan menyusul sanksi FIFA yang keburu jatuh pada 30 Mei 2015 silam.

Mantan pemain timnas yang berhasil melalui lisensi pelatih hanya Kurnia Sandy, yang kini berlisensi B AFC. Lisensi didapat karena kursusnya berakhir pada 24 Mei 2015, selang sepekan dari sanksi FIFA yang dijatuhkan untuk sepak bola Indonesia.

"Insya Allah bila diberi kesempatan melatih timnas dan bisa bawa mereka juara, impian saya terwujud," kata Firman. Meski melihat rekan-rekan sesama pemain telah berinvestasi di bidang lain, eks Persita Tangerang ini mengaku tak tertarik keluar dari dunia yang dicintainya.

"Banyak yang berinvestasi membuka toko baju, saya terinspirasi juga sebenarnya. Alhamdulillah, banyak yang mengajak juga untuk mengajar di SSB (Sekolah Sepak Bola). Tapi berserah diri dengan yang di Atas saja, rezeki ada yang mengatur,” ungkapnya. (Ris/Win)

Baca juga: 

Pedro Datang, Van Gaal Siapkan Formasi Spesial

Bukan Cuma MU, Jersey Wanita Juventus Juga Vulgar

Bintang Madrid Bikin MU Gigit Jari

 

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya