Borong 2 Gol, Aguero Bawa City Bungkam Burnley

Total, sudah 10 gol yang dicetak Aguero di Liga Inggris musim ini.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 26 Nov 2016, 21:40 WIB
Diterbitkan 26 Nov 2016, 21:40 WIB

Liputan6.com, Burnley - Sergio Aguero kembali menunjukkan kontribusi besarnya kepada Manchester City. Pemain asal Argentina itu menjadi aktor penentu kemenangan 2-1 City atas Burnley pada pekan ke-13 Liga Inggris 2016/2017 di Turf Moor, Sabtu (26/11/2016).

Meski unggul jauh soal pengalaman dan materi pemain, Pep Guardiola sama sekali tak mau meremehkan Burnley. Itu mengapa ia tetap menurunkan skuat terbaiknya di laga tersebut. Pasalnya, City harus menelan kekalahan dan hasil imbang dalam dua pertemuan di musim lalu.

Kali ini, Guardiola menurunkan pemain-pemain utama seperti Aguero, Raheem Sterling, Nolito, Fernandinho, hingga Yaya Toure sejak awal permainan. Sialnya, mereka tetap kecolongan gol cepat Burnley di menit ke-14.

Berawal dari tendangan jauh kiper Paul Robinson ke arah tepi kotak penalti City, para pemain Burnley sudah berkumpul menunggu bola. Gelandang Dean Marney sukses memanfaatkan situasi itu lewat tendangan voli yang tak bisa diantisipasi kiper Claudio Bravo.

Namun, The Citizens sukses menyamakan skor sebelum babak pertama berakhir. Adalah Aguero yang menjadi pahlawan City usai menyambar umpan Nicolas Otamendi. Skor 1-1 itu bertahan hingga pertandingan di babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, Guardiola melakukan pergantian pemain untuk menyegerkan skuat. Sterling ditarik di menit ke-57 untuk memberikan tempat kepada Leroy Sane, pemain berusia 20 tahun yang direkrut dari Schalke 04 pada musim panas 2016.

Gol Kedua

Tak lama setelah pergantian pemain, City sukses mencetak gol keduanya dan berbalik unggul. Aguero yang kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-60. Kali ini, pemain yang menciptakan assist untuk Aguero adalah Fernandinho.

Striker Manchester City, Sergio Aguero merayakan gol yang dicetaknya bersama Nolito. (Reuters / Andrew Yates)

Akibat gol tersebut, Burnley yang dilatih Sean Dyche meningkatkan intensitas serangan. Salah satu peluang didapat Burnley lewat Michael Keane di menit ke-73. Sayang, upayanya masih belum bisa menaklukkan kiper Bravo.

Sadar dengan peningkatan serangan Burnley, Guardiola memutuskan untuk menarik Nolito dan memasukkan Kevin De Bruyne di menit ke-78. Namun, tak ada perubahan yang terjadi pada papan skor. Keunggulan 2-1 The Citizens tetap bertahan hingga laga bubar.

Berkat kemenangan itu, untuk sementara City memuncaki klasemen Liga Inggris dengan raihan 30 poin. Namun, besar kemungkinan City akan langsung tergeser karena Chelsea dan Liverpool sama-sama belum bertanding. Liverpool akan melawan Sunderland dan Chelsea menghadapi Tottenham Hotspur.

Susunan Pemain:

Burnley (4-4-1-1): Robinson; Ward, Lowton, Mee, Keane, Defour (Barnes 80), Marney (Arfield 40), Gudmundsson (Tarkowski 43), Boyd, Hendrick, Vokes

City (4-2-3-1): Bravo; Sagna, Clichy, Kolarov, Otamendi, Yaya Toure, Fernandinho, Fernando, Sterling (Sane 57), Aguero (Navas 89), Nolito (De Bruyne 78)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya