MotoGP Spanyol: Trek Sempit, Pasokan Ban Tak Berubah

MotoGP Spanyol akan berlangsung akhir pekan ini.

oleh Liputan6 diperbarui 05 Mei 2017, 11:00 WIB
Diterbitkan 05 Mei 2017, 11:00 WIB
MotoGP Australia
Balapan MotoGP (AP Photo/Rob Griffith)

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Michelin Piero Taramasso kembali mengonfirmasi pasokan ban yang akan disediakan pada balapan seri keempat MotoGP di Sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan ini. Dia mengatakan perusahaan asal Prancis itu tidak akan menyediakan ban depan baru di lintasan dengan 4,4 km tersebut.

Hal ini dilakukan mengingat jadwal waktu pengujian yang sempit. Karenanya Michelin bakal mempersilakan sirkus MotoGP untuk menjajal ban tersebut setelah balapan atau Senin (8/5/2017) waktu setempat.

Tapi untuk pasokan ban di Jerez sepertinya tidak akan mengalami perubahan. Pasalnya, Michelin tetap menempatkan tiga senyawa berbeda untuk ban depan dan belakang.

Untuk bagian ban belakang, Michelin memberikan solusi ban medium asimetris dengan sisi kiri lebih keras. Sedangkan ban soft dan hard akan tersedia dengan simetris. Begitu pula solusi depan.

Sedangkan untuk pilihan basah, pemasok ban yang menggantikan Bridgestone tersebut menyediakan senyawa lembit dan keras. Dijelaskan Taramasso, hal ini dilakukan mengingat kondisi trek yang sempit di MotoGP Jerez.

"Jerez adalah salah satu trek yang kami targetkan untuk perbaikan musim ini. Ini adalah rangkaian balapan yang sangat menantang karena ada banyak perubahan arah, dan juga cukup sempit. Keragaman tata letak sudut berarti kami perlu menawarkan ban dengan karakter seimbang untuk memberikan penanganan yang baik dari kecepatan rendah hingga sudut kecepatan tinggi dan dari belokan datar ke perubahan elevasi," kata Taramasso.

"Jadi ini membuatnya cukup teknis dalam semua aspek. Kami memiliki berbagai ban yang akan memberikan jenis kemajuan yang ingin kita buat dan kemudian pada hari Senin saat tes ini kami akan menyediakan beberapa pilihan baru, serta memberi para pembalap beberapa alternatif yang ada untuk mencoba dan membuat perbandingan," Taramasso menambahkan.

(David Permana)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya