Jadwal Pertandingan Piala AFF 2022 Indonesia vs Kamboja: Waspada Kejutan Angkor Warriors

Indonesia akan memulai kampanye di Piala AFF 2022 dengan menghadapi Kamboja di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/2022).

oleh Mohamad Taufik diperbarui 23 Des 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 23 Des 2022, 13:00 WIB
Timnas Indonesia Jalani Latihan Resmi Jelang Melawan Kamboja di Fase Grup A AFF 2022
Tiga pemain naturalisasi Timnas Indonesia, salah satunya Jordi Amat (tengah) saat latihan resmi turnamen Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Timnas Indonesia akan berjuang pada turnamen Piala AFF 2022. Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina, dan Thailand. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 dimulai hari ini, Jumat (23/12/2022). Kamboja jadi rintangan pertama yang harus dilewati Witan Sulaeman Cs pada laga penyisihan Grup A.

Pertandingan Grup A Piala AFF 2022 Indonesia vs Kamboja digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, mulai pukul 16.30 WIB. Di laga ini, Indonesia dipastikan akan mendapat dukungan langsung suporter.

Indonesia lebih diunggulkan dari Kamboja, tetapi menganggap remeh skuad besutan pelatih Ryu Hirose adalah kesalahan besar. Filipina merasakan betul kualitas permainan Kamboja sekarang cukup menjanjikan.

Kamboja secara mengejutkan menumbangkan Filipina dengan skor 3-2 pada laga pertama Grup A sekaligus pembuka Piala AFF 2022 di Stadion Morodok Techo National, kota Phnom Penh, Selasa (20/12/2022).

Kemenangan Kamboja tersebut, jadi sinyal peringatan untuk pasukan Shin Tae-yong agar tak menganggap enteng kekuatan Kamboja yang sepak bolanya menunjukkan perkembangan positif sejak menjalin kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang.

Shin Tae-yong pun menyadari Kamboja datang ke Jakarta dengan kepercayaan diri tinggi setelah menumbangkan Filipina, salah satu tim favorit di Grup A Piala AFF 2022.

Faktor lain yang harus diperhitungkan Indonesia, adalah fakta Kamboja sudah memanaskan mesinnya karena mendapatkan kesempatan bertanding lebih dulu dibandingkan Indonesia. Setidaknya Angkor Warriors, julukan Timnas Kamboja, sudah memiliki feel dengan atmosfer pertandingan.

"Kamboja berada dalam kondisi yang baik dan kami tahu bahwa mereka akan mempersulit kami, tetapi kami juga telah mempersiapkan diri dengan baik dan akan melakukan semua yang kami bisa untuk memenangkan pertandingan," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang pertandingan dikutip dari laman resmi Piala AFF, Kamis (22/12/2022).

Di Piala AFF 2022, Shin Tae-yong sendiri harus menerima kenyataan komposisi skuad final Timnas Indonesia tak sesuai dengan yang diharapkan eks pelatih Timnas Korea Selatan itu, karena Elkan Baggott dan Sandy Walsh tak dilepas oleh klubnya masing-masing.

Tetapi kehadiran Jordi Amat, bek naturalisasi yang bermain untuk penguasa sepak bola Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) FC, memberikan harapan lini belakang Indonesia bakal lebih solid.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar 23 Pemain Indonesia

Latihan Timnas Indonesia Jelang Laga Perdana Melawan Kamboja di Piala AFF 2022
Pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat (kiri) dan Ilija Spasojevic ketika berlatih jelang laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12/2022). (Bola.com/Abdul Aziz)

Jordi Amat masuk daftar 23 pemain pilihan Shin Tae-yong yang akan bertarung untuk Indonesia selama berkiprah di Piala AFF 2022.

Piala AFF 2022 akan menjadi turnamen pertama sekaligus debut pemain kelahiran Canet de Mar, Spanyol, pada 21 Maret 1992, untuk Indonesia.

Berikut daftar 23 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022:

Nadeo Argawinata - Bali United

Muhammad Riyandi - Persis Solo

Syahrul Fadillah - Persikabo 1973

Rizky Ridho - Persebaya Surabaya

Pratama Arhan - Tokyo Verdy

Jordi Amat - Johor Darul Takzim

Asnawi Mangkualam - Ansan Greeners

Fachruddin Aryanto - Madura United

Edo Febriansyah - Rans Nusantara FC

Hansamu Yama - Persija

Rachmat Irianto - Persib Bandung

Marselino Ferdinan - Persebaya Surabaya

Ricky Kambuaya - Persib Bandung

Syahrian Abimanyu - Persija Jakarta

Yakob Sayuri - PSM Makassar

Marc Klok - Persib Bandung

Witan Sulaeman - AS Trencin

Saddil Ramdani (tanpa klub)

Egy Maulana Vikri (tanpa klub)

Muhammad Rafli - Arema FC

Ilija Spasojevic - Bali United

Ramadhan Sananta - PSM Makassar

Dendy Sulistyawan - Bhayangkara FC

 


Optimistis Juara

Ketua Umum PSSI Iwan Bule Meninjau Kesiapan GBK Menjelang Piala AFF 2022
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan meninjau kesiapan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjelang laga perdana Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja pada perhelatan Piala AFF 2022, Kamis (22/12/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Jelang laga pertama di Piala AFF 2022, melawan Kamboja, skuad Garuda mendapat wejangan dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang hadir langsung dalam latihan tim di SUGBK pada Selasa (20/12).

Iwan Bule, sapaan Iriawan, optimistis nasib Indonesia di Piala AFF 2022 lebih beruntung dan bisa memenangkan trofi pertama turnamen sepak bola paling bergengsi di kawasan ASEAN itu.

Dari semua negara yang pernah menembus laga final, Indonesia paling apes. Sebab dari enam kali kesempatan tampil di final, Indonesia selalu gagal jadi juara. Terakhir di Piala AFF 2020 yang digelar di Singapura tahun 2021 lalu, Indonesia takluk dari Thailand dengan agregat 2-6.

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan datang dan memberikan semangat langsung kepada Timnas Indonesia saat latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12). Momen ini merupakan latihan perdana skuad Garuda di Jakarta jelang mengikuti Piala AFF 2022.

"Seluruh pemain Timnas Indonesia sudah siap mengikuti Piala AFF 2022. Kami optimistis dengan skuad pilihan dari coach Shin Tae-yong. Insyaallah pada tahun ini Indonesia menjadi juara," kata Iriawan dinukil dari laman resmi PSSI, Kamis (22/12).

 


Berharap Dukungan Suporter

Aksi Suporter Garuda Saat Dukung Timnas Indonesia Melawan Timor Leste
Suporter tim Garuda bersorak merayakan kemenangan Timnas Indonesia atas Timor Leste pada penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia unggul 3-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kehadiran suporter di laga kandang Indonesia selama Piala AFF 2022, diharapkan Iriawan mendongkrak semangat bertanding Marc Klok dan kawan-kawan. Itu juga yang diharapkan Iriawan saat Indonesia meladeni Kamboja.

"Dengan adanya izin penonton yang hadir di stadion dari Polri tentu menambah semangat dan motivasi pemain. Kami berharap pemain selalu fokus, kerja keras dan jangan pernah anggap enteng lawan," ungkapnya.

Selain menghadapi Kamboja, skuad Garuda akan memainkan laga kandang di babak grup saat meladeni Thailand pada Kamis (29/12). Sedangkan laga kontra Brunei Darussalam, dan Filipina dilakoni di kandang lawan.

 


Kamboja Jet Lag

Selain kekuatan Indonesia secara tim dan individual, tantangan yang harus dihadapi Kamboja adalah kebugaran para pemain karena hanya memiliki waktu bersih selama satu hari untuk mempersiapkan diri di Indonesia.

Setelah melakoni pertandingan melawan Filipina, skuad Kamboja kemudian terbang ke Indonesia keesokan harinya dan tiba di Jakarta pada Rabu (21/12/2022) malam. Reung Bunheing Cs kemudian menjalani latihan pada Kamis (22/12) untuk persiapan melawan Indonesia.

Situasi yang dihadapi Kamboja, menurut pelatih mereka Ryu Hirose, membuat Angkor Warriors harus bisa berpikir dan bergerak cepat untuk mempersiapkan rencana mereka menghadapi Indonesia.

"Kami telah mempersiapkan diri dengan baik, tetapi kami memiliki jadwal yang sulit karena harus bermain hanya satu hari setelah perjalanan ke Indonesia. Tetapi yang bisa kami lakukan adalah melakukan yang terbaik dan saya berharap hasil yang baik besok (Jumat)," ujarnya.

Infografis Sang Juara dan Runner-Up Piala AFF
Infografis Sang Juara dan Runner-Up Piala AFF (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya