Belgia Dilarang Kenakan Jersey Pemanasan Warna-Warni di Piala Dunia 2022

FIFA melarang penggunaan jersey pemanasan Belgia yang penuh dengan warna-warni selama Piala Dunia 2022 Qatar.

oleh Budiman diperbarui 22 Nov 2022, 12:30 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2022, 12:30 WIB
Foto: Daftar 6 Pemain yang Masuk Skuad Belgia di Piala Dunia 2022 Meski Hanya Tampil Bersama Klub Semenjana di Liga Inggris
Liga Inggris sebagai liga terbaik di dunia menjadi salah satu liga yang banyak memasok para pemain yang menghuni skuad timnas masing-masing negara untuk berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar. Seperti Timnas Belgia, dari 26 pemain dalam skuad pilihan pelatih Roberto Martinez, 7 di antaranya berasal dari Liga Inggris. Kecuali Kevin De Bruyne yang membela Manchester City sebagai klub Big Six, enam pemain lainnya justru berasal dari 4 klub semenjana di Liga Inggris. Siapa saja? Simak uraiannya berikut ini. (AFP/Geoff Caddick)

Liputan6.com, Jakarta FIFA melarang penggunaan jersey pemanasan Belgia yang biasa dipakai para pemain di lapangan selama sesi waming-up sebelum pertandingan di Piala Dunia 2022. Belgia belum menerima alasan dari FIFA atas larangan jersey pemanasan mereka, karena tidak ada pesan atau simbol apa pun di atasnya.

Hanya saja keterangan sementara yang diberikan bahwa jersey pemanasan Belgia dapat diasumsikan dapat menyebabkan masalah. Tampilan jersey pemanasan Belgia penuh dengan potongan warna warni, seperti merah, pink, kuning, dan hitam.

"Semua negara bingung. FIFA sangat mengejutkan. Kita perlu menganalisis hubungan kita secara kritis,” kata Peter Bossaert, Kepala Asosiasi Sepak Bola Belgia dilansir dari metro.co.uk, Selasa (22/11/2022).

Belgia baru memulai laga perdana di Piala Dunia pada Kamis 24 November 2022 dini hari WIB melawan Kanada. Kemudian tim asuhan Roberto Martinez juga berhadapan dengan Maroko dan Kroasia pada laga berikutnya di Grup F.

Beberapa hari sebelum turnamen dimulai, Belgia diminta melakukan beberapa perubahan kit di menit-menit terakhir atas perintah FIFA. Belgia terpaksa mengganti seragam tandang berwarna putih karena ada kata 'love' di bagian dalam kerah jersey dan tidak terlihat dari luar.

Kapten Belgia Eden Hazard direncanakan mengenakan ban kapten OneLove sampai FIFA turun tangan agar mengurungkannya karena bisa mendapat ancaman kartu kuning. Sebelumnya Harry Kane, Gareth Bale, dan Virgil van Dijk juga telah membatalkan mengenakan ban kapten OneLove.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ban Kapten

Ilustrasi Ban Kapten
Ilustrasi tanda kapten. (AP Photo/Moises Castillo)

Sebelumnya, FIFA dilaporkan dengan tegas sudah melarang kapten menggunakan ban pelangi (rainbow armband) di Piala Dunia 2022.

Armband tersebut digunakan sebagai bentuk solidaritas kepada komunitas LGBT yang didiskriminasi. Qatar termasuk negara yang masih melarang homoseksualitas.

FIFA melarang adanya aksesoris tambahan, kecuali telah disetujui oleh mereka. FIFA disebut telah memberikan armband alternatif untuk digunakan sebagai solidaritas.


Setelah Era Generasi Emas

Foto: 8 Pemain dengan Nilai Pasar Tertinggi di Tiap Grup Putaran Final Piala Dunia 2022 Qatar, Ronaldo dan Messi Tak Termasuk
Kevin De Bruyne. Pada putaran final Piala Dunia 2022, Grup F dihuni oleh Belgia, Kanada, Maroko dan Kroasia. Gelandang serang Belgia berusia 31 tahun, Kevin De Bruyne menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi dari seluruh pemain di Grup F dengan nilai 85 juta Euro atau hampir setara Rp1,3 triliun. Bersama Timnas Belgia ia telah mengoleksi 91 caps dengan torehan 24 gol dan 45 assist sejak melakukan debut pada 11 Agustus 2010. (AFP/Pool/Andreas Gebert)

Belgia yang sekarang bukanlah Belgia yang beberapa tahun lalu. Bahkan, era generasi emas Belgia dianggap sudah lewat dengan kehadiran beberapa pemain baru.

Di antaranya adalah Charles De Ketelaere (Club Brugge), Hans Vanaken (Club Brugge), Leander Dendoncker (Wolverhampton Wanderers) dan Arthur Theate (Bologna).

Meski demikian, nama-nama beken akan tetap berada di skuad, contohnya semisal: Eden Hazard, Thibaut Courtois, Romelu Lukaku, dan Kevin de Bruyne.

Dari keempat nama tersebut, mungkin hanya De Bryune dan Courtois yang bisa dikatakan berbahaya. Karena pemain seperti diketahui, Hazard, Lukaku, bukan lagi pilihan utama di timnya masing-masing.


14 Kali

Foto: Deretan Pemain dengan Caps Terbanyak dari Masing-masing Tim di Grup F Piala Dunia 2022
Jan Vertonghen pernah mengantarkan Belgia finis di posisi ketiga pada Piala Dunia 2018. Saat ini, ia merupakan pemain dengan caps terbanyak di Suad De Rode, yaitu 141 caps. Jebolan akademi Ajax Amsterdam itu pernah merasakan Liga Inggris bersama Tottenham Hotspur dan kini ia berseragam RSC Anderlecht. (AFP/Dmitry Lovetsky)

Piala Dunia 2022 adalah partisipasi Belgia yang ke-14 sejak menjalani debut di ajang terbesar ini pada 1930.

Sejak keikutsertaanya, Belgia sejatinya bukan tim yang mengerikan. Dalam enam edisi pertama, capaian terbaik Belgia cuma sampai babak 16 besar.

Baru pada Piala Dunia 1986, Belgia berhasil mencapai tempat keempat, usai dikalahkan Prancis 4-2.

Setelah itu, prestasi Belgia mengalami pasang surut. Pada Piala Dunia 2018, Belgia tampil dengan skuad mewah.

Nama-nama terkenal di liga top Eropa mengisi setiap lini. Namun, Belgia gagal menjadi juara. Mereka hanya mampu meraih posisi ketiga.


Jadwal Pertandingan

Kamis, 24 November 2022

02:00 WIB: Belgia vs Kanada

Minggu, 27 November 2022

20.00 WIB: Belgia vs Maroko

Kamis, 1 Desember 2022

22.00 WIB: Kroasia vs Belgia

 

Dapatkan juga jadwal lengkap Piala Dunia 2022 pada tautan ini.

Infografis Grup F Piala Dunia 2022
Infografis Grup F Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya