Bolovia Pakai Pemain Ilegal, Chile Dinyatakan Menang

FIFA memutuskan Chile menang 3-0 karena Bolivia memainkan pemain ilegal.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 02 Nov 2016, 20:30 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2016, 20:30 WIB
20161012-Kualifikasi-Piala-Dunia-2018-Chile-Peru-Reuters
FIFA memutuskan Chile menang 3-0 karena Bolivia memainkan pemain ilegal dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

Liputan6.com, Zurich - FIFA memutuskan Chile menang 3-0 atas Bolivia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan. Keputusan itu diambil setelah Komite Disiplin FIFA menilai Bolivia telah memainkan pemain ilegal, yakni Nelson Cabrera dalam laga yang digelar di Estadio Monumental David Arellano, 7 September lalu.

Seperti dilansir Antara, Rabu (2/11/2016), peraturan FIFA menyebutkan pemain baru bisa bermain untuk negara yang mengadopsinya jika sudah tinggal dan bermain di sana selama lima tahun. Sementara Cabrera, yang lahir di Paraguay, pindah ke Bolivia pada empat tahun lalu.

Kepala Federasi Sepak Bola Bolivia (FBF) Rolando Lopez mengatakan peraturan FIFA merupakan kontradiksi dan federasinya memahami bahwa periode itu adalah selama dua tahun.

Sementara itu, dengan tambahan tiga angka, peringkat Chile di klasemen sementara naik ke posisi kelima. Chile mengantongi poin 16 dari 10 pertandingan, terpaut lima angka dari Brasil yang memuncaki klasemen.

Selain Chile, FIFA juga memberikan kemenangan 3-0 kepada Peru atas Bolivia. Sebelumnya, Peru menyerah 0-2 dari Bolovia di Estadio Hernando Siles, 2 September lalu.

Kemenangan itu menghidupkan kembali peluang Peru. Skuat asuhan Ricardo Gareca itu kini mengoleksi 11 poin dari 10 laga.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya