Daftar dan Klasemen Lengkap Perolehan Medali Indonesia di Asian Games 2023

Simak perolehan medali dan klasemen lengkap Indonesia di Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

oleh Thomas diperbarui 24 Sep 2023, 13:57 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2023, 13:55 WIB
Asian Games 2022
Edgar Xavier Marvello, atlet Indonesia cabang olahraga wushu, berhasil meraih medali perak saat tampil di XSG Sport Center, Minggu (24/9/2023). (NOC Indonesia / Naif Al’as)

Liputan6.com, Jakarta- Asian Games 2023 resmi dibuka pada Sabtu 23 September 2023. Perebutan medali pun telah dimulai sejak 24 September 2023. Pada hari pertama perebutan medali, Indonesia sudah merebut total empat medali hingga Minggu siang pukul 12.00 WIB.

Medali pertama Indonesia di Asian Games Hangzhou diraih dari cabang olahraga rowing atau dayung. Pasangan Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri finis ketiga di kelas Women’s Lightweight Double Sculls.

Dayung juga mendapatkan dua medali perunggu lainnya. Di sektor pura Double Sculls, Ihram dan Memo juga mampu menyumbangkan medali perunggu. Satu perunggu lain dari rowing direbut beregu delapan putra yang diperkuat Rifqi Harits Taufiqurahman, Kakan Kusmana, Sulpianto, Rendi Setia Maulana, Asuhan Pattiha, Ferdiansyah, Denri Maulidzar Alghiffari, Ardi Isadi dan Ujang Hasbulloh.

Sementara itu medali perak didapat oleh cabang olahraga wushu melalui Edgar Xavier Marvello. Edgard yag baru sembuh dari operasi menjadi juara dua di XSG Sport Center.

Edgar hanya kalah dari wakil wakil tuan rumah China Sun Peiyuan yang meraih skor 9,840. Urutan ketika direbut wakil Macau, Song Chi Kuan dengan skor 9,760. Edgar sendiri mendapat skor 9,786 dari juri.

“Kita bersyukur membuka pertandingan wushu ini Edgar bermain luar biasa dengan semangat tinggi. Tentunya ini jadi motivasi untuk yang lain,” kata Ngatino, Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia.

Lanjut Ngatino, pada penampilan di Asian Games 2022 Hangzhou kali ini Edgar tidak hanya berjuang melawan musuh-musuhnya di arena pertandingan. Tapi Edgar yang merupakan peraih medali perak di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang itu juga berjuang melawan kondisi kesehatannya sendiri.

“Dia sudah berjuang walaupun dengan kondisi kesehatannya akhir-akhir ini mengkhawatirkan karena baru operasi di pinggang. Ini tentu berkat semangat atlet sehingga itu bisa dilalui,” ujar Ngatino.

“Semua pengurus yang mendampingi khawatir dengan kondisi Edgar, tetapi Alhamdulillah ini bisa dilalui dengan baik,” imbuhnya.

Ngatino optimis, wushu masih akan membuka peluang untuk menambah pundi-pundi medali buat Tim Indonesia.

“Kita harapkan semua harus maksimal, semua harus punya peluang. Tidak melihat lawannya siapa, karena kita tidak tahu di lapangan apa yang akan terjadi,” tutup Ngatino.

 


Target Indonesia di Asian Games Hangzhou

Kontingen Indonesia menggirimkan total 413 atlet ke Hangzhou, China. Target kali ini jauh lebih rendah ketimbang Asian Games 2018. Kali ini Indonesia mematok masuk 12 besar di klasemen medali. 12 medali emas dibidik kontingen Indonesia di Hangzhou.

Dari 413 atlet yang diberangkatkan di China, Indonesia total mengikuti 30 cabang olahraga. Kontingen Indonesia di Hangzhou dipimpin oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang bertindak sebagai CdM tim Indonesia.

"Pesan saya kepada para atlet, Asian Games bukan sekedar pertandingan. Ini adalah panggung di mana kita menunjukkan jati diri, kehormatan, dan semangat bangsa kita. Jangan ragu untuk mengejar medali emas," ujar Ketua NOC Raja Sapta Oktohari saat mengukuhkan secara resmi kontingen Indonesia pada Selasa (19/9/2023).

"Jangan ragu untuk mengejar medali emas. Jangan gentar menghadapi lawan. Ingatlah, setiap langkah dan keringat kalian merepresentasikan doa dan harapan 273 juta rakyat Indonesia," tambahnya.


Klasemen Medali

Rowing Putri Asian Games 2022
Atlet rowing putri Indonesia, Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri (kanan) berhasil meraih medali perunggu Asian Games 2022 dari nomor Lightweight Women's Double Sculls, Minggu (24/9/2023) pagi WIB. Medali yang diraih Chelsea dan Mutiara menjadi medali pertama Indonesia di Asian Games 2022. (Bola.com/NOC Indonesia/Tetuko Mediantoro)
 Peringkat Nama Negara  Emas  Perak Perunggu Total
 1  China 8 0 0 8
 2  Hongkong 1 0 1
 3  India 0 3 1 4
 4   Uzbekistan 0 3 1 4
 5   Indonesia 0 1 3 4
 6   Iran  0 1 0 1
 7   Jepang 0 1 0 1
 8   Makau 0 1 0 1
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya