Ilmuwan Temukan Enzim Pengurai Plastik Tercepat di Dunia

Temuan yang telah dipatenkan ini dapat mengurai plastik dalam waktu 15 hari.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 27 Sep 2017, 20:00 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2017, 20:00 WIB
Ilmuwan Temukan Enzim Pengurai Plastik Tercepat
Temuan yang telah dipatenkan ini dapat mengurai plastik dalam waktu 15 hari.

Liputan6.com, Jakarta - Plastik menjadi elemen yang menarik dan penting dalam kehidupan modern. Kita tidak bisa bayangkan dunia tanpanya. Namun demikian, plastik juga menjadi salah satu sampah yang paling banyak dihasilkan di dunia. Dibutuhkan sampai 1.000 tahun untuk mengurai plastik.

Meksiko menghasilkan lebih dari 700 ribu juta ton limbah plastik per tahun. Dengan paling tidak 200 botol plastik per orang tiap tahunnya.

Sekelompok profesor di Fakultas Kimia UNAM, bekerja sama meneliti enzim yang dapat mengurai plastik. Penemuan mereka terbilang menakjubkan. Enzim yang mereka temukan dapat mengurai plastik hanya dalam waktu 15 hari.

"Kami masih dalam tahap laboratorium di mana kami mempelajari bahwa molekul bekerja baik dengan yield tinggi," ujar Carolina Prena Montes, profesor dengan PhD Ilmu Kimia.

Menurut dia, proses ramah lingkungan digunakan agar bio-produk tidak merusak lingkungan. Caranya dengan mengisolasi jamur yang mendegradasi plastik. Prosesnya sendiri terdiri dari penciptaan dan perancangan ketegangan rekombinan Pichia pastoris.

"Kami terkejut bahwa enzim tersebut menguraikan semua poliester yang kami uji," terang Amelia Farres Gonzales, profesor dengan PhD Bioteknologi di UNAM.

Proses dan enzim yang telah mereka patenkan tersebut merupakan bukti komitmen pada masyarakat untuk memecahkan masalah di masyarakat. Mereka ingin orang tahu bahwa polusi plastik adalah masalah yang tercipta akibat kebiasaan buruk.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya