Bocoran Pembawa Bendera Indonesia di Olimpiade 2024, Atlet Wanita dan Debutan

Siapa yang menjadi pembawa Bendera Indonesia di Olimpiade 2024 perlahan mulai terkuak. Ada sedikit bocoran dari CdM.

oleh Thomas diperbarui 17 Jul 2024, 21:36 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2024, 20:30 WIB
CdM Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024 Paris Anindya Novyan Bakrie Datangi SCTV Tower
Sebagai pemegang hak siar, SCM akan menayangkan sejumlah pertandingan cabang olahraga secara eksklusif. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta- Kontingen Indonesia sudah siap tempur di Olimpiade 2024 yang akan berlangsung 26 Juli sampai 11 Agustus 2024. Indonesia total akan berkekuatan 29 atlet dan bakal turun di 12 cabang olahraga di Paris nanti.

Siapa pembawa bendera Indonesia pada upacara pembukaan masih dirahasiakan. Namun sedikit bocoran diungkap oleh Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, Anindya Bakrie, saat berkunjung ke redaksi Emtek Group di SCTV Tower pada Rabu (17/67/2024) sore WIB.

Anindya memberikan kisi-kisi bila atlet yang yang membawa Bendera Merah-Putih saat defile Olimpiade 2024 merupakan seorang wanita dan sebelumnya belum pernah tampil di event empat tahunan tersebut. Alasan atlet wanita dipilih karena Olimpiade 2024 untuk pertama kalinya jumlah atlet yang bertanding berimbang antara pria dan wanita.

"Dari Indonesia sudah ada namanya tapi mungkin lebih baik tunggu tanggal mainnya. Kita ingin kejutan sesuatu yang berbeda dalam arti kata atlet yang salah satu yang pertama kali dibidangnya," ujar Anindya Bakrie.

"Mungkin juga karena ini event yang bukan cuma Olimpiade besar tapi ada kesetaraan gender. Jadi dari 10.714 atlet itu kurang lebih dibagi dua, laki dan perempuan. Biasakan banyakan lakinya. Karena itu pula kami mungkin akan pilih yang perempuan," sambung pria yang juga merupakan ketua umum Akuatik Indonesia itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4 Kandidat Pembawa Bendera Indonesia di Pembukaan Olimpiade 2024

Kunjungan Cdm Olimpiade Paris 2024 Anindya Bakrie ke EMTEK
Managing Director EMTEK Grup, Sutanto Hartono (kanan) berfoto bersama Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2024 Paris, Anindya Bakrie saat melakukan kunjungan ke EMTEK Group sebagai official broadcaster Olimpiade Paris 2024 di SCTV Tower, Jakarta, Rabu (17/7/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Dari daftar 29 atlet Indonesia yang ikut Olimpiade 2024, terdapat 13 atlet wanita. Bila mengacu pada kisi-kisi dari Anindya Bakrie, kemungkinan atlet yang akan membawa medali adalah Maryam March Maharani dari cabor Judo, Rifda Irfanaluthfi (senam artistik), Raji'ah Sallsabilah dan Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing).

Cabor judo, panjat tebing dan senam kebetulan baru kali ini bisa menembus pentas Olimpiade. Untuk panjat tebing memang baru pada edisi Olimpiade 2024 cabor ini dipertandingkan.


Sejarah Pembawa Bendera Indonesia di Olimpiade

Meriah dan Penuh Warna Pembukaan Olimpiade Rio 2016
Atlet lompat jauh Indonesia, Maria Londa membawa bendera Merah-Putih saat memimpin kontingen Indonesia pada sesi perkenalan Negara peseerta Olimpiade Rio 2016 di Rio de Janeiro, Brazil (5/8/2016). (AP Photo/David J. Phillip)

Dalam sejarah pembawa bendera Merah Putih pada defile pembukaan Olimpiade, baru satu kali atlet wanita dipercaya yakni Maria Natalia Londa dari cabor atletik pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Adapun pada Olimpiade terakhir di Tokyo yang berlangsung tahun 2021, bendera Merah-Putih dibawa oleh peselancar Rio Waida yang memiliki keturunan Jepang.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya