4 Bahasa Tubuh yang Bisa Beri Kesan Buruk Pada Orang Lain

Terkadang, tidak hanya kata-kata, gerak tubuh dan bahasa tubuh kita juga bisa menimbulkan kesalahpahaman, meninggalkan kesan buruk pada orang lain.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 03 Agu 2022, 19:33 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2022, 19:28 WIB
Ilustrasi berkomunikasi, ngobrol
Ilustrasi berkomunikasi, ngobrol. (Photo by William Fortunato from Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang, tidak hanya kata-kata, gerak tubuh dan bahasa tubuh kita juga bisa menimbulkan kesalahpahaman, meninggalkan kesan buruk pada orang lain.

Oleh karena itu, ketahui beberapa gerakan umum yang bahkan tidak Anda sadari akan meninggalkan kesan buruk bagi orang lain.

Berikut beberapa bahasa tubuh yang meninggalkan kesan buruk pada orang lain, seperti melansir dari Pinkvilla, Rabu (3/8/2022).

1. Menyentuh wajahmu saat berbicara

Jika Anda menyentuh wajahmu saat berbicara dengan seseorang, Anda meninggalkan kesan buruk pada orang lain. Ini adalah gerakan yang sangat rendah daya dan Anda memproyeksikan kegugupan, kurang percaya diri serta kontrol.

Gerakan ini mematikan orang. Itu juga mengatakan bahwa Anda tidak memiliki pikiran dalam percakapan. Anda dinilai sebagai orang yang tidak tahu apa-apa atau tidak siap pada saat itu.

2. Menyilangkan tangan di belakang

Gerakan ini tampak seperti Anda tidak menyambut komunikasi lebih lanjut dari orang lain atau sangat sombong dan bahkan berwibawa. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak mempercayai orang lain.

Menurut psikolog, gerakan ini adalah cara untuk memberi tahu orang-orang bahwa Anda “tidak yakin” dengan mereka.

Semakin kuat genggamannya, semakin terlihat seperti Anda frustasi atau marah, atau bahkan gugup di sekitar orang tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Berdiri bersila

Ilustrasi ngobrol
Ilustrasi ngobrol. (Photo by Adam Winger on Unsplash)

Jika bukan karena memegang kantong empedu, maka gerakan ini sangat negatif. Ini melucuti kepercayaan dirimu dan kata-kata Anda tidak terlalu efektif.

Postur ini membuatmu terlihat kurang percaya diri atau cemas. Gerakan ini bersifat defensif terutama saat Anda menyilangkan kaki di tengah percakapan.

Sepertinya Anda memiliki sikap yang sangat tertutup yang tidak peduli dengan pendapat orang lain.

 


4. Kurang respons

Ilustrasi ngobrol
Ilustrasi ngobrol. (Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash)

Saat Anda menjadi bagian dari percakapan, Anda harus melakukan kontak mata dan menunjukkan bahwa Anda mendengarkan.

Jika Anda tidak menjawab, tidak melakukan kontak mata, bahkan tidak mengangguk atau tersenyum, Anda menunjukkan bahwa Anda tidak tertarik. Jadi penting untuk memberi isyarat.

Infografis Deretan Efek Negatif Marah bagi Kesehatan Tubuh
Infografis Deretan Efek Negatif Marah bagi Kesehatan Tubuh. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya