Cek Fakta: 1 Karyawan Positif Virus Corona, Seluruh Pegawai Kemenpora WFH?

Satu pegawai Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia dinyatakan positif terjangkit virus corona covid-19.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 20 Jul 2020, 16:00 WIB
Diterbitkan 20 Jul 2020, 16:00 WIB
CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Satu pegawai Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia dinyatakan positif terjangkit virus corona covid-19. Saat ini, pegawai yang terjangkit itu sudah mendapat perawatan intensif dari tim medis.

Pihak Kemenpora merahasiakan nama pegawainya yang terjangkit virus corona covid-19. Namun, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) RI, Gatot S Dewa Broto mengatakan, pegawainya yang terkena penyakit itu adalah salah satu staf Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Kemenpora.

Kemenpora juga langsung menggelar rapid test dan PCR di Rumah Sakit Olahraga Nasional.

Hingga Minggu pukul 18.00 WIB, tidak ada hasil reaktif dari 11 orang yang melakukan rapid test, sementara hasil dari dua orang lain yang menjalani PCR masih perlu menunggu hasil lebih lanjut.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Cek Fakta
Tangkapan layar kantor Kemenpora sepi.

Usai adanya pegawai yang positif virus corona, Gatot Dewa Broto, seperti diberitakan Republika, Minggu (19/7/2020), menyebut para pegawai Kemenpora bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Benarkah Kantor Kemenpora menjadi sepi usai ada karyawannya yang terjangkit virus corona covid-19 pada hari Minggu?


Penelusuran Fakta

Gatot Dewa Broto
Sekretaris Kemenpora, Gatot Dewa Broto. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencari kabar tentang Kantor Kemenpora yang sepi akibat ada karyawannya positif virus corona. Kabar tersebut langsung dibantah Sesmenpora RI, Gatot S Dewa Broto.

"Terima kasih atas perhatiannya. Namun, sekedar meluruskan, karena ada beberapa berita yg menyebutkan bahwa seluruh pegawai Kemenpora diminta untuk stay at home (WFH). Kenyataannya, tidak pernah ada pernyataan seperti itu," kata Gatot, dalam grup WhatsApp wartawan.

Namun Gatot menegaskan, hanya sebagian pegawai Kemenpora yang WFH. Karyawan yang diperbolehkan kerja dari rumah adalah orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien virus corona di Kemenpora.

"Yang benar adalah agar pegawai-pegawai di Deputi III dan Deputi IV disarankan untuk WFH, tetapi jika memang penting, silakan menggunakan ruang-ruang lain di lantai 3 Graha. dan Wisma Kemenpora. Terima kasih," ujarnya menegaskan.

Sementara itu, pihak Republika sendiri sudah memperbaiki berita yang mereka publikasikan pada Minggu (19/7/2020).

 


Kesimpulan

Kabar tentang kantor Kemenpora sepi karena ada pegawai yang terpapar virus corona covid-19 salah. Faktanya, hanya sebagian yang diperbolehkan WFH, yakni orang-orang yang melakukan kontak langsung dengan pegawai yang positif virus corona covid-19.

 


Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya