Timnas El Salvador Terlibat Kasus Pengaturan Skor

Federasi Sepakbola El Salvador telah menjatuhkan sanksi skorsing kepada 22 pemain yang dicurigai terlibat pengaturan skor pertandingan.

oleh a.yani diperbarui 23 Agu 2013, 13:43 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2013, 13:43 WIB
pengaturan-scoor-130823b.jpg

Federasi Sepakbola El Salvador beraksi setelah mengendus adanya kasus pengaturan pertandingan yang dilakukan timnas, termasuk laga kontra Amerika Serikat dan Meksiko. Menurut berita The New York Times, Jumat (23/8/2013) polisi menggerebek 11 rumah pemain di enam kota. Federasi sepakbola setempat pun menjatuhkan sanksi kepada 22 pemain terkait kasus tersebut.

Presiden Federasi Sepakbola El Salvador Carlos Mendez Cabezas, mengatakan para pemain itu diskors selama 30 hari sebagai tindakan pencegahan. Koran harian olahraga di El Savador, El Bagan, menulis ada sejumlah nama pemain yang mendapat hukuman. Dua pemain yang sedang diselidiki kini masih bermain di luar negeri, Victor Turcios dan Ramon Sanchez.

Pertandingan yang kini sedang diselidiki adalah laga persahabatan melawan Amerika Serikat pada 2010 dan pertarungan kontra Meksiko di ajang Piala Emas CONCACAF 2011. Dua pertandingan lainnya adalah ketika El Salvador dikalahkan 0-1 oleh klub Major League Soccer DC United pada 2010 dan keok 0-3 dari Paraguay, Rabu 6 Februari 2013 silam.

Menurut Mendez Cabezas, Timnas El Salvador tidak akan menggelar laga lagi hingga masalah pengaturan pertandingan itu diselesaikan.

Sementara itu, pihak CONCACAF telah merilis pernyataan mendukung penyelidikan dan upaya federasi untuk membasmi masalah pengaturan pertandingan. Isi surat pernyataan itu berbunyi: CONCACAF sangat sedih oleh klaim-klaim manipulasi pertandingan dalam komunitas sepakbola. Konfederasi sepenuhnya mendukung Federasi Sepakbola El Salvador dan organisasi terkait lainnya yang terlibat dalam penyelidikan tersebut dan berharap adanya proses hukum yang adil untuk menentukan validitas tuduhan tersebut. (Vin)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya