3 Cara Sehat untuk Mengungkapkan Kecemburuan dalam Hubungan Asmara

Ada beberapa cara yang sehat dan baik untuk mengungkapkan kecemburuan dalam hubungan asmara

oleh Sulung Lahitani diperbarui 04 Agu 2022, 19:06 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2022, 19:06 WIB
cemburu
ilustrasi/copyright pexels.com

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pernah bertindak atas insecurity dan kecemburuan di beberapa titik dalam hidup mereka. Meskipun perasaan itu biasa dan normal tetapi mengambil bentuk konflik dan argumen yang tidak menyenangkan antara pasangan.

Akhirnya, kecemburuan dapat menyebabkan kebencian dalam hubungan yang sehat dan merusaknya sampai ke intinya. Namun, ada cara bagi Anda untuk mengakui emosi dan menangani hal yang sama dengan welas asih dan perhatian penuh.

Pembicara Isnpirational Devina Kaur memberikan daftar 3 cara sehat untuk mengatasi emosi tersebut. Dilansir dari TimesofIndia, ini dia.

1. Ketahui perasaanmu

Kecemburuan dapat tumbuh dari berbagai alasan; mungkin karena pasangan Anda saat ini tidak terlibat sebanyak yang Anda inginkan atau karena Anda berada dalam hubungan yang tidak sehat dan merusak di masa lalu. Kuncinya adalah belajar tentang akar penyebab perasaan Anda.

Anda dapat mulai dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri dan pasangan Anda, mempertanyakan apa yang ingin Anda ubah dalam hubungan dan fokus untuk menciptakan lingkungan kepercayaan di antara Anda berdua sehingga Anda dapat merasa aman untuk terbuka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Akui dan Diskusikan Insecurity Anda

Zodiak Paling Mudah Cemburu
Zodiak Paling Mudah Cemburu. (ilustrasi/pexels/budgeron bach).

Kita sering menganggap perasaan kita tidak penting dan tidak masuk akal dan gagal untuk mengatasinya dengan perhatian yang seharusnya. Ketahui dan terima bahwa ini tidak adil bagi Anda dan pasangan.

Anda dapat berusaha untuk mengakui rasa insecure Anda dan ketika Anda merasa nyaman dengan masalah Anda sendiri, Anda dapat membawa masalah tersebut kepada pasangan Anda dan mendiskusikannya secara menyeluruh. Dengan cara ini, Anda akan membangun keterikatan yang sehat dengan pasangan Anda dan mengatasi rasa insecure Anda. Pengakuan adalah langkah pertama menuju pengembangan pribadi.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 


3. Ungkapkan semangat sejatimu

cemburu 2
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@zun1412

Terkadang, kecemburuan lahir dari kepicikan dan harga diri rendah yang kita perlakukan. Kita merasa tidak layak untuk pasangan kita dan menjadi insecure tentang hubungan mereka yang lain termasuk persahabatan mereka dengan lawan jenis. Dalam situasi seperti itu, disarankan untuk menerima bentuk asli Anda dan mengungkapkan semangat sejati Anda kepada pasangan Anda.

Setelah Anda mulai mencintai diri sendiri, Anda dapat membawa lebih banyak kekaguman, cinta, dan rasa hormat ke dalam hubungan Anda. Hubungan Anda akan melambung ke tingkat yang lebih tinggi.

 

Mungkin sulit untuk menerima kecemburuan, tetapi ada beberapa cara untuk membedakan kecemburuan yang sehat dari yang kasar. Adalah wajar untuk merasa sedikit posesif tentang orang yang Anda cintai, tetapi itu bisa membawa bencana dan melukai Anda dalam prosesnya.

Jika tidak ada alasan nyata untuk takut dan pertengkaran terus-menerus terjadi karenanya, mungkin sudah waktunya untuk berkonsultasi dengan seorang profesional untuk membantu atau keluar dari hubungan itu. Jangan membuat cinta Anda pada pasangan membutakan Anda dan ingatlah untuk bersikap realistis.

Ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian dan hanya harus diperlakukan dengan hormat dengan segala cara. Hubungan romantis yang tepat harus memberdayakan Anda untuk menjadi orang yang lebih baik.


Tidak Setia, 3 Zodiak Ini Tidak Ragu Selingkuh di Belakang Pasangannya

Ilustrasi kata-kata cemburu
Ilustrasi kata-kata cemburu. (Photo by Frederik Trovatten.com on Unsplash)

Kepercayaan adalah komponen paling penting untuk keberhasilan hubungan apa pun, terutama yang bersifat seksual dan/atau romantis. Ketika kepercayaan itu rusak dalam kapasitas apa pun, hati bisa hancur karenanya. Untuk diketahui, ketiga tanda zodiak ini adalah yang paling mungkin untuk selingkuh.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa semua orang dengan tanda-tanda ini peselingkuh. Jangan paranoid! Ketiga zodiak ini hanya cenderung—ketika tidak berdaya atau berjalan di jalan yang salah—untuk menunjukkan perilaku yang tidak dapat dipercaya secara umum. Perlu dicatat bahwa setiap tanda zodiak memiliki sifat yang membuatnya unik.

Sifat itu sendiri umumnya "netral" di alam. Dan dengan masing-masing sifat ini muncul sisi positif dan negatifnya. Misalnya, Cancer berorientasi pada rumah. Sisi positifnya adalah mereka menjaga ruang pribadi mereka dan orang-orang yang tinggal di dalamnya. Sisi negatifnya adalah mereka dapat dengan mudah menjadi penimbun dan pertapa.

Ketiga tanda zodiak ini memiliki kualitas penebusan. Ketika mereka merasa berada di dalam elemen mereka dan mereka memiliki dukungan yang mereka butuhkan untuk berhasil, zodiak-zodiak ini inovatif, terdorong, dan membangkitkan semangat. Konon, ketika mereka tidak membuat pilihan yang bijaksana, mereka bisa jatuh ke dalam pola berselingkuh.

Lalu, zodiak apa saja mereka? Ini dia.


1. Capricorn

Capricorn, Anda adalah tanda zodiak yang paling mungkin untuk membohongi orang. Anda memiliki beberapa kualitas luar biasa — dorongan, karisma, dan sifat berorientasi karier Anda tidak tertandingi dalam zodiak. Namun, Anda bukan yang terbaik dalam hubungan romantis yang berkomitmen.

Anda adalah tipe orang yang dianiaya dalam suatu hubungan satu kali dan bersumpah tidak akan pernah berkomitmen lagi. Mengidentifikasi dan menyembuhkan luka masa lalu sangat penting. Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan dalam suatu hubungan: dengan kelembutan, cinta, dan komitmen.

2. Aquarius

Aquarius, sudah menjadi sifatmu untuk menyendiri dan benar-benar aneh. Dan tidak ada yang salah dengan itu, selama Anda memiliki saluran yang konstruktif untuk kepribadian Anda. Namun, terkadang Anda bisa begitu jauh secara emosional sehingga Anda tidak peduli dengan apa yang terjadi pada orang lain.

Anda dan Capricorn memiliki beban yang sama; Namun, Anda bahkan lebih jauh secara emosional daripada Caps karena Anda adalah tanda udara. Periksa dengan kenyataan secara teratur untuk memastikan Anda menghormati hubungan Anda. Dan berlatih mendengarkan dengan seksama!


3. Gemini

mengatasi cemburu hubungan cinta
ilustrasi perempuan menelepon/Photo by Anastasia Leonova on Unsplash

Gemini, Anda memiliki reputasi sebagai orang yang tidak dapat dipercaya dan itu tidak sepenuhnya tidak beralasan. Tanda Anda adalah si kembar, mewakili sifat ganda Anda. Sangat mudah bagi Anda untuk menjalani kehidupan ganda dengan cara yang sangat keren dan sangat teduh — Anda adalah tipe yang dapat berbaur dengan mudah dengan banyak kelompok sosial, tetapi juga tipe yang diam-diam dapat memulai dua keluarga.

Tetapkan batasan hubungan yang sehat dengan pasangan Anda dan gunakan kekuatan magis Anda untuk kebaikan, bukan kejahatan.

Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat
Infografis 4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya