Timnas Indonesia Tak Diizinkan Pakai GBK di Piala AFF 2022, PSSI Belum Punya Opsi Pengganti

Timnas Indonesia tak diizinkan berkandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Piala AFF 2022, menyusul terpilihnya lokasi tersebut sebagai venue perhelatan Piala Dunia U-20 2023. PSSI mengungkap pihaknya belum bisa memberi kepastian soal opsi stadion pengganti.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 04 Nov 2022, 20:30 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2022, 20:30 WIB
Foto: Melihat Aksi Kapten Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia Indonesia Singkirkan Singapura di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2020
Timnas Indonesia Indonesia menyingkirkan Singapura di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2020. Usai memastikan kemenangan 4-2 lewat perpanjangan waktu, Asnawi Mangkualam menghampiri Evan Dimas, sang senior yang jabatan kaptennya diambil alih. (AP/Suhaimi Abdullah)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia dipastikan tak bisa menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai kandang dalam gelaran Piala AFF 2022. Hal itu menyusul terpilihnya SUGBK sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

Seperti diketahui, terdapat enam stadion yang akan digunakan untuk menghelat Piala Dunia U-20 tahun depan. Selain GBK, Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali) juga bakal menjadi tempat penyelenggaraan ajang.

Keenam venue yang dimaksud saat ini tengah menjalani tahap renovasi dan penyempurnaan. Oleh karena itu, baik timnas maupun pihak-pihak lainnya, tidak diperbolehkan berkegiatan di stadion-stadion tersebut.

Sekjen PSSI Yunus Nusi membenarkan bahwa SUGBK resmi dicoret dari daftar pilihan kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Hingga kini pihaknya belum bisa memastikan stadion yang akan digunakan sebagai pengganti.

“Aturannya demikian (SUGBK tidak bisa dipakai timnas) karena mau disiapkan untuk gelaran Piala Dunia (U-20). Jadi, enam stadion yang diperuntukkan bagi Piala Dunia, jelas tidak diperbolehkan untuk kegiatan lainnya, termasuk timnas,” ujar Yunus Nusi saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (4/11/2022).

“Sejak November ini kan (keenam stadion, termasuk SUGBK) dalam proses perbaikan dan penyempurnaan oleh PUPR dan provinsi, kabupaten/kota. Sementara di proses oleh kawan-kawan di timnas (terkait) stadion mana (yang jadi) penggantinya,” sambung dia.

Sekjen PSSI juga mengungkapkan bahwa terdapat beberapa opsi yang masih dipertimbangkan. Pihaknya berjanji bakal segera mengumumkan nama stadion pengganti jika sudah diputuskan.

“Banyak opsi. Kita lihat saja nanti. Akan tetapi yang jelas, kami akan menyampaikan bila sudah pasti stadion mana yang akan dipakai,” tuturnya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jadwal Piala AFF

Foto: Melihat Aksi Kapten Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia Indonesia Singkirkan Singapura di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2020
Keceriaan Asnawi Mangkualam bersama Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman usai memastikan lolos ke final. Ya, final keenam di Piala AFF seperti yang diisyaratkan lewat jari-jarinya. (AP/Suhaimi Abdullah)

Sekadar informasi, Piala AFF 2022 dijadwalkan berlangsung pada akhir Desember 2022 hingga awal Januari 2023. Sebanyak 10 tim–yang terbagi ke dalam dua grup–akan bertarung memperebutkan trofi di ajang tersebut.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dibebani tugas berat dalam Piala AFF 2022. Juru taktik asal Korea Selatan diharapkan mampu membawa skuad Garuda berjaya di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Pasalnya, Timnas Indonesia remaja belum lama ini menjadi kampiun di Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia berhak atas predikat juara usai mereka menumbangkan Vietnam U-16 dengan skor tipis 1–0 dalam laga final di Stadion Maguwoahrjo, Jumat (12/8/2022).

Adapun capaian terbaik Timnas Indonesia senior di Piala AFF adalah menjadi runner up. Predikat tersebut diraih dalam edisi 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan yang teranyar 2020.


Lawan Terberat

Timnas Indonesia Vs Thailand
Pemain Thailand, Bordin Phala (tengah), diapit dua penggawa Timnas Indonesia saat bertanding pada leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)

Shin Tae-yong sempat mengungkap Thailand bakal menjadi lawan terberat Timnas Indonesia di grup A Piala AFF 2022. Sang juara bertahan memang diketahui berada di grup yang sama dengan Garuda Asia.

"Thailand tentu menjadi lawan paling kuat di grup. Meski begitu kami juga tetap mewaspadai semua lawan kita,” beber juru taktik asal Negeri Ginseng.

“Untuk pemilihan pemain, saya akan memilih pemain (yang) terbaik kondisinya dan tentu ada pemain naturalisasi," sambung Shin Tae-yon, seperti dilansir dari Liputan6.com pada Agustus lalu.

Infografis Sang Juara dan Runner-Up Piala AFF
Infografis Sang Juara dan Runner-Up Piala AFF (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya