Arsenal Turunkan Kiper 16 Tahun di Carabao Cup, Ini Alasan Mikel Arteta

Manajer Arsenal Mikel Arteta telah memberikan update terbaru mengenai kebugaran David Raya setelah kemenangan besar 5-1 atas Bolton Wanderers pada babak ketiga Carabao Cup 2024/2025, Kamis (26/9/2024) dini hari WIB.

oleh Salma Sophiatunnisa diperbarui 27 Sep 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2024, 14:00 WIB
Foto: David Raya Jadi Juru Selamat Arsenal yang Tampil Mengecewakan di Liga Europa
Kiper Arsenal, David Raya memberikan tepuk tangan setelah laga Liga Europa 2023/2024 melawan Atalanta di Atleti Azzurri d'Italia stadium, Bergamo, Italia, Jumat (20/09/2024) WIB. (AP Photo/Antonio Calanni)

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Arsenal Mikel Arteta telah memberikan update terbaru mengenai kebugaran David Raya setelah kemenangan besar 5-1 atas Bolton Wanderers pada babak ketiga Carabao Cup 2024/2025, Kamis (26/9/2024) dini hari WIB.

Raya tidak masuk dalam skuad melawan Trotters karena cedera paha yang dialaminya setelah pertandingan imbang 2-2 melawan Manchester City akhir pekan lalu. "Kami belum tahu untuk ke depannya. Dia mengalami cedera otot,” ungkap Arteta.

Arsenal sebenarnya memiliki Neto yang lebih berpengalaman untuk menggantikan. Namun, dia dilarang tampil mengikuti kompetisi karena sebelumnya sudah memperkuat Wolverhampton Wanderers pada musim ini.

Arteta lalu memilih menurunkan Jack Porter yang berusia 16 tahun untuk mengawal gawang The Gunners. Kiper kelahiran 2008 itu menjadi pemain termuda yang menjadi starter bagi Arsenal di laga resmi. Porter melampaui rekor Cesc Fabregas untuk menguasai sejarah ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penampilan Jack Porter

Foto: Amunisi Serang yang Bisa Didatangkan Arteta pada Bursa Januari 2023, Demi Asa Juara Arsenal di Liga Inggris Musim Ini
Arsenal membutuhkan penyerang baru. Mereka ditinggal penyerang andalannya, Gabriel Jesus karena mengalami cedera lutut saat membela Timnas Brasil di perhelatan Piala Dunia 2022. Ia diperkirakan sembuh pada akhir Februari 2023 mendatang. Kehilangan Jesus menjadi pukulan telak bagi Arsenal. Namun, Mikel Arteta saat ini sedang berusaha untuk mendatangkan penyerang baru di bursa transfer Januari 2023. Berikut daftarnya. (AFP/Adrian Dennis)

Dia tampil baik di babak pertama saat The Gunners unggul dua gol, sebelum Ethan Nwaneri menambah keunggulan Arsneal selepas jeda.

Akhirnya gagal mencegah usaha Aaron Collins, Porter melewati momen menegangkan saat umpan lawan mengenai kaki pemain lawan yang berujung tendangan gawang. Dia lalu menghabiskan sisa waktu mayoritas sebagai 'penonton' dengan Raheem Sterling dan Kai Havertz mempertegas dominasi Arsenal.

Aksi terakhir Porter di pertandingan itu adalah mengamankan umpan silang.


Keputusan Mikel Arteta

Ilustrasi - Logo Arsenal
Ilustrasi - Logo Arsenal (Bola.com/Erisa Febri)

Arteta memilih pemain Inggris tersebut alih-alih Alexei Rojas yang berusia 18 tahun dan memiliki sedikit lebih banyak pengalaman, serta mengungkapkan bahwa pengalaman Porter bersama tim Inggris U-16 dan U-17 menjadi faktor penting dalam keputusannya.

"Jack telah berlatih bersama kami sejak pramusim dan kami yakin ia dapat menjalankan peran tersebut. Jelas, ia bermain di tim nasional. Kami telah melihat apa yang dapat ia lakukan dan kami yakin itu adalah pilihan yang tepat," lanjut Arteta.

"Kami memberitahunya kemarin dan dia langsung gembira. Ini adalah langkah besar, ini adalah kesempatan besar baginya.”

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya