Hadapi Atletico, Ujian Messi Sebelum Pengumuman Ballon d'Or

Lionel Messi dituntut membawa Barcelona menang agar bisa mendapat penilaian tambahan di perebutan gelar Ballon d'Or 2013.

oleh Bagusthira Evan Pratama diperbarui 11 Jan 2014, 18:10 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2014, 18:10 WIB
messi-2-140109c.jpg
Penentuan pemenang Ballon d'Or 2013 akan diumukan dua hari lagi. Hingga saat ini, tiga kandidat terkuat yaitu Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Franck Ribery masih konsisten menujukkan kehebatannya masing-masing.

Namun untuk kali ini, beban yang lebih berat berada di pundak Messi. Ia yang baru pulih dari cedera, sudah dituntut untuk bisa membawa Barcelona menang saat tampil di markas Atletico Madrid, Minggu (12/1/2014) dinihari WIB.

Tentu bukan tugas mudah bagi Messi. Sebab lawannya kali ini merupakan tim yang sedang naik daun. Atletico di bawah kepelatihan Diego Simeone sukses menjelma sebagai raksasa menakutkan di ranah Spanyol dan juga Eropa.

Hingga pekan ke-18 La Liga, Atletico terus menempel ketat Barcelona. Di papan klasemen, keduanya sama-sama mengemas 49 poin. Namun Messi Cs sedikit lebih baik karena unggul dalam hal agresifitas gol. Merekapun kini berhak menduduki peringkat teratas klasemen La Liga.

Namun keunggulan itu belum bisa dijadikan modal bagi Barca untuk bisa mencuri kemenangan di markas Atletico. Sebab sejauh ini lini pertahanan Atletico bermain sangat baik. Di pentas La Liga mereka baru kebobolan 11 gol dan catatan tersebut merupakan yang paling bagus dibandingkan 19 kontestan lainnya.

Messi sendiri sebenarnya tak begitu menargetkan penghargaan Ballon d'Or. Sebab ia sudah empat kali secara berturut-turut mendapatkan gelar bergengsi di level individu tersebut. Namun tetap saja, Messi dituntut agar bisa memperlihatkan kemampuan terbaiknya. Sebab jika tidak melakukan itu, bukan hanya gelar Ballon d'Or yang akan lenyap, Messi juga terancam gagal mempersembahkan poin sempurna untuk kubu El Barca.

Di tempat berbeda, Ronaldo dan Ribery memiliki beban yang lebih ringan dari Messi. Ronaldo bersama skuat Real Madrid hanya akan dipertemukan dengan Espanyol, tim yang saat ini masih menghuni papan tengah klasemen La Liga.

Sementara Ribery, saat ini dirinya tidak memiliki jadwal pertandingan resmi. Sebab Bayern Muenchen, klub yang dibelanya masih menjalani libur musim dingin hingga 25 Januari mendatang.

Kendati demikian, Ribery tetap memiliki modal bagus jelang pengumuman pemenang Ballon d'Or. Pada musim lalu, pemain kebangsaan Prancis itu berhasil mengantarkan Muenchen merebut gelar treble winners (Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions). (Van)


Baca Juga:
Jadwal Pertandingan dan Siaran Langsung Bola Malam Nanti
Reli Dakar Kembali Makan Korban
Ferdinand Berharap Ronaldo Balik Lagi ke MU

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya