Pelatih Barcelona Xavi: Sheikh Jassim Opsi Sangat Bagus untuk Manchester United

Pelatih Barcelona Xavi mengaku sangat mengenal Sheikh Jassim dengan sangat baik. Bankir asal Qatar itu merupakan calon pemilik baru Manchester United.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 17 Jun 2023, 18:03 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2023, 17:54 WIB
Xavi Hernandez - Barcelona - Lionel Messi
Pelatih Barcelona Xavi mengaku sangat mengenal Sheikh Jassim dengan sangat baik. Bankir asal Qatar dinilai opsi yang sangat bagus untuk Manchester United. (Frederic J. BROWN / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Barcelona,Xavi berbagi pemikirannya tentang potensi pengambilalihan Manchester United oleh Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani dari Qatar.

Menurut Reuters, MU dan Sheikh Jassim sedang menegosiasikan eksklusivitas dalam upaya terakhir untuk membeli klub. Eksklusivitas akan berarti bahwa hirarki klub tidak dapat bernegosiasi dengan penawar lain untuk jangka waktu tertentu.

Jika selesai, ini bisa menjadi langkah besar dalam potensi pengambilalihan Man United dari keluarga Glazer dengan nilai lebih dari $6 miliar.

Di tengah-tengah semua laporan tersebut, Xavi angkat bicara mengenai Sheikh Jassim. Dia memuji putra dari mantan perdana menteri Qatar tersebut.

Menurutnya, Sheikh Jassim akan sangat bagus untuk Manchester United. "Saya memiliki hubungan yang baik dengan orang yang tertarik untuk membeli klub (#mufc); dia orang yang serius, dan saya yakin dia akan melakukan pekerjaan dengan baik," kata pelatih Barcelona itu.

"Saya mengenalnya dengan sangat baik. Dia adalah orang yang sangat baik dan bertanggung jawab. Dia akan menjadi opsi yang sangat bagus untuk United," ujar Xavi menambahkan.

Xavi mengenal Sheikh Jassim karena pernah sekitar enam tahun tinggal di Qatar. Dia bermain untuk Al Sadd dari 2015 hingga 2019 sebelum melatih klub tersebut selama dua tahun. Xavi lantas meninggalkan Qatar pada 2021 untuk melatih Barcelona.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manchester United Akan Untung Jika Sheikh Jassim Berkuasa Ketimbang Ratcliffe

Sheikh Jassim, Anak Mantan PM Qatar yang Resmi Tawar Manchester United
Sheikh Jassim Bin Hamad Al-Thani (kiri) dan saudaranya Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani dari Qatar saat pengundian Piala Dunia 2022 di Qatar di Doha Exhibition and Convention Center pada 1 April 2022. Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani hari ini mengonfirmasi pengajuan tawarannya untuk 100 persen saham Manchester United. (AFP/Gabriel Bouys)

Proses penjualan Manchester United dari Keluarga Glazer tinggal sebentar lagi rampung. Kabarnya cuma ada dua kandidat yang akan menggantikan Glazer, yakni Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dan Sir Jim Ratcliffe.

MU dikabarkan akan mengumumkan pembeli yang dipilih sebelum akhir pekan ini. Kabar yang berhembus di Inggris, Sheikh Jassim yang akan memenangi persaingan. Sejumlah janji surga sudah diluncurkan Sheikh Jassim.

Di antaranya membeli MU secara penuh 100 persen, utang MU akan terhapus sepenuhnya. Menurut beberapa media di Qatar, Sheikh Jassim mengucurkan dana mencapai 5 miliar pounds atau setara Rp 93,4 triliun untuk mengambil alih kepemilikan MU dari Keluarga Glazer.

Ada juga janji peningkatan yang signifikan untuk transfer. Manchester United yang tidak harus melakukan pembayaran utang akan menambah 50 juta poundsterling untuk transfer mereka setiap musim.

 


Sheikh Jassim Ingin Boyong Kylian Mbappe ke Old Trafford

Kylian Mbappe - Paris Saint-Germain - PSG
Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe. (JULIEN DE ROSA / AFP)

Salah satu nama beken yang mulai dikaitkan bila Sheikh Jassim adalah Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain. Kebetulan masa depan Mbappe di PSG sedang menyisakan tanda tanya. Pemain asal Prancis itu belum menandatangani kontrak baru di PSG.

Jassim diperkirakan lebih jor-joran dibandingkan Ratcliffe dalam belanja pemain. Ratcliffe diketahui tidak berencana membeli MU sepenuhnya sekarang ini. Pria Inggris itu hanya ingin memiliki saham mayoritas saja saat ini dan baru membeli sepenuhnya dalam kurun tiga tahun.

 


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya