Hasil BRI Liga 1: Boaz Solossa Bantu Borneo FC Tekuk Persipura Jayapura

Borneo FC sukses memetik kemenangan atas Persipura Jayapura dengan skor tipis 1-0 dalam lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 pada Kamis (18/11/2021) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Nov 2021, 21:30 WIB
Diterbitkan 18 Nov 2021, 21:30 WIB
Ilustrasi logo bri liga 1 liputan6
BRI Liga 1 2021/2022 (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta Kejutan kembali terjadi, Borneo FC sukses memetik kemenangan atas Persipura Jayapura dengan skor tipis 1-0 dalam lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 pada Kamis (18/11/2021) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Mimpi buruk Persipura terjadi setelah Francisco Torres berhasil mencetak gol semata wayang nya pada menit ke-70, berkat umpan indah mantan pemain Persipura, Boaz Solossa.

Nama Boaz jelas identik dengan Mutiara Hitam meski sang pemain kini membela panji Borneo FC. Eks pemain Timnas Indonesia itu melakukan gesture permintaan maaf setelah dirinya menjadi "dalang" kekalahan Mutiara Hitam.

Sejak menit awal pertandingan, Borneo FC dan Persipura Jayapura memainkan permainan terbuka. Kedua tim tampil agresif di lima menit pembuka babak pertama guna melesakkan gol kilat.

Pada menit ke-6, Borneo FC langsung memulai ancamannya. Kemelut sempat terjadi di depan gawang Persipura Jayapura.

Bermula dari sundulan pemain Borneo FC, Wildansyah setelah menerima umpan sepakan pojok, bola pun berhasil ditepis Fitrul Dwi.

Bola liar yang jatuh di kaki Francisco Torres belum bisa dimanfaatkan dengan maksimal, dikarenakan Fitrul Dwi juga masih dalam keadaan sigap.

Pada menit ke-12 , Francisco Torres yang berada di dalam kotak penalti kembali mengancam gawang Persipura Jayapura. Beruntung, antisipasi dengan satu tangan dari Fitrul Dwi masih bisa menghalau tendangan Torres.

Memasuki menit ke-27, kerja sama apik ditampilkan pemain Persipura Jayapura. Kemudian, diakhiri dengan umpan yang dikirimkan ke David Rumakiek.

Namun, eksekusi tendangan David Rumakiek masih bisa ditepis penjaga gawang Borneo FC, Gianluca P. Hingga berakhirnya babak pertama, tidak ada gol yang tercipta, skor masih 0-0.

 


Babak Kedua

Memasuki babak kedua, tepatnya pada menit ke-69, Boaz Solossa dimasukkan menggantikan Wawan Febrianto. Kecepatan eks Persipura ini diharapkan mampu memecah kebuntuan lini depan Pesut Etam

Baru satu menit dimainkan, Boaz Solossa langsung memberikan angin segar untuk Borneo FC. Umpan Boaz Solossa yang menyisir di sisi kanan lapangan berhasil disambut Torres yang telah siaga di mulut gawang Persipura.

Dengan aksi sambil menjatuhkan badan, tendangan dari Torres berhasil menggetarkan jala gawang Persipura Jayapura.

Pada menit ke-74, umpan dari Boaz Solossa  mampu diterima Jonathan Bustos. Beruntung, masih ada pemain Persipura Jayapura yang menutup kegagalan Fitrul Dwi dalam mengantisipasi tendangan Jonathan Bustos.

Serangan demi serangan terus dilancarkan kedua tim secara bergantian. Namun  hingga peluit panjang berbunyi, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Alhasil, Borneo FC berhasil menutup laga dengan kemenangan 1-0 atas Persipura Jayapura.

Tambahan tiga poin membuat Borneo FC menduduki posisi kedelapan klasemen sementara BRI Liga 1 dengan koleksi 16 poin. Tim Pesut Etam memaksa PSM Makassar dan Persija Jakarta turun satu peringkat.

Sedangkan, Mutiara Hitam semakin terbenam di zona degradasi. Anak asuh Jacksen F Tiago tersebut hanya membukukan lima poin dan berada di urutan ke-17 klasemen sementara.

Penulis: Rafi Abdul Rochim

 


Klasemen Sementara BRI Liga 1 2021/2022

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya