Wajah-Wajah Patah Hati Pemain Timnas Indonesia Mendengar FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air

FIFA telah membatalkan status Indonesia sebagao tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, para pemain timnas Indonesia kecewa berat.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 30 Mar 2023, 13:30 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2023, 13:30 WIB
Raut wajah pemain timnas U-20
Raut wajah kiper timnas Indonesia U-20, Daffa Fasya setelah mengetahui kabar kalau FIFA membatalkan status tuan rumah Indonesia di Piala Dunia U-20 2023. (dok PSS).

Liputan6.com, Jakarta Para pemain dan offisial Timnas Indonesia U-20 paling terpukul dengan pembatalan tuan rumah Indonesia pada Piala Dunia U-20 2023. Mimpi untuk tampil di turnamen bergengsi itu pupus setelah otoritas sepak bola dunia, FIFA mengeluarkan keputusan menyedihkan, Rabu malam (29/3/2023). 

Lewat keterangan resminya, organisasi yang bermarkas di Zurich, Swiss tersebut menyampaikan telah mencabut status tuan rumah Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Sebelumnya, turnamen ini dijadawlkan bakal berlangsung di enam kota di Tanah Air mulai 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. 

“Menyusul pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir pada hari ini, FIFA telah memutuskan untuk membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah FIFA World Cup U-20 akibat situasi yang sedang terjadi.”

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal pertandingan sejauh ini masih belum berubah. Sanksi potensial terhadap PSSI juga kemungkinan akan diputuskan setelahnya,” tulis FIFA melalui pernyataan resminya pada Rabu (29/3/2023) malam WIB.

FIFA bergeming meski Erick Thohir telah membawa surat dari Presiden RI, Joko Widodo. Turnamen yang dinanti-nanti pada penggemar sepak bola Tanah Air itu akhirnya resmi meninggalkan Tanah Air. 

Para pemain Timnas Indonesia U-20 sangat terpukul dengan kenyataan itu. Tidak sedikit yang meluapkan kekecewaannya melalui media sosial. (simak suara patah hati para pemain timnas Indonesia U-20 di sini)

Bahkan salah seorang pemain timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka melampiaskan kekesalannya dengan menuliskan sindiran di kolom komentar salah satu postingan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada akun Instagram resminya. Oleh banyak pihak, Ganjar dianggap ikut bertanggung jawab atas pembatalan Piala Dunia U-20 2023 usai mengeluarkan komentar penolakan timnas Israel yang menjadi salah satu peserta pada turnamen usia muda tersebut. 

Dalam sindirannya, pemain PSS Sleman, Yogyakarta tersebut membandingkan masa depan pesepak bola muda Tanah Air dengan Ganjar Pranowo yang disebut sudah terjamin.

Makasih banyak Pak, Oh iya pak, kami tahu nasib bapak sudah terjamin, masa depan bapak juga sudah bagus, Sedangkan Kami pak? Kami baru mau merintis karier menjadi lebih baik, tapi batu lompatan kita sudah diancurin sama bapak. #mkshganjar_pranowo," tulis Hokky dengan huruf capital.

 

  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diumumkan Tidak Lama Setelah FIFA Keluarkan Keputusan

Foto: Kenalkan Namanya Bacuya Maskot Piala Dunia U-20 2023
Bacuya menyapa anak-anak saat melakukan pawai maskot Piala Dunia U-20 2023 di Bundaran HI, Jakarta. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sementara itu, sebanyak 29 pemain tengah mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia U-20 di Jakarta saat FIFA mengumumkan pembatalan tuan rumah Indonesia. Mereka menjalani pemusatan latihan di bawah asuhan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Sebelum tampil di Piala Dunia U-20, para pemain rencananya akan digodok di Korea Selatan. Indonesia sejatinya berhak tampil di Piala Dunia U-20 sebagai perwakilan tuan rumah.

Pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 diketahui para pemain tidak lama setelah FIFA mengeluarkan pernyataan resmi. Mereka kemudian dikumpulkan di salah satu ruangan di Hotel Sultan. 

PSSI telah merilis raut sedih para pemain usai mendengar pembatalan dari FIFA. Seperti apa apa penampakannya? Simak deretan foto-foto di halaman selanjutnya.   


Wajah Lesu Para Pemain Timnas Indonesia U-20

Pemain Timnas Indonesia U-20
Salah seorang pemain timnas Indonesia U-20 menyeka wajahnya saat mengetahui pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (29/3/2023). (dok PSSI).

Para Pemain Timnas Indonesia U-20 Saling Menguatkan

Timnas Indonesia U-20
Para pemain timnas Indonesia U-20 saling menguatkan usai mengetahui kabar FIFA telah mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. (dok PSSI).

Kekecewaan Juga Tidak Bisa Disembunyikan Para Staf Pelatih Timnas Indonesia U-20

Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-20, Nova Arianto bersama staf pelatih lainnya
Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-20, Nova Arianto bersama staf pelatih lainnya usai mendengar keterangan pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (29/3/2023). (dok PSSI)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya