Barcelona Tak Akan Tambah Pemain di Januari, Apa Kata Xavi?

Barcelona memutuskan tidak tambah pemain di Januari, Xavi pun memberi reaksi yang datar saja.

oleh Defri Saefullah diperbarui 08 Jan 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 08 Jan 2023, 13:00 WIB
Tekuk Sevilla, Barcelona Naik ke Peringkat Kedua Klasemen
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez (AP Photo/Joan Monfort)

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona dipastikan tak akan menambah pemain di bursa transfer Januari. Ini disebabkan kesulitan Barca untuk mendaftarkan pemain baru karena terkait kondisi finansial mereka.

Meski begitu, pelatih Barcelona, Xavi Hernandez ternyata tak masalah dengan keputusan klub tak tambah pemain. Dia mengaku sudah cukup puas dengan skuad yang ada sekarang.

"Saya sudah bicara dengan Jordi Cruyff, Mateu Alemany dan klub. Saya jelaskan kepada mereka kalau saya bahagia dengan pemain yang ada sekarang," kata Xavi seperti dikutip sport.

"Kalau tak ada yang berubah di Januari, saya akan senang karena semuanya berjalan sangat baik."

Xavi mengatakan skuad Barca yang ada sekarang mampu untuk memenangkan trofi. Inilah mengapa Xavi mengaku tak butuh pemain tambahan.

"Sejujurnya saya senang dengan skuad yang ada. Di musim panas lalu, kami sudah banyak rekrut pemain dan kami punya tim yang kompetitif di semua kompetisi," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Minta

Hasil Real Sociedad vs Barcelona di Liga Spanyol
Penyerang Barcelona Ousmane Dembele melakukan tembakan ke gawang Real Sociedad dalam lanjutan LaLiga 2022/2023 di Reale Seguros Stadium, San Sebastian, Sein (22/8/2022) dini hari WIB. Barcelona mempermalukan tuan rumah Real Sociedad 4-1 berkat dua gol penyerang anyar Robert Lewandowski. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

 

Awalnya, Xavi memang sempat meminta bek kanan kalau ada peluang untuk merekrutnya. Namun Barca kesulitan ekonomi karena harus jual pemain sebelum membeli yang baru.

Xavi juga bahkan bakal mengandalkan Memphis Depay, pemain yang sempat tak diandalkannya musim ini. Soalnya, dia khawatir ada pemain cedera atau sanksi seperti yang terjadi dengan Robert Lewandowski sekarang.

Barcelona akan menghadapi Atletico Madrid pada Senin (9/1/2023) dini hari WIB. Barca berpeluang jauhi jarak dengan Madrid kalau mampu menang di laga nanti.

Ini setelah Madrid terjungkal di kandang Villarreal, stadion La Ceramica. Madrid tak disangka kalah 1-2 dari Villarreal.

 


Masa Depan Busquets

Foto: Lewandowski Masuk Daftar 5 Pemain Aktif Barcelona dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Liga Champions, Ini Daftar Lengkapnya
Sergio Busquets. Gelandang Spanyol berusia 34 tahun yang kini memasuki musim ke-15 bersama Barcelona, satu-satunya klub yang dibelanya sepanjang karier hingga kini, menjadi pemain Barcelona aktif dengan jumlah penampilan terbanyak di Liga Champions. Hingga kini ia telah tampil dalam 126 laga di kompetisi kasta tertinggi antar-klub Eropa tersebut dengan torehan 4 gol dan 7 assist. Total 3 trofi Liga Champions telah dikoleksinya, yaitu pada musim 2008/2009, 2010/2011 dan 2014/2015. (AFP/Christof Stache)

 

Xavi juga mengaku belum tahu bagaimana masa depan gelandang senior Sergio Busquets. Pemain ini akan habis kontrak di akhir musim.

"Saya tak tahu apa yang akan diputuskannya. Ini tergantung bagaimana penampilan dia dan kondisi kami dengan Finansial Fair Play di La Liga," ujar Xavi.

Busquets sendiri meminta klub selesaikan masa depannya di Februari. Kalau tidak, dia sudah bersiap untuk pindah ke Inter Miami dan main di MLS.


Lawan Atletico Madrid

Foto: Selain Dani Alves, 5 Penampil Terbaik Barcelona saat Mengalahkan Atletico Madrid di Laga Lanjutan Liga Spanyol
Gavi membuat penampilan apiknya dengan membantu timnya mengontrol tempo pertandingan. Remaja 17 tahun tersebut juga mampu mencetak gol kedua sekaligus membawa Barca unggul satu angka lewat sundulannya pada menit ke-21. (AP/Joan Monfort)

Barcelona dihadapkan dengan tugas berat saat bertandang ke markas Atletico Madrid di stadion Wanda Metropolitano, Senin (9/1/2023). Barca harus berjuang di sana tanpa Robert Lewandowski.

Sanksi 3 laga yang sempat ditunda ternyata sudah mulai diberlakukan. Ini membuat pencetak gol sementara di Barcelona itu harus absen lawan Atletico Madrid.

Barcelona harus bisa meraih 3 poin kalau ingin menjaga persaingan dengan Madrid yang kalah 1-2 dari Villarreal di laga sebelumnya. Maka itu, pelatih Barcelona Xavi Hernandez langsung mencari pemain pengganti Lewandowski, siapakah dia?

Xavi tak secara gamblang menyebutkan siapa pemain yang akan mengisi posisi Lewandowski. Namun Xavi menyebut ada 3 pemain yang bisa mengisi posisi Lewy.

"Ferran Torres lebih banyak bergerak, sedangkan Ansu Fati pandai manfaatkan posisi," kata Xavi seperti dikutip sport.es.

"Ferran bisa membuka ruang untuk rekan-rekannya dan kerap tak terjaga. Ansu itu berbeda. Keduanya bisa main sebagai striker, ada juga opsi dengan Memphis Depay."


Bangkit

Atletico Bilbao Depak Baracelona dari Copa del Rey
Penyerang Barcelona, Pedri (tengah) membawa bola dari kawalan pemain Athletic Bilbao, Mikel Vesga dan Inigo Martinez pada pertandingan babak 16 besar Copa del Rey Cup Spanyol di stadion San Mames di Bilbao, Jumat (21/1/2022). Athletic Bilbao menang tipis atas Barcelona 3-2. (AP Photo/Alvaro Barrient

Xavi ingin pasukannya bisa bangkit lawan Atletico Madrid. Dia ingin pemainnya bisa membuktikan diri meski tanpa Lewandowski.

Xavi ingin pemainnya bisa menemukan penyelesaian akhir yang baik. Ini untuk membongkar pertahanan Atletico Madrid yang solid.

"Setiap pekan seperti ini, laga berikutnya paling penting. Ini tak menentukan apa-apa, tapi Barcelona bisa rebut untung. Ini stadion sulit dan mereka kerap bertahan dengan baik," ujar Xavi.

Xavi menduga Atletico bakal main dengan formasi 5-3-2 atau 4-4-2. "Kami harus siap dengan strategi apapun yang dipakai Atletico,"katanya.

Di sisi lain, Diego Simeone masih merasakan kelegaan karena Barcelona kini tanpa Lionel Messi. Dia tak menyebut Lewandowski, meski sang striker absen di laga ini.

"Dimanapun Messi berada, apakah dengan timnya atau Argentina, dia bakal selalu menentukan. Normal kalau dimanapun dia main, pasti ada selalu peluang untuk menang," kata Simeone yang kariernya di Atletico selalu direpotkan Lionel Messi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya