Ini Dia Manipulasi Foto dari Zaman Dulu

Orang-orang zaman dulu ternyata juga suka memanipulasi foto padahal era digital masih belum ada. Bagaimana mereka melakukannya?

oleh Sulung Lahitani diperbarui 13 Des 2014, 13:49 WIB
Diterbitkan 13 Des 2014, 13:49 WIB
Ini Dia Manipulasi Foto dari Zaman Dulu
Orang-orang zaman dulu ternyata juga suka memanipulasi foto padahal era digital masih belum ada. Bagaimana mereka melakukannya?

Citizen6, Jakarta Mungkin Anda tak pernah menyangka, memanipulasi foto sudah menjadi karya seni yang biasa dilakukan beberapa orang di zaman dulu dengan tujuan tertentu. Entah bagaimana mereka melakukannya, yang pasti mereka belum mengenal photoshop, coreldraw, ataupun aplikasi-aplikasi lain untuk memanipulasi foto.

Faking It: Manipulated Photography Before Photoshop merupakan sebuah pameran foto yang diadakan di Museum Seni Metropolitan. Pameran tersebut adalah pameran besar pertama yang menampilkan sejarah manipulasi fotografi sebelum era digital. Menampilkan sekitar 200 foto visual menawan yang dibuat antara tahun 1840-an sampai 1990-an dalam bidang seni, politik, hiburan, berita, dan perdagangan, pameran ini menawarkan perspektif baru yang provokatif tentang sejarah fotografi. Berikut beberapa foto tersebut dilansir dari metmuseum.org

 

Foto dalam pameran tersebut dibuat dengan menggunakan berbagai teknik sebelum era digital, seperti teknik pencetakan kombinasi, photomontage, overpainting, dan retouching pada negatif film atau hasil cetak.  

Bagaimana, menarik bukan? Ternyata manipulasi foto sudah biasa dilakukan orang-orang zaman dulu, ya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya