Jelang Real Madrid vs Barcelona, Kenali 4 Rivalitas Terkenal di Muka Bumi

Selain rivalitas Real Madrid dan Barcelona, di dunia juga terdapat rivalitas lain yang sangat terkenal.

oleh Dito Pramudyaseta diperbarui 15 Okt 2022, 16:16 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2022, 16:16 WIB
Momen Keakraban Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang Pernah Tertangkap Kamera
Kedua mega bintang dunia sepak bola ini memiliki rivaitas abadi. (AFP/Josep Lago)

Liputan6.com, Jakarta - Real Madrid pada Minggu (16/10) akan menjamu Barcelona pada Liga Spanyol 2022-2023. Duel El Clasico yang berlangsung sekitar pukul 21:15 WIB akan dimainkan di Santiago Bernabeu, Madrid.

Pertandingan Real Madrid vs Barcelona menjadi titik penting penentu siapa yang akan menguasai puncak klasemen sementara.

Perlu diketahui bahwa saat ini, baik Real Madrid maupun Barcelona, sama-sama mengantongi 22 poin dari jumlah delapan pertandingan.

Namun, Barcelona lebih berhak menduduki posisi puncak klasemen karena unggul selisih gol dari Real Madrid.

Sama seperti El Clasico sebelumnya-sebelumnya, pertandingan nanti dipastikan tidak akan lepas dari euforia para penggemar sepak bola seluruh dunia. Terlebih bagi penggemar di kedua kubu.

Seperti yang kita ketahui, kedua klub ini memiliki sejarah panjang penuh persaingan. Keduanya diakui sebagai raja dunia sepak bola Eropa dan memiliki kebanggaan sendiri yang mengalir di dalamnya.

Persaingan semakin memanas dan menarik perhatian dunia kala dua mega bintang sepak bola bermain di masing-masing klub itu. Real Madrid dengan Cristiano Ronaldo sedangkan Barcelona dengan Lionel Messi.

Kedua pemain bola itu bahkan menjadi rivalitas tersendiri yang sampai saat ini masih diperdebatkan.

Setelah kepergian Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dari masing-masing klub, persaingan antara Real Madrid dan Barcelona tidak serta merta luntur.

Rivalitas di antara keduanya tidak akan hilang. Akan selalu ada perdebatan di antara keduanya.

Selain rivalitas ini, di dunia juga terdapat rivalitas lain yang sangat terkenal, yang mungkin di beberapa kesempatan juga kalian ikuti perdebatannya. Berikut beberapa contohnya.


DC dan Marvel

[Bintang] DC dan Marvel
DC dan Marvel brsaing tidak hanya di sektor komik, tetapi juga game dan film . Foto: via batman-news.com

DC dan Marvel memang sudah terkenal sebagai rival abadi. Berawal dari komik, persaingan super mereka pindah ke serial TV (live action maupun animasi), gim (PC dan konsol), dan tentunya dunia film layar lebar.

Awalnya bisa dibilang bahwa pihak DC adalah juara dalam persaingan mereka. Terbukti dengan sangat terkenalnya tokoh Superman dan Batman yang tidak hanya menjadi ikon dalam dunia perkomikan, tetapi juga dunia perfilman.

Dari Marvel sendiri, hanya tokoh Spiderman yang mampu menyaingin kedua superhero ikonik tersebut.

Namun, saat The Avengers (2012) dirilis dan sukses besar, bisa dibilang DC mulai kalah dan takut akan tertinggal.

DC kemudian mulai mengikuti jejak rivalnya dengan membuat konsep cinematic universe juga di layar lebar, walau pada akhirnya kewalahan dan berantakan.

Perlu diketahui bahwa DC dibentuk pada 1934 dan Marvel pada 1939. Selama persaingan mereka, keduanya seringkali terinspirasi dengan masing-masing tokoh.

 

 


Samsung dan Apple

Handset Bermasalah, Apple-Samsung Kompak Tawarkan Ganti
Kamu pilih yang mana? Ada budget yang mana? (Phonearena)

Rivalitas kedua adalah antara Samsung dan Apple. Keduanya seringkali menjadi perdebatan ketika ada yang bertanya meminta saran harus membeli HP merk apa.

Kedua merk ini masih kerap bersaing dalam membuat ponsel pintar atau peralatan-peralatan elektronik lainnya. Setiap tahun, keduanya berusaha memberikan update berupa inovasi terbaru untuk menarik perhatian para konsumen.

Persaingan mereka kerap menarik perhatian masyarakat. Terbaru saat jelang peluncuran iPhone 14.

Saat itu Samsung menyindir Apple melalui sebuah iklan yang ditayangkan di kanal YouTube resmi Samsung US. Kedua merk tersebut sering kali menyinggung satu sama lain. 

 


Anjing dan Kucing

Selfie Kucing Bareng Anjing
Apa di balik layar anjing dan kucing sebenarnya saling berteman? (Sumber: Instagram/yoremahm)

Ini merupakan rivalitas paling penting untuk dibicarakan, anjing vs kucing. 

Di Indonesia sendiri, sebenarnya mayoritas masyarakat lebih memiih kucing sebagai binatang peliharaan terbaik.

Hal itu karena masih banyaknya anggapan bahwa anjing itu hewan yang kotor, berbahaya, dan membutuhkan biaya mahal untuk dirawat.

Di dunia, persaingan kedua hewan ini lebih seimbang. Misalnya Jepang. Walau di berbagai budaya pop Jepang lebih sering menampilkan kucing sebagai hewan peliharaan yang dimiliki manusia, sebetulnya anjing juga menjadi primadona di sana. Terlebih anjing jenis Shiba.

Lalu di Amerika Serikat. Hampirsemua rumah memiliki hewan peliharaan anjing. 

Dilansir situs World Population Review, secara global, sekitar sepertiga dari semua rumah tangga di dunia memiliki setidaknya satu anjing.

Bukan hal yang aneh jika sebuah rumah tangga memiliki lebih dari satu anjing yang tinggal di dalamnya.


K-Pop dan J-Pop

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. (AP)

Satu lagi rivalitas yang ada di bumi. K-Pop dengan J-Pop, yang tentu saja dalam pembahasan ini mengarah pada industri hiburan secara keseluruhan.

Beberapa tahun belakangan ini, demam K-Pop melanda dunia dalam bidang musik. Yakni melalui girlband dan boyband-nya. Sebut saja BTS, BLACKINK, EXO, dan lain-lain.

Sebelumnya, hiburan dari negeri ginseng lebih dulu dikenal dalam bentuk serial drama, atau yang biasa disebut drakor. Contohnya Boys Over Flowers, Naughty Kiss, dan banyak lagi.

Untuk J-Pop, mereka belum seterkenal musik korea. Namun, untuk industri huburan anime atau yang biasa diartikan sebagai animasi Jepang, mereka lebih dulu dikenal oleh dunia.

Anime-anime Jepang lama dan baru sudah menghiasi TV orang-orang di dunia. Beberapa anime jadul terkenal contohnya adalah Doraemon, Dragon Ball, Samurai X, Pokemon dan lain-lain. 

Kedua komunitas seringkali ditemukan saling beradu argumen. Padahal, keduanya sama-sama sering menjadi korban.

Contohnya dalam ungkapan yang sering ada di kolom komentar, seperti 'foto profilnya korea/anime, diemin aja'.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya