Tontowi / Liliyana Juara Malaysia Open

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mengalahkan wakil tuan rumah, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, di final Malaysia Open Super Series Premier 2016.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 10 Apr 2016, 15:38 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2016, 15:38 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juara Malaysia Open Super Series Premier 2016. (Humas PP PBSI)

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Lewat pertandingan yang melelahkan dan menegangkan, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akhirnya memenangkan final ganda campuran Malaysia Open Super Series Premier 2016. Tontowi/Liliyana mengalahkan pasangan tuan rumah, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, dengan rubber game dalam waktu satu jam 21 menit, Minggu siang (10/4/2016).

Baca Juga

  • WAGs Liverpool Perlakukan Asisten Rumah Tangganya Seperti Budak
  • Cuplikan Video Drama 6 Gol West Ham Vs Arsenal
  • Pochettino Diminta Tidak Tergoda Rayuan MU

Meski Chan/Goh didukung mayoritas penonton yang memadati Malawati Stadium, Shah Alam, Malaysia, hal tersebut tidak berpengaruh bagi Tontowi/Liliyana. Juara All England 2012, 2013, dan 2014 ini dapat mendominasi pertandingan dan unggul 11-4.

Namun, setelah interval pertama, Chan/Goh menemukan pola permainan mereka dan merepotkan Tontowi/Ahmad. Skor pun menjadi imbang 11-11 dan pertandingan berjalan lebih ketat.

Meski demikian, Tontowi/Liliyana terus memimpin perolehan angka dan berpeluang memenangi game ini setelah unggul 20-17. Tetapi, Chan/Goh tak menyerah dan meraih tiga poin beruntun untuk memaksa laga dilanjutkan dengan deuce. Setelah skor sama 21-21, dua poin yang didapat Tontowi/Liliyana akhirnya menyudahi perlawanan Chan/Goh di game pertama.

Pada game kedua, pertandingan berlangsung ketat di awal. Kedua pasangan saling susul-menyusul angka. Tetapi, setelah skor sama 8-8, perolehan poin Chan/Goh tak mampu dibendung Tontowi/Liliyana.

Setelah unggul 13-8, permainan Chan/Goh terus merepotkan Tontowi/Liliyana. Peraih medali perak SEA Games 2015 tersebut akhirnya memenangi game kedua dengan skor 21-13.

Situasi pada game ketiga tidak berubah. Kedua pasangan saling jual beli pukulan dan adu drive. Perolehan poin berjalan ketat hingga 9-9. Setelah itu, Tontowi/Liliyana menjauh dengan memimpin 13-9. Tapi, Chan/Goh sempat mendekati perolehan poin dengan skor 16-17.

Namun berkat ketenangan, Tontowi/Liliyana akhirnya menuntaskan perlawanan Chan/Goh. Smes keras Tontowi tidak bisa dikembalikan pasangan ini. Tontowi/Liliyana pun menang 21-16.

Tontowi/Liliyana berhak atas gelar juara ganda putri Malaysia Open Super Series Final 2016. Pasangan yang diakrab disapa Owi dan Butet itu menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke final setelah Jonatan Christie dan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari tersingkir di semifinal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya