Nadal Juara, Gilas Rafael Nadal

Rafael Nadal tampil sebagai juara US Open untuk kedua kali usai mengalahkan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic 6-2, 3-6, 6-4, dan 6-1.

oleh Liputan6 diperbarui 10 Sep 2013, 07:34 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2013, 07:34 WIB
rafael-nadal-130910a.jpg
Petenis Spanyol yang ditempatkan sebagai unggulan kedua, Rafael Nadal, berhasil menjuarai turnamen grand slam US Open 2013 setelah di babak final yang berlangsung di Arthur Ashe Stadium, Senin, 9 September 2013 malam waktu setempat atau Selasa (10/9/13) pagi WIB mengalahkan petenis nomor satu dunia asal Serbia, Novak Djokovic, empat set 6-2, 3-6, 6-4, dan 6-1.

Keberhasilan tersebut membuat Nadal mengoleksi gelar juara US Open untuk kedua kali. Uniknya, gelar pertama Nadal di turnamen tanah keras AS ini juga diraih usai menundukkan Djokovic empat set pula, 6-4, 5-7, 6-4, dan 6-2, di partai final 2010. Gelar ini membuat Nadal tercatat telah mendulang 13 gelar grand slam sepanjang kariernya.

Sebaliknya, inilah kekalahan untuk keempat kalinya yang dialami Djokovic dalam lima partai final US Open. Sebelum dipecundangi Nadal pada 2010, tiga tahun sebelumnya (2007) hasrat Djokovic dikandaskan Roger Federer. Terakhir, Djokovic dipaksa bertekuk lutut di tangan petenis Inggris Andy Murray di partai final US Open 2012. Kekalahan ini pun merupakan kekalahan untuk keenam kalinya yang dialami Djokovic dari tujuh pertemuan terakhir melawan Nadal.

Setelah sama-sama mengantongi satu set kemenangan, Nadal unggul lebih dulu 6-2 di set pertama (42 menit) dan Djokovic menang 6-3 di set kedua (58 menit), laga kedua petenis utama dunia ini di set ketiga berlangsung lebih seru dan menarik serta mengundang decak kagum publik AS yang memenuhi Arthur Ashe Stadium.

Titik penentu kemenangan Nadal terjadi di game kesembilan. Saat kedudukan imbang 4-4 dimana Nadal memegang serve, Djokovic sejatinya memegang keuntungan setelah sempat unggul advantage. Namun, Nadal membuktikan tekadnya untuk kembali menjadi petenis nomor satu dunia setelah tersingkir secara mengejutkan di babak pertama Wimbledon. Sempat tiga kali break point, Nadal akhirnya berhasil unggul 5-4 lewat pukulan servisnya yang tak dapat dibendung Djokovic.

Itulah satu-satunya ace yang ditoreh Nadal di sepanjang partai final. Pukulan yang kemudian membuat mental Djokovic runtuh. Setelah game ke-10 diselesaikan Nadal dengan 6-4 dalam waktu 61 menit, di set keempat Djokovic tak berdaya dan dengan mudah ditundukkan Nadal dengan skor telak 1-6 dalam waktu hanya 38 menit. (*)

Baca juga:
* Menanti Duel El Clasico 2 Raksasa Spanyol Senilai Rp 11,24 T
* Menanti Aksi Bale di Laga Abal-abal
* Partai Paling Menakutkan Sepanjang Karier Hodgson
* Romario : Messi Kena Sindrom Asperger
* Berfoto dengan Ronaldo, Mr Bean Pasang Muka Masam
* Casillas Tak Mungkin Gantikan Valdes di Barca
* Tiga Klub Inggris Berebut Messi dari Ukraina
* Ronaldo Diejek `Murah` Oleh Suporter Irlandia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya