5 Pemain Tersubur dalam Semusim Liga Inggris, Ada Legenda Manchester United dan Duo Liverpool

Liga Inggris musim 2022/2023 sekarang hampir tiba di garis finis. Perebutan gelar juara antara Arsenal dan Manchester City pun semakin sengit. Namun, perburuan penghargaan gelar individu top skor musim ini nampaknya tidak seketat perburuan gelar liga itu sendiri.

oleh Luthfa Arisyi Senapi diperbarui 28 Apr 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2023, 10:00 WIB
Manchester City Vs Arsenal
Striker Man City, Erling Haaland, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 di Etihad Stadium, Kamis (27/4/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta - Liga Inggris musim 2022/2023 hampir tiba di garis finis. Perebutan gelar juara antara Arsenal dan Manchester City pun semakin sengit. Namun, perburuan penghargaan top skor tidak seketat perburuan gelar liga itu sendiri.

Pasalnya, penyerang Manchester City Erling Haaland memimpin jauh dengan torehan 33 gol, berjarak sembilan angka gol dari Harry Kane di urutan kedua.

Catatan tersebut menempatkannya di urutan ketiga dari daftar lima besar pemain yang paling banyak mencetak gol dalam semusim Liga Inggris.

Namun, bomber dari Norwegia itu berpeluang besar memecahkan rekor tersebut dan menjadi yang nomor satu. Manchester City masih memiliki sisa tujuh pertandingan dan sangat mungkin bagi Haaland untuk menambah pundi-pundi.

Anak dari Alfie Haaland itu baru saja memecahkan rekor 32 gol dalam semusim Mohamed Salah yang dicatat pada musim 2017/2018. Dan yang lebih luar biasanya lagi adalah, Haaland sudah membukukan empat hattrick.

Masih ada nama yang harus dilewati Haaland untuk menjadi pencetak gol terbanyak dalam semusim di Liga Inggris. Lantas, siapa pemain yang rekornya sudah dan berpotensi dipecahkan oleh Haaland? Simak daftar berikut ini.


Alan Shearer (34 Gol)

FOTO: 6 Pemain Lokal yang Pernah Menyabet Gelar Top Skor Liga Inggris
4. Alan Shearer (Newcastle United) - Shearer merupakan pemain dengan torehan gol terbanyak dalam sejarah Premier League dengan 260 gol. Striker legendaris itu sukses menyabet 3 kali gelar top skor Liga Inggris. (AP/Scott Heppell, File)

Alan Shearer sukses kantongi 34 gol dari 42 penampilan liga pada musim 1994/1995 ketika ia juga berhasil membantu timnya waktu itu, Blackburn Rovers raih gelar liga pertama mereka sejak 1914.

Melihat catatan golnya saja mungkin sudah sangat impresif, tetapi yang lebih luar biasanya adalah fakta bahwa Shearer selalu menjadi starter dalam 42 pertandingan yang dilakoni Blackburn dan hanya diganti dua kali. Padahal ia memiliki masalah cedera yang dialami sepanjang karirnya.


Andrew Cole (34 Gol)

Foto: Barisan 5 Top Skor Sepanjang Masa Liga Inggris, Harry Kane Gusur Thierry Henry di Peringkat Kelima
Andy Cole. Striker Inggris berusia 50 tahun yang pensiun di Nottingham Forest November 2008 ini total mencetak 187 gol di Liga Inggris. Seluruh gol dicetak saat memperkuat 6 klub, Newcastle, MU, Blackburn, Fulham, Man City dan Portsmouth dalam 16 musim (1993/1994-2006/2007). (AFP/PA/Owen Humphreys)

Sosok yang lebih dikenal sebagai legenda Manchester United ini lebih dulu raih penghargaan sepatu emas dengan catatan 34 golnya ketimbang Alan Shearer pada musim 1993/1994 kala ia masih berseragam Newcastle United. Berkat kontribusinya tersebut, Andrew Cole atau yang kerap disapa Andy Cole berhasil membawa Newcastle ke dalam persaingan papan atas lagi setelah sekian lama.

Namun, yang membuat catatan gol Cole lebih impresif lagi adalah dari total 34 golnya tersebut tidak ada satu pun yang datang dari tendangan penalti. Bahkan, hingga ia mengakhiri karirnya di Liga Inggris pada tahun 2008, hanya satu dari 187 golnya yang datang dari titik putih.


Mohamed Salah (32 Gol)

Foto: Liverpool Amankan Kemenangan Susah Payah atas Nottingham Forest di Liga Inggris Melalui Gol Penentu Mohamed Salah
Pemain Liverpool, Mohamed Salah merayakan gol ketiga timnya pada laga pekan ke-32 Liga Inggris 2022/2023 melawan Nottingham Forest di Anfield, Liverpool, Sabtu (22/04/2023) WIB. The Reds berhasil menang dengan skor 3-2. (AFP/Paul Ellis)

Mantan pemain Chelsea Mohamed Salah kembali ke Liga Inggris setelah berkarier di Roma pada musim panas 2017 untuk kemudian menjadi salah satu pilar penting dari trio penyerang mematikan bersama Sadio Mane dan Roberto Firmino di Anfield.

Baru musim pertamanya di Liverpool, Salah langsung mencuri penghargaan sepatu emas setelah sukses mengoleksi 32 gol dari 38 penampilannya. Sayang waktu itu ia harus mengakhiri musim dengan cedera bahu yang cukup parah setelah menerima takel keras dari Sergio Ramos di final Liga Champions.


Luis Suarez (31 Gol)

Foto: 5 Rekrutan yang Secara Dramatis Mampu Mengubah Nasib Liverpool
Sulit untuk menemukan daftar pemain terbaik Liverpool tanpa melihat nama Luis Suarez. Meskipun hanya menghabiskan empat tahun, ia berhasil mencetak 82 gol dalam 133 laga untuk The Reds. Catatan itu membuktikan bahwa Suarez adalah salah satu striker terbaik yang pernah ada di Anfield. (AFP/Glyn Kirk)

Ketika Mohamed Salah sukses mencatatkan 32 gol dalam semusim Liga Inggris, ia menyalip tiga pemain yang waktu itu memegang rekor dengan 31 gol. Salah satunya adalah pendahulunya di Liverpool, Luis Suarez yang melakukannya pada musim 2013/2014. Bomber asal Uruguay tersebut waktu itu harus menunggu hingga akhir September sebelum akhirnya dapat mencetak gol pertamanya akibat larangan bermain 10 pertandingan karena menggigit Branislav Ivanovic dalam pertandingan melawan Chelsea pada April 2013.

Namun, meski hanya bisa bermain dalam 33 pertandingan liga musim 2013/2014, Suarez tetap mengakhiri musim dengan catatan gol impresif yang juga menghadiahinya penghargaan sepatu emas.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya