Kedatangan Sir Jim Ratcliffe di Manchester United Langsung Makan Tumbal, 2 Lagi Menyusul

Manchester United mengumumkan kepergian salah satu tokoh penting klub jelang kedatangan Sir Jim Ratcliffe

oleh Thomas diperbarui 16 Nov 2023, 08:30 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2023, 08:30 WIB
Logo Ilustrasi MU
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta- Kedatangan investor baru Sir Jim Ratcliffe membuat jajaran manajemen Manchester United akan dirombak. Ratcliffe bakal mencoba membenahi MU yang sangat mengecewakan dalam perekrutan pemain sejak beberapa musim terakhir.

Seperti diketahui Sir Jim Ratcliffe membeli 25 persen saham MU saja tahun ini. Keluarga Glazer masih berkuasa di Old Trafford. Namun Ratcliffe diperkirakan perlahan-lahan akan mencaplok MU secara penuh dari genggaman Keluarga Glazer.

Ratcliffe memang belum resmi memiliki 25 persen saham MU. Prosesnya diperkirakan rampung di akhir November atau awal Desember. Namun isu kehadiran pria asali kota Manchester itu sudah memakan tumbal.

Chief Executive Officer (CEO) MU Richard Arnold memutuskan mengundurkan diri pada Rabu (16/11/2023) waktu Inggris. Untuk sementara posisi CEO MU yang lowong ditinggalkan oleh Arnold akan dipegang oleh Patricek Stewart.

Posisi Arnold sebagai CEO MU memang menyisakan tanda tanya besar sejak Ratcliffe dilaporkan sudah mencapai kesepakatan dengan keluarga Glazer untuk membeli 25 persen saham klub. Sebelum didepak Ratcliffe, Arnold memilih mengundurkan diri lebih dulu.

"Richard Arnold memutuskan mundur sebagai CEO dari MU setelah bekerja selama 16 tahun di klub," demikian pernyataan resmi MU melalui website klub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


MU Cari CEO Baru

Manchester United
Richard Arnold. (Dok. Man United)

Patrick Stewart sendiri hanya sebentar menjadi CEO MU hingga proses investasi Ratcliffe rampung 100 persen. Kemudian Ratcliffe akan menunjuk pengganti tetap Arnold setelah resmi menjadi pemilik 25 persen saham The Red Devils.

"Patrick Stewart akan mengambil alih jabatan CEO sementara, selain perannya saat ini sebagai Penasihat Umum, dan Richard terus memberikan dukungan transisi hingga akhir Desember. Proses pencarian akan dilakukan untuk CEO permanen baru."


Eks Juventus Bakal Pimpin MU di Era Ratcliffe

Kandidat terkuat CEO MU yang baru adalah mantan petinggi Juventus Jean Claude Blanc. Ratclitte sangat dekat dengan Blanc. Saat ini Blanc bekerja diperusahaan milik Ratcliffe, INEOS Sport.

Ratcliffe juga dilaporkan akan mengubah komposisi kepengurusan MU lain. Dua petinggi klub yang terancam didepak dari Old Trafford adalah Direktur Sepak Bola John Murtough dan direktur operasi sepak bola David Harrison.


Klasemen Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya