Pembantaian Manchester United Hingga Perampokan Gelar The Gunners, Ini 5 Momen Menarik Liga Inggris dari Januari Sampai Mei 2023

Dengan berakhirnya musim ini, berikut ini adalah lima fakta menarik dari setiap bulan di Liga Inggris musim 2022/2023 edisi bulan Januari – Mei.

oleh Luthfa Arisyi Senapi diperbarui 05 Jun 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2023, 15:00 WIB
Foto: Debut Muram Joao Felix Bareng Chelsea, Diganjar Kartu Merah, The Blues pun Takluk dari Fulham di Liga Inggris
Debut pemain anyar Chelsea, Joao Felix berjalan muram. Pemain Timnas Portugal tersebut gagal menghindarkan Chelsea dari kekalahan 1-2 dari tuan rumah Fulham pada pekan ke-19 Liga Inggris 2022/2023, Jumat (13/1/2023) dini hari WIB. Apesnya lagi, sang pemain juga menjadi salah satu aktor kekalahan Chelsea akibat kartu merah yang diterimanya. (AP Photo/Alastair Grant)

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Liga Inggris musim 2022/2023 telah berakhir dengan dimainkannya pekan pertandingan ke-38 secara bersamaan pada 28 Mei lalu.

Manchester City pun sudah ditetapkan sebagai juara bahkan sebelum kompetisi sepenuhnya berakhir. City berhasil merebut puncak klasemen liga dari Arsenal yang mendiaminya selama kurang lebih 284 hari, menjadikan The Gunners sebagai tim yang paling lama menghuni puncak klasemen tetapi tidak juara.

Dengan berakhirnya musim ini, berikut ini adalah lima fakta menarik dari setiap bulan di Liga Inggris musim 2022/2023 edisi bulan Januari – Mei.

Januari:

1.      Brighton untuk pertama kalinya sepanjang sejarah mereka mencetak empat gol di dalam pertandingan tandang divisi teratas melawan Everton, dengan keempatnya tercipta dalam satu jam pertama pertandingan.

2.      Dalam kekalahan Chelsea atas Fulham, Joao Felix menjadi pemain pertama yang dikeluarkan dari lapangan pada debutnya di Liga Inggris sejak Federico Fazio pada Oktober 2014.

3.      Harry Kane mencatatkan penampilan Liga Inggris ke-300 ketika melawan Crystal Palace, menjadi pemain kedua dalam sejarah kompetisi setelah Teddy Sheringham yang mencetak gol pada penampilannya yang ke-100, ke-200, dan ke-300.

4.      Harry Kane dan Son Heung-Min sama-sama mencetak gol melawan Crystal Palace dalam kemenangan 4-0 untuk Spurs, yang ke-34 kalinya mereka berdua mencetak gol dalam pertandingan Liga Inggris – terbanyak dari duo mana pun dalam sejarah Liga Inggris.

5.      Evan Ferguson (18 tahun 76 hari) menjadi pemain termuda kedua dalam sejarah Liga Inggris yang mencetak gol dan memberikan sebuah assist dalam sebuah pertandingan setelah Michael Owen pada tahun 1997 (17 tahun 364 hari).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Februari: Kebangkitan The Magpies

Hasil Liga Inggris: Kalahkan Brighton, Newcastle United Jaga Asa Finis Empat Besar
Kemenangan ini membuat Newcastle kukuh di posisi ketiga klasemen Liga Inggris dengan 69 poin dari 36 laga. (AFP/Oli Scarff)

1.      Newcastle United tidak terkalahkan selama 17 pertandingan antara Agustus dan Februari, rekor terpanjang mereka tanpa kekalahan dalam sejarah mereka. Rekor itu dimulai di Liverpool dan diakhiri dengan kekalahan dari Liverpool.

2.      Dalam kemenangan 1-0 di Chelsea, pemain Southampton James Ward-Prowse mencetak gol tendangan bebas ke-17 di Liga Inggris, hanya tertinggal satu gol dari pemegang rekor David Beckham (18).

3.      Everton mengalahkan Arsenal 1-0 dalam pertandingan pertana Sean Dyche sebagai pelatih, menjadikannya manajer kedua yang mengalahkan pemuncak klasemen liga dalam pertandingan pertamanya di klub setelah Alan Curbishley bersama West Ham (vs Manchester United pada Desember 2006).

4.      Dalam kemenangan 1-0 Spurs atas Manchester City, Kane menjadi pemain ketiga yang mencapai 200 gol Liga Inggris setelah Alan Shearer dan Wayne Rooney. Ia membutuhkan penampilan paling sedikit (304) untuk mencapai rekor tersebut (Shearer 306, Rooney 462).

5.      Bek Leicester City Harry Souttar menjadi pemain pertama yang mencetak gol bunuh diri pada debutnya di Liga Inggris sejak Issa Diop untuk West Ham vs Arsenal pada Agustus 2018.


Maret: Pembantaian Manchester United Jilid 2

Foto: 5 Daftar Kekalahan Terbesar Manchester United di Liga Inggris Musim Ini, Setan Merah Kena Tsunami Gol dari Liverpool
Papan skor yang menunjukkan skor akhir laga pekan ke-26 Liga Inggris 2022/2023 antara Liverpool melawan Manchester United di Anfield, Senin (06/03/2023) WIB. Tuan rumah Liverpool menang atas MU dengan skor 7-0 yang dicetak oleh Cody Gakpo (43', 50'), Darwin Nunez (47', 75'), Mohamed Salah (66', 83'), dan Roberto Firmino (88'). (AP Photo/Jon Super)

1.      Liverpool mencatat kemenangan kompetitif terbesar mereka melawan Manchester United (7-0). Itu juga merupakan kekalahan kompetitif terberat United, di samping kekalahan 0-7 dari Wolves pada Desember 1931, Aston Villa pada Desember 1930 dan Blackburn Rovers pada April 1926.

2.      Kemenangan 4-0 Arsenal atas Everton membuat mereka menjadi tim pertama dalam sejarah Liga Inggris yang memenangkan 100 pertandingan liga melawan satu tim.

3.      Ketujuh pertandingan Liga Inggris pada 4 Maret 2023 dimenangkan oleh tim tuan rumah – yang kedua kalinya dalam sejarah kompetisi yang memiliki setidaknya tujuh pertandingan dengan semuanya dimenangkan oleh tim tuan rumah, setelah 28 Oktober 2000 (8/8).

4.      Mohamed Salah menjadi pemain Liverpool pertama yang mencetak gol dalam enam pertemuan berturut-turut dengan Man United di semua kompetisi.

5.      Crystal Palace menjadi tim pertama yang tercatat (sejak 2003/04) yang gagal melakukan satu pun tembakan tepat sasaran dalam tiga pertandingan Liga Inggris berturut-turut.


April: Penurunan Sang Pemuncak Klasemen

Manchester City Lumat Arsenal pada Lanjutan Liga Inggris
Manchester City tampil perkasa saat menjamu pemuncak klasemen Arsenal. Erling Haaland dan kolega menang telak 4-1 atas Meriam London. (AP Photo/Dave Thompson)

1.      Berkat kekalahan 1-4 mereka melawan Manchester City, Arsenal menjadi tim pertama yang menjalani empat pertandingan Liga Inggris berturut-turut tanpa kemenangan (3 imbang 1 kalah) sekaligus memulai setiap pertandingan tersebut dengan berada di puncak klasemen sejak Arsenal sendiri pada Maret 2008.

2.      Aston Villa mencetak gol di masing-masing dari 20 pertandingan Liga Inggris pertama mereka di bawah Unai Emery, rekor beruntun terpanjang sejak awal masa jabatan manajer dalam sejarah kompetisi.

3.      Kemenangan 4-1 Man City atas Liverpool adalah kemenangan kandang ke-100 Liga Inggris mereka di bawah Pep Guardiola. Ini adalah rekor tercepat seorang manajer mencapai 100 kemenangan kandang (128 laga).

4.      Dengan golnya melawan Brighton, Son Heung-Min menjadi pemain Asia pertama yang mencetak 100 gol Liga Inggris.

5.      Dengan hasil imbang 2-2 melawan Liverpool dan West Ham, Arsenal gagal dua pertandingan Liga Inggris berturut-turut meski telah unggul dua gol untuk pertama kalinya.


Mei: Perampokan Gelar Juara Arsenal

Foto: Full Senyum, Manchester City Berpesta Hattrick Juara Liga Inggris
Skuad Manchester City melakukan selebrasi saat perayaan juara Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Minggu, (21/5/2023). Keberhasilan tersebut membawa pasukan Pep Guardiola mengukir hattrick juara Liga Inggris untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. (AP Photo/Jon Super)

1.      Arsenal mengakhiri Liga Inggris musim 2022/2023 di posisi kedua meski memuncaki klasemen selama 248 hari. Ini adalah hari terbanyak sebuah tim memimpin klasemen di kompetisi teratas Inggris tanpa memenangkan gelar.

2.      Dalam memenangkan gelar Liga Inggris bersama Man City, Pep Guardiola meraih gelar liga ke-11 dalam 14 musim sebagai manajer selama menangani Barcelona, Bayern Munchen dan City.

3.      Gol ke-35 Erling Haaland di Liga Inggris musim ini pada 3 Mei 2023 mencetak rekor baru untuk gol terbanyak yang dicetak oleh seorang pemain dalam satu musim Liga Inggris. Ia akhirnya mengakhiri musim dengan 36 gol.

4.      Meski keluar sebagai pemenang, Nottingham Forest hanya mencatatkan 18 persen penguasaan bola melawan Arsenal, rekor terendah untuk tim pemenang dalam pertandingan Liga Inggris.

5.      Starting eleven Chelsea melawan Man United pada 24 Mei 2023 memiliki usia rata-rata 23 tahun 238 hari, yang termuda bagi mereka dalam pertandingan Liga Inggris. Sembilan di antaranya berusia di bawah 24 tahun.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya