Alasan Joan Mir dan Honda Perpanjang Kontrak Hingga MotoGP 2026

Repsol Honda dan Joan Mir sepakat memperpanjang kerja sama hingga MotoGP 2026. Meski sedang dalam performa terburuk, kedua pihak sama-sama optimistis dengan masa depan yang lebih baik.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 26 Jul 2024, 22:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 22:00 WIB
Joan Mir
Pembalap Repsol Honda, Joan Mir pada seri perdana MotoGP Qatar di Sirkuit Lusail. (X/Monster Energy Yamaha MotoGP)

Liputan6.com, Jakarta - Repsol Honda dan Joan Mir sepakat memperpanjang kerja sama hingga MotoGP 2026. Meski sedang dalam performa terburuk, kedua pihak sama-sama optimistis dengan masa depan yang lebih baik.

“Saya sangat senang bisa bersaing dengan Honda dan HRC selama dua tahun ke depan. Itu adalah tujuan saya untuk melanjutkan kemitraan ini,” kata Mir, dikutip dari keterangan resmi HRC, Jumat.

Mir mengawali kiprah di kelas Moto3 pada 2016. Dia memenangkan 10 balapan untuk meraih gelar juara dunia pertamanya pada tahun berikutnya.

Sosok asal Spanyol itu kemudian dipromosikan ke kelas Moto2 pada 2018 dan melangkah ke kelas utama MotoGP tahun 2019. Dia dinobatkan sebagai juara dunia pada 2020 bersama Suzuki.

Setelah Suzuki mundur, Mir hijrah ke Honda pada 2023. Namun, dia hanya bisa menyelesaikan lima balapan di musim debut. Di antaranya Joan Mir cuma sekali menembus lima besar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terus Kerja Keras di Sisa Musim 2024

Joan Mir
Pembalap Repsol Honda Joan Mir. (Jure Makovec / AFP)

Keterpurukan Honda berlanjut musim ini. Mir baru finis dalam empat kesempatan dan belum sekali pun masuk 10 besar. Meski begitu, Mir yakin bisa berkontribusi terhadap kebangkitan pabrikan raksasa asal Jepang itu.

“Saya dan Honda telah bermitra sejak 2023 dan saya yakin terus memberikan timbal balik untuk meningkatkan performa RC213V,” kata Mir.

“Saya tahu apa yang perlu saya lakukan dan saya tahu apa yang bisa dicapai Honda. Kami akan terus bekerja keras untuk masa depan di sisa musim ini,” tambahnya.

 


Masih Dipercaya Pembalap

Joan Mir
Pembalap Repsol Honda, Joan Mir. (Repsol Honda)

Presiden Honda Koji Watanabe melanjutkan, kepercayaan pembalap menjadi hal terpenting untuk bisa melangkah maju bersama-sama di tengah musim yang sulit belakangan ini.

“Bahkan dalam keadaan seperti ini, Mir tetap mempercayai tim dan kami sangat berterima kasih atas sikapnya yang pantang menyerah dan berjuang setiap saat,” kata Watanabe.

Dengan langkah ini, maka Honda bakal mengandalkan Mir dan Luca Marini pada 2025. Sementara Stefan Bradl dan Aleix Espargaro menjadi pembalap penguji.

“Kami ingin bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk kembali dan melakukan yang terbaik demi memenuhi harapan para penggemar sesegera mungkin. Sekali lagi, terima kasih kepada semua penggemar yang selalu mendukung kami,” ujar Watanabe.

MotoGP 2024
Infografis MotoGP 2024. (Liputan6.com/Gotri-Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya