Cek Fakta: Benarkah Minum Air Rebusan Buah Asam hingga Daun Sirih Bisa Sembuhkan Biduran?

Beredar klaim bahwa meminum air rebusan buah asam hingga daun sirih bisa sembuhkan biduran. Benarkah?

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 06 Okt 2020, 09:01 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2020, 09:01 WIB
Gambar Tangkapan Layar Foto Kulit Bentol karena Biduran
Gambar Tangkapan Layar Foto Kulit Bentol karena Biduran

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang meminum air rebusan buah asam hingga daun sirih bisa menyembuhkan biduran atau gatal-gatal pada kulit beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Kreasi hidup sehat pada 4 Oktober 2020.

Akun Facebook Kreasi hidup sehat membagikan narasi tata cara membuat ramuan dengan buah asam hingga daun sirih untuk mengobati biduran.

Berikut narasinya:

"Obat alami untuk meredakan Penyakit Biduran

1. Buah Asam serta Temulawak

Siapkan buah asam, 15 gr temulawak, serta gula aren. Rebus semuanya bahan tersebut kedalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Biarlah dingin, lalu saring. Minum ramuan ini untuk menyembuhkan biduran anda. Anda bisa menambahkan madu untuk menambah rasa lezat.

2. Bawang Merah serta Daun Kelor

Sediakan bahan berupa 3 lembar daun kelor, sebutir bawang merah, serta 2 gr pulosari. Rebus bahan-bahan tersebut kedalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. Sesudah disaring, minum ramuan ini 2 kali dalam sehari.

3. Kunyit serta Sambiloto

Sediakan bahan-bahan berupa 10 gr sambiloto, 20 gr kunyit, 30 gr daun kelor, 1 sdm adas, 3 butir bawang merah. Tumbuk sampai halus semua bahan tadi sesudah anda mencucinya. Rebus kedalam 600 cc air hingga tersisa sepertiga bagian. Sesudah disaring serta dingin, anda dapat minum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.

4. Obat alami mengobati biduran menggunakan Daun Jombang

Rebus 30 gr daun Jombang kedalam 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Minum ramuan ini selagi hangat.

5. Akar Rosa Multifona Thumb

Rebus akar tumbuhan tersebut kedalam 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Sesudah disaring, minum ramuan alami ini setiap pagi serta sore hari.

6. Minyak Kayu Putih serta Zaitun

Siapkan minyak kayu putih, minyak zaitun, serta menthol Kristal masing-masing sejumlah 1 sdm. Aduk semua bahan hingga rata. Gosokkan pada kulit anda untuk menyembuhkan biduran.

7. Jahe serta Cuka Beras Hitam

Sediakan bahan berupa 100 cc Cuka Beras hitam, 30 gr jahe, serta gula merah. Tumbuk dahulu jahe sampai halus, lalu rebus bersama yang lain ke dalam air. Setelah dingin, minum ramuan tradisional ini sejumlah 2 kali dalam satu hari.

8. Menyembuhkan biduran menggunakan Leunca

Cuci tanaman leunca yang sudah dibuang akarnya, lalu tumbuk. Oleskan pada kulit sampai warna leunca jadi hijau. Lakukan sejumlah 3 kali dalam sehari untuk mengobati biduran anda.

9. Mengobati biduran dengan Daun Sirih

Sediakan daun sirih serta ketepeng, masing-masing sejumlah 20 lembar. Rebus lalu saring. Minum untuk mengobati biduran secara alami. Selain menyembuhkan biduran, daun sirih dapat juga digunakan untuk menyingkirkan bau badan secara alami.

Demikian cara menyembuhkan Biduran menggunakan bahan alami. Pilih salah satu cara termudah yang bisa anda lakukan. Simak selalu artikel kesehatan serta tips penting yang lain," tulis akun Facebook Kreasi hidup sehat.

Konten yang disebarkan akun Facebook Kreasi hidup sehat telah 593 kali dibagikan dan mendapat 57 komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang meminum air rebusan buah asam hingga daun sirih bisa menyembuhkan biduran atau gatal-gatal pada kulit.

Penelusuran dilakukan dengan menghubungi dokter spesialis kulit, dr Dewi Inong Irana, SpKK. Dr Dewi mengatakan bahwa klaim tersebut tidak benar.

"Itu tidak benar," kata dr Dewi kepada Liputan6.com, Senin (5/10/2020).

Menurut dr Dewi, biduran atau dalam bahasa medisnya urtikaria disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari alergi makanan hingga hormon.

Dr Dewi mengatakan, mengobati urtikaria harus dicari dulu penyebabnya. Setelah itu baru diberikan obat dan antibiotik.

"Jadi tidak bisa kalau hanya minum ramuan tertentu," ucap dia.

Ia menyarankan, untuk langkah awal mengurangi rasa gatal akibat biduran atau urtikaria sebaiknya menggunakan bedak.

"Kalau lagi biduran dikasih bedak aja. Jangan digaruk, makin digaruk makin jadi," tutup dia.

 

 


Kesimpulan

Klaim tentang meminum air rebusan buah asam hingga daun sirih bisa menyembuhkan biduran ternyata tidak benar alias hoaks.

Dokter spesialis kulit, dr Dewi Inong Irana. SpKK menyebut biduran atau urtikaria tidak bisa disembuhkan dengan meminum ramuan tertentu.

 

 

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya