Mengenal Johan Ghazali, Bintang Masa Depan ONE Championship dari Malaysia

Johan Ghazali merupakan salah satu bintang muda yang sedang naik daun di ONE Championship.

oleh Thomas diperbarui 05 Jun 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2024, 11:00 WIB
Johan Ghazali
Jagoan baru ONE Championship Johan Ghazali

Liputan6.com, Jakarta- Setelah aksi terakhirnya di panggung global ONE Championship, nama Johan Ghazali makin populer dan kian disandingkan dengan jagoan dari Thailand, Rodtang Jitmuangnon.

Perjalanan sang petarung Malaysia dalam menembus jajaran petarung Muay Thai kelas terbang di ONE Championship telah membuat banyak penggemar dan pengamat membandingkan dirinya dengan sang manusia rahang besi yang adalah penguasa divisi.

Remaja berbakat berusia 17 tahun ini sudah mencetak rekor 5-0 bersama organisasi seni bela diri terbesar di dunia, dan ia ingin membangun momentum luar biasa lewat laga kontra Nguyen Tran Duy Nhat di ONE 167 pada Sabtu mendatang (8/6/2024).

Dengan personanya di dalam ring, mudah untuk mengerti mengapa Johan Ghazali dibandingkan dengan Rodtang. Terlebih ia memiliki berbagai elemen personal yang mirip dengan sang Juara Dunia Muay Thai tersebut.

Berikut 5 alasan yang menegaskan klaim tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Gaya permainan menekan

Johan Ghazali
Johan Ghazali menekuk Edgar Tabares di ronde pertama ONE Fight Night 17 (dok. ONE Championship)

Rodtang dikenal akan gaya permainannya yang kerap bermain maju dan menekan. Namun, game plan serupa juga diadopsi oleh Ghazali.

Sang striker muda Malaysia itu juga sangat berjaya saat mendesak maju, dan ia memang sangat baik ketika melepaskan serangan kombinasinya. Seperti sang bintang Thailand, “Jojo” tak asing bermain berdiri dan bertukar serangan jarak dekat.


2. Pukulan keras

Ghazali dan Rodtang sangat suka bertukar pukulan, dan mereka memiliki potensi mencetak KO dari berbagai arah. Keduanya memiliki pukulan overhand kanan dan hook kiri dahsyat yang telah menjatuhkan banyak lawannya ke atas kanvas.

Kekuatan serangan mereka bahkan memaksa para lawannya untuk bertahan daripada menyerang, yang dapat memberi mereka kebebasan untuk melakukan serangan apa pun.


3. Serangan tak kenal ampun

Berkat agresi dan pukulan kerasnya, Ghazali dan Rodtang membuat rival mereka berlindung agar dapat bertahan di dalam arena. Namun, hal ini juga membuka peluang besar.

Seperti Rodtang, bintang remaja ini mencari kesempatan untuk melepaskan hook kiri ke arah ulu hati lawannya saat mereka menaikkan pertahanan. Biasanya strategi itu berakhir dengan lawan yang tumbang.


4. Siku yang tajam

Karena kegemaran keduanya untuk saling beradu, tak mengejutkan kalau Ghazali dan Rodtang seringkali bermain dekat dengan lawan. Mereka pun kerap melontarkan serangan siku tajam.

“Jojo” terbiasa mendekatkan jaraknya dengan lawan lewat pukulan, sebelum mengakhiri kombinasi dengan siku tajam atau bergerak maju untuk menembus pertahanan lawannya.


5. Rahang yang kuat

Sepeti Rodtang yang memiliki rahang besi, Ghazali juga memiliki pertahanan rapat serta rahang keras. Seperti idolanya, ia juga tak takut untuk menerima serangan atau terlibat dalam adu jotos.

Durabilitas “Jojo” sejauh ini selalu menjaganya dari pukulan lawan, dan membuatnya dapat mendaratkan serangan yang lebih kuat dalam sebagian besar pertukaran serangan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya