Forum Promosi Trade Expo Indonesia 2014 di Sydney

Kehadiran pengusaha Australia diharapkan akan terjadi transaksi dagang dengan para pengusaha Indonesia.

oleh Liputan6 diperbarui 26 Jun 2014, 13:04 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2014, 13:04 WIB
Forum Promosi Trade Expo Indonesia 2014 di Sydney
Kehadiran pengusaha Australia diharapkan akan terjadi transaksi dagang dengan para pengusaha Indonesia.

Citizen6, Sydney Hubungan perdagangan antara Indonesia dan Australia terus meningkat dari tahun ke tahun, meskipun Indonesia merupakan partner dagang ke-11 bagi Australia. Ekspor non-migas Indonesia ke Australia meningkat 15.5% tahun 2013. 

Produk-produk non-migas yang diekspor ke Australia umumnya antara lain ban mobil, kertas, furniture dan kabel listrik. Data-data ini yang kemarin, pada Rabu, 25 Juni 2014 dipromosikan pada Trade Expo Indonesia Forum yang berlangsung di Radisson Blu Hotel, Sydney, dihadiri pelaku-pelaku bisnis dari Australia dan Indonesia yang tergabung dalam Australia Indonesia Business Council (AIBC). Froum ini diadakan untuk mempromosikan Trade Expo Indonesia yang akan diselenggarakan di Jakarta Trade Expo Kemayoran pada tanggal 8-12 Oktober 2014 yang akan datang.

Trade Expo Forum Sydney dibuka secara resmi oleh Act. Konjen RI yang menyampaikan harapan agar para pelaku bisnis Australia dapat  turut serta dalam Trade Expo Indonesia 2014. Kehadiran pengusaha Australia diharapkan akan terjadi transaksi dagang dengan para pengusaha Indonesia.  Dengan adanya transaksi dagang ini, akan meningkatkan hubungan perdagangan Australia dan Indonesia.

Selanjutnya, dalam forum juga dipaparkan potensi-potensi dagang yang dimiliki Indonesia yang dapat dikembangkan dalam hubungan dagang/ekspor-impor kedua negara yang disampaikan oleh Donna Gultom, Atase Perdagangan Kedutaan Besar Indonesia di Canberra. Sedangkan prosedur keikutsertaan pengusaha Australia dalam promosi Trade Expo Indonesia  disampaikan oleh Ruth Samaria Turnip, Wakil Direktur Indonesian Trade Promotion Centre di Sydney.

Pada tahun 2013 lalu, terdapat lebih dari 100 pembeli Australia yang menghadiri Trade Expo Indonesia dan terjadi transaksi dagang sebesar 41 juta dollar Australia. Jumlah ini meningkat dari 39 juta dollar Australia pada tahun 2012. Pada Trade Expo Indonesia 2014 ini, akan banyak diikuti oleh pengusaha-pengusaha dalam negeri dan luar negeri dan diharpkan terjadi peningkatan transaksi bisnis antar pengusaha. Produk-produk yang dijual meliputi produk industri, pertambangan, pertanian dan kerajinan. Tahun 2013, pelaku bisnis yang mengikuti Trade Expo berjumlah 9000 pembeli berasal dari lebih dari 100 negara dengan total transaksi bernilai 1,5 milyar dolar AS.

Pewarta:

Nicolas Manoppo

Pensosbud KJRI Sydney.

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai Senin, 23 Juni sampai 29 Juni Citizen6 mengadakan program menulis bertopik ke-14 dengan topik "Persiapan Menjelang Puasa Ramadan". Info selengkapnya bisa dilihat di sini 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya