Cek Fakta: Hoaks Foto Penemuan Tengkorak Raksasa Berleher Panjang di Hutan Amazon

Beredar foto yang diklaim sebagai penemuan tengkorak raksasa berleher panjang di Hutan Amazon. Benarkah?

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 25 Okt 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2024, 17:00 WIB
Gambar tangkapan layar foto yang diklaim sebagai penemuan tengkorak raksasa berleher panjang di Hutan Amazon. (sumber: Facebook)
Gambar tangkapan layar foto yang diklaim sebagai penemuan tengkorak raksasa berleher panjang di Hutan Amazon. (sumber: Facebook)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim sebagai penemuan tengkorak raksasa berleher panjang di Hutan Amazon beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 21 Oktober 2024.

Dalam foto tersebut terlihat tengkorak berada di atas pasir dengan tulang leher yang tidak biasa. Selain itu ada juga foto dua orang yang memiliki leher panjang dengan tubuh setinggi atap rumah.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan penemuan tengkorak raksasa berleher panjang di Hutan Amazon.

"Penemuan mengejutkan di Hutan HujanAmazon! Tengkorak Raksasa dengan leher terpanjang didunia," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali dibagikan dan mendapat 6 komentar dari warganet.

Benarkah dalam foto merupakan penemuan tengkorak raksasa berleher panjang di Hutan Amazon? Berikut penelusurannya.

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim sebagai penemuan tengkorak raksasa berleher panjang di Hutan Amazon.

Penelusuran dilakukan dengan dengan mengunggah foto tersebut ke situs aidetectcontent.com dan sightengine.com. Hasilnya foto tersebut masing-masing memiliki probabilitas 61 persen dan 73 persen dibuat oleh Artificial Intelligence (AI).

Berikut gambar tangkapan layarnya.

<p>Gambar tangkapan layar penelusuran foto menggunakan situs aidetectcontent.com.</p> Penelusuran foto <p>Gambar tangkapan layar penelusuran foto menggunakan situs sightengine.com.</p>

Dikutip dari Liputan6.com, orang dengan leher panjang bisa ditemukan di Thailand. Mereka merupakan wanita dari Suku Kayan.

Mereka memanjangkan leher dengan memakai kumparan atau gelang kuningan sejak berusia lima tahun. Setiap kumparan atau gelang kuningan ini akan diganti dengan yang lebih panjang secara berkala.

Berat kumparan kuningan tersebut yang mendorong tulang selangka turun dan menekan tulang rusuk sehingga membuat leher ini menjadi lebih panjang. Kumparan ini tidak akan dilepas, kecuali jika ingin diganti dengan yang lebih panjang.

Wanita-wanita suku kayan melakukan ini demi alasan kecantikan, namun baru-baru ini, para antropologi atau ahli budaya memunculkan teori tentang tujuan dari adat unik ini, yakni agar lebih menarik, melambangkan naga (figure penting dari cerita rakyat Kayan) dan untuk mencegah harimau menerkam mereka.

 

Kesimpulan

Foto yang diklaim sebagai penemuan tengkorak raksasa berleher panjang di Hutan Amazon ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital menggunakan perangkat AI.

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya