Esports: Selamat Tinggal Game Sepak Bola FIFA, EA Sports Siapkan Nama Baru

FIFA dan EA gagal mencapai kesepakatan perpanjangan kerjasama. Video ame sepak bola FIFA akan berganti nama tahun depan.

oleh Thomas diperbarui 11 Mei 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2022, 10:00 WIB
FOTO: Cover Game FIFA Dalam 1 Dekade Terakhir, Dominasi Lionel Messi
Cover Game FIFA Dalam 1 Dekade Terakhir, Dominasi Lionel Messi

Liputan6.com, Jakarta- Pecinta esports dikejutkan dengan kabar menghebohkan pada pertengahan Mei 2022 ini. Salah satu game sepak bola terpopuler di dunia FIFA resmi akan berganti nama. EA Sports selaku publiser mengakhiri kerjasama dengan FIFA dan bakal meluncurkan nama baru.

Kesepakatan yang terjalin antara EA Sports dengan FIFA akan berakhir setelah Piala Dunia 2022 di Qatar. Namun dapat terus berjalan sampai Piala Dunia Wanita musim panas 2023.

Setelah Piala Dunia Wanita 2023 berakhir, para pemain video game FIFA harus membiasakan diri dengan nama baru yakni EA Sports FC.

Kolaborasi EA Sports dengan FIFA sudah berlangsung hampir tiga dekade. Edisi pertama game sepak bola FIFA rilis tahun 1993. Kerjasama FIFA dan EA Sports awalnya menjadi salah satu kerjasama tersukses dalam sejarah olahraga.

Namun setelah negosiasi selama berbulan-bulan, EA dan FIFA tak mencapai kesepakatan untuk perpanjangan kerjasama. EA pun terpaksa melepas nama FIFA pada video game sepak bola miliknya. FIFA 23 yang akan diluncurkan akhir tahun ini bakal menjadi edisi terakhir sebelum ganti nama.

“Pengenalan EA SPORTS FC tidak akan berdampak pada pertandingan sepak bola global EA Sports saat ini, dan EA dan FIFA sangat antusias untuk menghadirkan EA SPORTS FIFA terbesar dan terluas yang pernah ada di musim gugur ini,” demikian pernyataan resmi EA pada Rabu (11/5/2022) dini hari WIB.

 


Mahal

FIFA Video Game Ilustrasi
FIFA Video Game Ilustrasi

Pergantian nama video game dari FIFA ke EA Sports FC sudah terendus dalam beberapa bulan lalu. Pasalnya nilai kontrak kerjasama sangat mahal sehingga cukup memberatkan EA Sports. Kabarnya FIFA meminta kenaikkan dua kali lipat.

Meski akan berubah nama menjadi EA Sports FC, game sepak bola besutan EA ini tidak akan mengalami perubahan besar. EA Sports masih memiliki lisensi terpisah dengan beberapa tim dan liga sepak bola ternama di dunia.

Selain nama, EA Sports juga tidak lagi bisa membuat event terkait dengan turnamen yang diselenggarakan FIFA.


FIFA Gandeng Perusahaan Lain

Dengan perubahan nama FIFA menjadi EA Sports FC maka dua game sepak bola terbesar di dunia sama-sama rebranding. Sebelumnya Pro Evolution Soccer garapan Konami sudah lebih dulu ganti nama menjadi eFootball.

FIFA sendiri kabarnya akan mengalihkan kerjasama game sepak bola ke publiser game lain. Game FIFA diperkirakan akan muncul lagi pada 2024 dengan menggandeng perusahaan baru. Kandidat terkuatnya adalah 2K.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya