Piala Afrika 2017: Burkina Faso dan Kamerun ke Semifinal

Kamerun memastikan kelolosan mereka setelah menang adu penalti.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 29 Jan 2017, 06:24 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2017, 06:24 WIB
Piala Afrika 2017
Piala Afrika 2017

Liputan6.com, Jakarta Piala Afrika 2017 sudah memiliki dua tim yang sukses mengamankan tiket semifinal. Minggu (29/1/2016) dinihari WIB, Burkina Faso dan Kamerun memastikan kelolosan mereka. Kini, mereka tinggal menunggu lawan di semifinal.

Burkina Faso lebih dulu memastikan tempat di semifinal Piala Afrika 2017. Menghadapi Tunisia di Stade d'Angondje, tim asuhan Paulo Duarte itu mengukir kemenangan dua gol tanpa balas. Namun, kemenangan itu juga diraih lewat kerja keras.

Itu karena Tunisia mampu memberikan perlawanan yang alot. Burkina Faso harus menunggu hingga menit ke-81 untuk memecah kebuntuan. Adalah Aristide Bance yang mencetak gol setelah memaksimalkan umpan Bertrand Traore. Tiga menit kemudian, giliran Prejuce Nakoulma yang mencatatkan namanya di papan skor.

Selebrasi pemain Burkina Faso, Aristide Bance (kiri), setelah mencetak gol ke gawang Tunisia pada perempat final Piala Afrika 2017. (AP Photo/Sunday Alamba)

Seperti Burkina Faso, Kamerun juga harus bekerja keras untuk menyingkirkan Senegal. Pasalnya, Senegal mampu memaksakan skor kacamata di waktu normal dan babak perpanjangan waktu. Untungnya, Kamerun bisa memaksimalkan kesempatan di babak adu penalti.

Babak tos-tosan tersebut juga sempat berjalan imbang hingga eksekutor keempat. Namun, Sadio Mane yang menjadi eksekutor kelima Senegal gagal mencetak gol. Sebaliknya, Vincent Aboubakar mampu menjadi penentu kemenangan Kamerun.

Selanjutnya, Kamerun tinggal menunggu pemenang duel antara Republik Kongo dan Ghana di Stade d'Oyem, Minggu (29/1/2017). Sedangkan Burkina Faso menanti pemenang duel antara Mesir dan Maroko di Stade de Port-Gentil, Senin (30/1/2017) dinihari WIB.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya