Arsenal Kalahkan Liverpool, Kinerja Takehiro Tomiyasu Dipuji

Manajer Arsenal Mikel Arteta memuji kinerja Takehiro Tomiyasu saat The Gunners mengalahkan Liverpool 3-2 pada matchday ke-10 Liga Inggris.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 10 Okt 2022, 15:20 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2022, 15:20 WIB
Takehiro Tomiyasu - Arsenal - Liga Inggris - 9 Oktober 2022
Striker Liverpool Mohamed Salah berebut bola dengan bek kiri Arsenal Takehiro Tomiyasu dalam pertandingan Liga Inggris di Emirates Stadium, Minggu, 9 Oktober 2022. Arsenal menang 3-2 atas Liverpool. (AP Photo/Rui Vieira)

Liputan6.com, London - Arsenal menumbangkan Liverpool dalam laga big match Liga Inggris 2022/2023. The Gunners menang 3-2 atas The Reds di Emirates Stadium, London, Minggu (9/10/2022) malam WIB.

Ketiga gol Arsenal masing-masing dicetak Gabriel Martinelli dai Bakayo Sako (2 gol). Sementara Liverpool hanya bisa membalas dengan gol Darwin Nunez dan Roberto Firmino.

Dalam laga itu Takehiro Tomiyasu menjalani debutnya bersama Arsenal di Liga Inggris musim ini dengan peran yang tidak biasa. Pemain asal Jepang dimainkan sebagai bek kiri karena absennya Oleksandr Zinchenko.

Posisi asli Tomiyasu adalah bek kanan. Tetapi, pemain berusia 23 tahun itu punya prospek menjanjikan untuk menjadi bek kiri menghadapi dua bintang Liverpool Mohamed Salah dan Trent-Alexander-Arnold.

Dia mampu membendung gempuran dari Salah dan Arnold, yang keduanya diganti sebelum pertandingan usai. Kemenangan atas Liverpool membawa Arsenal kembali ke puncak klasemen Liga Inggris.

Selesai pertandingan, Manajer Arsenal Mikel Arteta ditanya Footbal London tentang kinerja Tomiyasu di sisi kiri pertahanan. "Sangat bagus. Itulah yang kami harapkan dia lakukan dan dia melakukan itu," katanya.

"Memikirkan tentang melakukan itu melawan Salah dan benar-benar melakukannya ialah cerita yang berbeda. Terutama setelah bermain pada hari Kamis dan apa yang dia alami dalam beberapa minggu terakhir," tambah juru taktik asal Spanyol itu.

Miker Arteta tidak hanya memuji Takehiro Tomiyasu, tapi seluruh pemain Arsenal. Ahli taktik berusia 40 tahun itu mengaku terkesan dengan ketenangan yang ditunjukkan anak asuhnya saat mengalahkan Liverpool.

Itu merupakan kemenangan kedelapan Arsenal dari sembilan pertandingan Liga Inggris. Klub London itu sudah menghadapi banyak jenis tantangan yang berbeda musim ini, tapi memimpin tiga kali melawan Liverpool untuk memastikan kemenangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ketenangan dan karater

Bakayo Saka - Arsenal - Liga Inggris - 9 Oktober 2022
Pemain Arsenal Bukayo Saka (kiri) merayakan dengan rekan setimnya setelah mencetak gol kedua timnya dalam pertandingan Liga Inggris melawan Liverpool di Emirates Stadium, Minggu, 9 Oktober 2022. Arsenal menang 3-2. (AP Photo/Rui Vieira)

Manajer Arsenal Mikel Arteta bicara soal jalannya pertandingan di babak pertama. Gol Bukayo Saka pada menit ke-45+5 dinilai sangat membantu The Gunners.

"Itu hidup, tapi kami ingin memberi kepercayaan diri dan memberi tahu mereka bahwa permainan ada di sana untuk diambil. (Di babak kedua) organisasinya lebih baik, waktu ditekan, kami memenangkan setiap bola," ujar Arteta seperti dikutip BBC Sport.

"Saya sangat senang. Anda selalu ragu dengan perubahan dan berapa banyak pemain yang mereka pasang atau kebohongan terakhir, tetapi para pemain menghadapinya dengan banyak kedewasaan dan ketenangan."

Pertandingan berlangsung sengit karena Arsenal mendapat hadiah penalti kontroversial pada penghujung laga. Tentang ketenangan yang ditunjukkan timnya, Arteta mengatakan:

"Ada banyak momen dan ancaman yang mereka miliki dapat membuka Anda, tetapi kami menunjukkan banyak ketenangan dan karakter." 


Puncak klasemen

Gabriel Martinelli - Arsenal - Liga Inggris - 9 Oktober 2022
Pemain Arsenal Gabriel Martinelli merayakan dengan rekan setimnya Bukayo Saka setelah mencetak gol pembuka timnya dalam pertandingan Liga Inggris melawan Liverpool di Emirates Stadium, Minggu, 9 Oktober 2022. Arsenal menang 3-2 atas Liverpool. (AP Photo/Rui Vieira)

Kemenangan atas Liverpool membuat Arsenal merebut kembali puncak klasemen sementara Liga Inggris. Skuad racikan Mikel Arteta menggusur Manchester City yang kembali ke posisi kedua.

The Gunners mengoleksi 24 poin hasil dari sembilan pertandingan. Klub London itu hanya memimpin satu poin atas Manchester City.

Sedangkan Liverpool masih tercecer di papan tengah. Dengan 10 poin, pasukan Jurgen Klopp menduduki posisi ke-10 klasemen.


Peringkat

ilustrasi liga inggris
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis transfer Liverpool - November 2021
Infografis transfer Liverpool. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya