Hasil Liga Champions: Bungkam Dortmund, Chelsea Lolos ke Perempat Final

Chelsea kalahkan Dortmund di leg kedua 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge, sehingga berhak lolos ke perempat final.

oleh AY Yustiawan diperbarui 08 Mar 2023, 05:41 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2023, 05:20 WIB
Chelsea vs Borussia Dortmund
Pemain Dortmund Marco Reus, kanan, menantang pemain Chelsea Enzo Fernandez pada pertandingan sepak bola leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Chelsea FC dan Borussia Dortmund di Stamford Bridge, London, Selasa 7 Maret 2023. (AP Photo/Alastair Grant)

Liputan6.com, Jakarta Chelsea memastikan lolos ke perempat final Liga Champions 2022/2023 usai kalahkan Borussia Dortmund 2-0 dalam leg kedua 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge. Rabu dini hari WIB (8/3/2023).

Dua gol kemenangan Chelsea dicetak Raheem Sterling dan penalti Kai Havertz. Dengan hasil ini The Blues menang agregat 2-1 setelah pada pertandngan pertama kalah 0-1 di markas Borussia Dortmund berkat gol tunggal Karim Adeyemi.

Butuh kemenangan Chelsea hampir membuka keunggulan saat laga baru berjalan beberapa menit. Sayang, Sterling yang tinggal satu lawan satu dengan kiper Dortmund, gagal menjadikannya gol.

Peluang kedua didapat Chelsea melalui Havertz. Namun, kali ini bola masih tertahan tiang gawang. Havertz akhirnya berhasil mencetak gol menit ke-38, tapi wasit menganulirnya karena sebelumnya salah seorang pemain Chelsea dalam posisi offside.

Dortmund yang sudah mengantongi kemenangan di leg pertama memilih bermain bertahan. Mereka sangat disiplin menjaga pertahanannya.

Nyaris frustasi karena kesulitan menembus pertahanan Dortmund, usaha keras Chelsea akhirnya membuahkan hasil pada menit 43. Tendangan keras Sterling di dalam kotak penalti mengoyak keras jalan gawang Dortmund.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua

Chelsea vs Borussia Dortmund
Emre Can dari Dortmund, kiri, menantang pemain Chelsea Joao Felix selama pertandingan sepak bola leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Chelsea FC dan Borussia Dortmund di Stamford Bridge, London, Selasa 7 Maret 2023. (AP Photo/Alastair Grant)

Chelsea tak mengendurkan serangan dari awal babak kedua. Hasilnya, lewat sebuah serangan mereka mendapat hadiah penalti di menit ke 53, setelah bola menyentuh tangan pemain Dortmund Marius Wolf.

Havertz yang jadi eksekutor sempat gagal pada tendangan pertama setelah bola membentur tiang gawang. Beruntung, wasit mengulanganya, dan kali ini dia sukses menjebol gawang Dortmund.

Dortmund langsung memberikan perlawanan sengit dengan menggempur habis-habisan pertahanan Chelsea. Peluang pertama didapat Jude Bellingham. Namun, bola masih bisa diamankan Kepa.

Chelsea justru menambah keunggulan lagi melalui Conor Gallagher. Tapi, wasit membatalkannya karena posisi Sterling saat memberikan bola dalam posisi offside.

Memasuki menit-menit akhir pertandingan Dortmund masih terus melancarkan serangan bertubi-tubi. Bellingham kembali hampir memperkecil ketinggalan. Meski sudah diberi tambahan waktu 6 menit Dortmund gagal memperkecil ketinggalan dan skor tetap 2-0 untuk Chelsea.


Susunan Pemain

Chelsea vs Borussia Dortmund
Pemain Chelsea Mateo Kovacic, kiri, menantang pemain Dortmund Jude Bellingham pada pertandingan sepak bola leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Chelsea FC dan Borussia Dortmund di Stamford Bridge, London, Selasa 7 Maret 2023. (AP Photo/Alastair Grant)

Chelsea (3-4-3): Kepa Arrizabalaga; Wesley Fofana, Kalidou Koulibaly, Marc Cucurella; Reece James, Mateo Kovacic, Enzo Fernandez, Ben Chilwell; Raheem Sterling, Kai Havertz, Joao Felix.

Borussia Dortmund (4-5-1): Alexander Meyer; Marius Wolf, Niklas Sule, Nico Schlotterbeck, Raphael Guerreiro; Julian Brandt, Jude Bellingham, Emre Can, Salih Ozcan, Marco Reus; Sebastien Haller.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya