Hugo Lloris Pensiun dari Timnas Prancis

Kiper Hugo Lloris menjadi pemain dengan jumlah caps terbanyak bersama timnas Prancis.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 10 Jan 2023, 13:30 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2023, 13:30 WIB
Prancis vs Denmark di UEFA Nations League
Kiper timnas Prancis Hugo Lloris (kanan) menyelamatkan gawang dari tendangan gelandang Denmark Christian Eriksen pada laga perdana Grup A UEFA Nations League di Stade de France, Paris, Prancis, Sabtu(4/6/2022) dini hari WIB. Prancis harus rela menelan kekalahan 1-2 dari tamunya Denmark. (Franck FIFE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Kiper andalan Prancis, Hugo Lloris akhirnya pensiun. Kiper berusia 36 tahun itu mundur dari skuad Les Bleus setelah gagal mengantarkan negaranya menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar.

Lloris yang sudah berusia 36 tahun menyampaikan kabar ini tiga pekan setelah babak final. Dalam laga itu, Prancis Bleus menyerah 2-4 kepada Argentina lewat adu penalti setelah sempat comeback dan memaksa laga imbang 3-3 hingga extra time.

“Saya memutuskan untuk pensiun dari timnas dengan satu perasaan, yakni sudah memberikan segala-galanya,” ujar Lloris dalam acara jumpa pers seperti dilansir dari AS baru-baru ini.

“Saya pikir, ini momen yang tepat untuk menyampaikannya di mana dua setengah bulan lagi sebelum Euro dimulai,” bebernya.

Lloris telah memperkuat timnas Prancis sejak 2008 lalu. Debutnya ditandai saat Les Bleus bertemu Uruguay November tahun itu.

Sejak saat itu, posisi Lloris nyaris tidak tergantikan. Dia bahkan tercatat sebagai pemain dengan caps terbanyak di timnas Prancis. Lloris yang telah tampil dalam 145 pertandingan mengalahkan rekor yang dipegang Lilian Thuram, 145 laga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Caps Terbanyak

Latihan Terakhir Timnas Prancis Jelang Kontra Inggris di Perempat Final Piala Dunia 2022
Kiper Prancis #01 Hugo Lloris mengambil bagian dalam sesi latihan jelang melawan Inggris pada Perempatfinal Piala Dunia 2022, di Stadion Al Sadd SC di Doha, Jumat (9/12/2022). Laga antara Timnas Inggris vs Prancis diprediksi akan berjalan sengit karena akan mempertaruhkan reputasi nama besar kedua negara Eropa tersebut. (FRANCK FIFE / AFP)

Sepanjang kariernya sebagai penjaga gawang Les Bleus, Lloris telah melewati berbagai momen penting. Salah satunya adalah keberhasilan Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia. Saat itu, Lloris menjad kiper utama Les Bleus hingga ke babak final.

Sayang, perpisahan Lloris tidak disertai kado yang indah. Les Blues gagal mempertahankan gelar juara Piala Dunia 2018 usai kalah melawan Argentina di final Piala Dunia edisi berikutnya.

“Saya sudah memikirkannya masak-masak sejak Piala Dunia berakhir, tapi ada sesuatu dalam diri saya yang membuat saya berpikir sejak enam bulan lalu dan hal itu semakin bertambah ketika saya membuat keputusan ini,” beber kiper Spurs tersebut.

 


Kandidat Penerus

Kepergian Lloris bakal meninggalkan pekerjaan rumah yang tak mudah bagi sang pelatih Didier Deschamps. Sebab, salah satu kiper pelapis yang tersedia, yakni Steve Mandanda dari Rennes sudah berusia 37 tahun. Sementara penjaga gawang cadangan lainnya, yakni Alphonse Areola dari West Ham berusia 29.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya