Manajer Tim Suzuki Puji Penampilan Fabio Quartararo di Latihan Bebas MotoGP Mandalika 2022

Manajer Tim Suzuki Livio Suppo memuji mentalitas Fabio Quartararo setelah sempat terpuruk di MotoGP Qatar dan sesi latihan bebas pertama MotoGP Mandalika

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 19 Mar 2022, 18:59 WIB
Diterbitkan 19 Mar 2022, 12:30 WIB
Pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo
Pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo keluar sebagai yang tercepat pada FP 2 MotoGP Mandalika 2022, Jumat (18/3/2022). (AFP/Bay Ismoyo).

Liputan6.com, Jakarta Manajer Tim Suzuki Ecstar Livio Suppo memuji penampilan Fabio Quartararo dalam sesi latihan bebas dua MotoGP Mandalika 2022. Rider Yamaha itu finis sebagai yang tercepat di free practice kedua (FP1) pada Jumat (18/3/2022).

Catatan positif ini bukan diraih Quartararo tanpa perjuangan. Ia diketahui sempat terpuruk usai finis di posisi sembilan dalam MotoGP Qatar awal bulan ini. Sesi latihan bebas perdana di Sirkuit Mandalika pun tak membuahkan hasi apik.

Quartararo harus puas bertengger di posisi 16. Asanya untuk memperbaiki rekor lewat FP2 nyaris sirna ketika motornya mogok di tengah sesi. Pembalap asal Prancis itu bahkan mendapat bantuan marshal untuk mendorong kuda besinya keluar lintasan.

Meski demikian, keterpurukan Quartararo berakhir ketika FP2 di Sirkuit Mandalika nyaris memasuki fase ujung. Ia sukses memimpin latihan dan finis sebagai yang tercepat, mengalahkan Franco Morbidelli serta Johann Zarco.

Performa Quartararo kala itu rupanya menarik perhatian Suppo. Eks bos Ducati dan Honda Repsol menilai Quartararo punya mental ciamik sebagai pembalap MotoGP. Ia mampu bangkit dari keterpurukannya dan menjadi yang terdepan di sesi latihan bebas kedua.

“MotoGP sebenarnya sangat susah karena (dalam kompetisi ini), terdapat banyak mesin (kendaraan) dan rider apik, sehingga jarak antara satu pembalap dan pembalap lain sangat kecil. Jadi, memiliki mental (yang kuat) sangat susah,” ujar Suppo kepada awak media yang juga dihadiri wartawan Liputan6.com, Helmi Fithriansyah.

“Lihat Quartararo. Setelah terpuruk di MotoGP Qatar dan (FP1), ia berhasil menjadi yang terdepan di FP2. Inilah perbedaan antara seorang pemenang dan pembalap yang bagus,” sambung manajer tim asal Italia tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hasil FP3

FOTO: Pembalap MotoGP Jalani Sesi Latihan Bebas Pertama di Sirkuit Mandalika
Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP asal Prancis Fabio Quartararo mengendarai motornya dari garasi saat sesi latihan bebas pertama di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (18/3/2022). (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Sayangnya, Quartararo gagal mempertahankan catatan apik di free practice 3 yang berlangsung pagi ini, Sabtu (19/3/2022). Sang pembalap Yamaha kembali melorot ke posisi tiga terakhir, hanya unggul dari Aleix Espargaro dan Enea Bastianini yang menempati urutan 23 dan 24.

Adapun Marc Marquez berhasil membuktikan dirinya dengan finis di posisi terdepan, meninggalkan Francesco Bagnaia dan Marco Bezzecchi di urutan kedua dan ketiga. Sesi free practice terakhir masih akan berlangsung siang ini, pukul 13.25–13.55 WIB.

Tak lama berselang, para pembalap bakal melakoni babak kualifikasi pertama dan kedua taksebelum bertanding dalam balapan utama MotoGP Mandalika yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (20/3/2022) siang WIB.


Mencontoh Quartararo

Fabio Quartararo
Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo, bingung dengan pencapaiannya pada dua sesi latihan bebas yang digelar di MotoGP Qatar 2022. (AFP/Karim Jaafar)

Terlepas dari hasil FP3, Suppo nampaknya masih berharap para pembalap Suzuki mampu mencontoh mentalitas Quartararo. Ia menyebut pihaknya bakal berupaya untuk mengasilkan rider yang pantang menyerah dan mampu menghadapi tekanan dalam kompetisi.

“Tentu saja Joan (Mir) masih harus ditingkatkan untuk bisa memenangkan kejuaraan, sementara Alex (Rins) juga harus berkembang agar mampu memenangkan balapan. Kiami semua tahu para pembalap kami memiliki potensi untuk menjadi juara.”

“(Namun) saya berharap, tim kami akan mampu menghadapi tekanan. Saya pikir para pembalap kami tidak boleh mudah menyerah. Kami akan berusaha agar mereka (para rider) mampu mencapai level ini,” pungkas Suppo.


Infografis

MotoGP
Infografis Jadwal MotoGP 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya