Peraih Emas Olimpiade 2004 Taufik Hidayat Ditunjuk Prabowo Jadi Wakil Menteri

Taufik Hidayat dipastikan ikut dipilih Prabowo Subianto menjadi wakil menteri di Kabinet Merah Putih.

oleh Thomas diperbarui 20 Okt 2024, 22:38 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 22:07 WIB
Dari Gus Miftah Hingga Taufik Hidayat Masuk Radar Bakal Calon Menteri atau Kepala Badan pada Pemerintahan Prabowo
Taufik Hidayat. Mantan pemain bulu tangkis tunggal putra dan peraih medali emas pada Olimpiade Athena 2004. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta- Usai mengumumkan daftar menteri di Kabinet Merah Putih, Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto langsung mengumumkan 56 wakil menteri yang akan membantunya hingga 2029. Terdapat nama peraih medali emas Olimpiade 2004 Taufik Hidayat di daftar wakil menteri.

Taufik Hidayat diumumkan Prabowo di urutan ke-55 dari total 56 wamen. Suami Ami Gumilar itu akan menempati posisi Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga. Taufik bakal membantu tugas Dito Ariotedjo yang kembali menjadi Menpora.

"55 Taufik Hidayat wakil Menteri Pemuda dan Olahraga," ucap Prabowo saat membacakan daftar wamen di Istana Negara, Minggu (20/10/2024) malam WIB.

Taufik memang termasuk salah satu tokoh yang dipanggil menghadap Prabowo ke Kertanegara saat seleksi calon menteri dan wamen beberapa hari yang lalu. Namun jabatan yang akan dipegang Taufik sempat menyisakan tanda tanya.

Setelah pensiun sebagai pebulutangkis, Taufik memang mulai menekuni karier sebagai politisi. Dia merupakan kader Partai Gerindra. Taufik sempat mencalonkan diri menjadi caleg pada Pemilu 2024. Kala itu Taufik maju di Dapil Jawa Barat II. Sayangnya Taufik gagal meraih kursi ke DPR.

Para menteri dan wakil menteri ini akan langsung dilantik oleh Prabowo pada Senin 21 Oktober 2024 di Istana Negara.

Dito Kembali Jadi Menpora

Legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat, mendatangi kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024). (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)
Legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat, mendatangi kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024). (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Beberapa menit sebelum pengumuman wamen, Prabowo terlebih dulu mengumumkan daftar menteri. Dito kembali dipercaya menjadi Menpora.  

Dito Ariotedjo sebelumnya sudah menjabat sebagai Menpora di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo dan wakil Presiden Ma'ruf Amin. Jabatan Menpora tidak disandang Dito di awal Kabinet Indonesia Maju. Dia baru bergabung pada 3 April 2023.

Politisi Partai Golkar itu menggantikan posisi Zainudin Amali yang mengundurkan diri. Seperti diketahui Amali mundur usai terpilih sebagai wakil ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya