Ranking Melorot, Timnas Indonesia Hadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026 dari Babak Awal

Ronde pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bakal berlangsung pada Oktober 2023.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 07 Jul 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 07 Jul 2023, 13:00 WIB
FIFA Matchday 2023: Timnas Indonesia vs Palestina
Gelandang Timnas Indonesia, Ivar Jenner (dua kiri) menguasai bola saat menghadapi Palestina pada laga persahabatan FIFA Matchday 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023). Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Palestina. (Bola.com/Aditya Wany)

Liputan6.com, Jakarta Perjuangan Indonesia pada babak kualifikasi Piala Dunia 2026 tidak akan mudah. Timnas Indonesia yang saat ini menempati posisi rendah di ranking AFC harus bertanding sejak ronde pertama. 

AFC telah mengumumkan kalau babak kualifikasi untuk kawasan Asia bakal berlangsung mulai bulan Oktober mendatang. Sebanyak 45 negara anggota selanjutnya akan dibagi dalam empat kelompok. 

Masing-masing pot rencananya akan diisi oleh sembilan tim. Negara-negara yang berada di urutan 18 terbawah Asia akan dibagi dua dan bertemu di ronde pertama untuk memperebutkan posisi di pot 4. Sementara negara dengan peringkat 27 teratas langsung dibagi merata ke pot 1, 2, dan 3. 

Duel ronde pertama akan berlangsung dalam format home and away pada 12 dan 17 Oktober 2023. AFC akan menggunakan acuan ranking per 20 Juli 2023 untuk menentukan tim yang bermain di fase ini.

Indonesia kemungkinan jadi salah satu pesertanya. Tim Indonesia baru saja turun ke urutan 150 dunia atau urutan 28 Asia usai bermain imbang 0-0 melawan Palestina dan kalah 0-2 dari Argentina.

Selain Indonesia, sejumlah negara Asia Tenggara lain seperti Singapura, Myanmar, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste juga berada di urutan 18 terbawah Asia. Sementara Vietnam, Thailand, dan Malaysia bisa berbangga karena masuk 27 teratas dan tak perlu memainkan ronde 1. 

Di ronde pertama, Indonesia menempati pot pertama bersama Chinese Taipei, Maladewa, Yaman, Afghanistan, Singapura, Myanmar, Nepal, dan Kamboja. Sementara pot kedua dihuni, Macau, Mongolia, Bhutan, Laos, Bangladesh, Brunei Darussalam, Timor Leste, Pakistan, dan Guam.

Indonesia belum mengetahui siapa lawan yang akan dihadapi pada ronde pertama nanti. Drawing akan dilakukan di kantor AFC, Kuala Lumpur, Malaysia pada 27 Juli mendatang.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


AFC Mengubah Sistem Kualifikasi Piala Dunia 2026

Piala Dunia 2026
Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko secara resmi terpilih menggelar Piala Dunia 2026.. (AFP/Kirill Kundryavtsev)

AFC melalui situs resminya menyatakan, pihaknya memang melakukan perubahan pada format kualifikasi. Langkah itu diambil menyusul Piala Dunia 2026 akan diikuti 48 tim. Dengan demikian, saat ini Asia memiliki 8,5 slot yang terdiri dari delapan slot langsung dan satu slot playoff antar konfederasi atau lebih banyak  4,5 slot dari Piala Dunia edisi sebelumnya di Qatar tahun 2022 lalu. 

"Ini berarti 18 anggota dengan peringkat terendah berdasarkan rilis Peringkat FIFA berikutnya pada 20 Juli, akan memulai perjalanan kualifikasi mereka di putaran pertama. Ke-18 tim ini akan dibagi jadi dua, dengan masing-masing pasangan memainkan satu laga kandang dan tandang 12 dan 17 Oktober 2023.”

Sembilan pemenang putaran pertama akan melanjutkan ke putaran kedua dan bergabung dengan 27 tim lainnya. Seluruh tim kemudian akan ditempatkan dalam 9 grup yang terdiri dari empat tim. Drawing untuk kedua ronde pertama ini dijadwalkan berlangsung di markas AFC, Malaysia, pada 27 Juli 2023. 

 


Jalan Panjang Menuju Putaran Final Piala Dunia 2026

Ronde kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan berlangsung antara November 2023 dan Juni 2024. Juara dan runner up masing-masing grup bakal melaju ke babak berikutnya sekaligus memastikan tempat di Piala Asia 2027. Ke-18 tim yang lolos kemudian dibagi dalam 6 grup.

Masing-masing juara grup otomatis mewakili Asia di Piala Dunia 2026. Sementara tim peringkat ketiga dan keempat akan memainkan babak keempat. Mereka akan dibagi ke dalam dua grup. 

Masing-masing tim akan bertarung di tempat netral dan 2 juara grup bakal lolos ke Piala Dunia 2026. Sedagkan runner up masing-masing grup akan bermain di ronde kelima. Mereka akan bertarung 2 leg  home and away. Tim yang menang bakal berebut tiket Piala Dunia lewat jalur playoff antar-konfederasi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya