FanFiction Aliando Syarief-Prilly Latuconsina Diebook-kan

Sejumlah FanFiction sering menampilkan nama penulisnya atau nama orang lain sebagai karakter cerita yang biasa disebut OC

oleh Liputan6 diperbarui 08 Sep 2014, 15:27 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2014, 15:27 WIB
Aliando dan Prilly
Foto Aliando dan Prilly (Sumber: Instagram.com)

Citizen6, Jakarta FanBase adalah kumpulan orang yang memiliki hobby atau tokoh idola yang sama, kini makin berkembang berkat pengunaan sosial media, contohnya Alliando-Prilly Fanbase yang sedang berkembang dengan ratusan ribu follower, tempat menuangkan gagasan, ide, berbagi cerita, dan membicarakan segala sesuatu mengenai idola mereka.

Ketika menonton serial sinetron di televisi atau melihat foto tokoh yang diidolakan mengalirlah ide yang kreatif dari penggemar yang kadang berbeda dengan cerita aslinya. Cerita- cerita seperti ini disebut FanFiction.

FanFiction merupakan bentuk cerita asli yang ditautkan kepada tokoh, lokasi, dan situasi dari karya asli dapat berupa film, buku, permainan, juga artis dan selebritas serta karakter terkenal lainnya. Sejumlah FanFiction sering menampilkan nama penulisnya atau nama orang lain sebagai karakter cerita yang biasa disebut OC (original character).

Ribuan tulisan berupa cerita fiksi, termasuk FanFiction menyebar di berbagai sosial media dengan beragam latar belakang penulis, anak anak muda mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Aksara maya sebagai digital publisher melihat banyak tulisan fiksi hasil kreatifitas anak - anak FanBase cukup menarik untuk diterbitkan.

Oleh karena itu, Aksaramaya memfasilitasi dengan menerbitkan tulisan mereka dalam format digital untuk mengisi konten di Moco sebagai social reading pertama di Indonesia. Sebelas judul cerita FanFiction yang ditulis oleh sepuluh penulis muda berbakat hasil seleksi tim redaksi Aksaramaya telah terbit pada tanggal 5 September 2014. Beberapa judul FanFiction tersebut adalah: Cinta Asam Manis (Kayla Jasmine), Dandelion (Ni Wayan Wirdasih), The Mission: “Be Focus Al!” (Ni Wayan Wirdasih), Di Sela Cinta (Widya Puspita Sari), Hatiku Untukmu (Rachel Archita Salwa), Istriku Selebriti (Naz Hameed) dan lannya

Harapan Aksaramaya menerbitkan eBook FanFiction edisi perdana supaya dapat menjadi virus yang menyebarkan semangat menulis dan membaca di kalangan anak muda Indonesia. Banyak anak muda yang memiliki bakat menulis namun kurang adanya wadah atau media yang memfasilitasi bakat mereka.

Aksaramaya hadir memberi bimbingan sekaligus waduh untuk menyalurkan bakat tersebut agar menghasilkan karya yang berkualitas dan enak dibaca.

Moco dibuat untuk memberikan pengalaman baru dalam membaca buku yang lebih mudah, praktis, menyenangkan dan akses bagi penulis untuk menerbitkan bukunya. Fitur sosial media menjadikan Moco sebagai aplikasi membaca yang kaya akan interaksi antara sesama pembaca dan penulis.

Moco dapat diakses menggunakan smartphone berbasis Android dan iOS, serta menggunakan desktop/ laptop format Hybrid. Untuk mengunduh dapat melalui playstore dan appstore

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Credit: Karmin Winarta

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya