H-7 Jalani Laga Perdana Piala Dunia 2022, Prancis Kehilangan Christopher Nkunku yang Mengalami Cedera Saat Latihan

H-7 Jalani Laga Perdana Piala Dunia 2022, Prancis Kehilangan Christopher Nkunku yang Mengalami Cedera Saat Latihan

oleh Muhammad Farhan diperbarui 16 Nov 2022, 12:30 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2022, 12:30 WIB
Latihan timnas Prancis jelang laga Piala Dunia 2022 Qatar
(Dari kiri) Pemain timnas Prancis Karim Benzema, Marcus Thuram dan Christopher Nkunku mengikuti sesi latihan di kamp pelatihan tim di Clairefontaine-en-Yvelines, selatan Paris, Selasa (15/11/2022). Prancis akan melakoni laga perdana grup D melawan Australia pada 23 November 2022. (Bertrand GUAY / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar buruk menimpa penyerang andalan Timnas Prancis Christopher Nkunku yang mengalami cedera saat skuad Timnas Prancis jalani sesi latihan dan juga sudah dipastikan absen gelaran Piala Dunia 2022.

Berita tersebut telah dikonfirmasikan langsung Timnas Prancis melalui akun Instagram resminya.

"Cedera dalam pelatihan, Christopher Nkunku harus kehilangan Piala Dunia 2022. Seluruh skuad membagikan kesedihan Christopher dan juga mendoakan ia cepat pulih," tulis pernyataan Timnas Prancis, dikutip dari laman resmi Instagram @equipedefrance, Rabu (16/11/2022).

Menurut laporan dari ESPN, Bintang RB Leipzig itu mengalami keseleo pada lutut kirinya usai terlibat duel perebutan bola dengan Eduardo Camavinga, pada Selasa, 15 November 2022 waktu setempat.

Selanjutnya, Prancis sendiri akan melakoni pertandingan perdana mereka melawan Australia dalam waktu seminggu lagi atau tepatnya pada 23 November 2022. Di dalam peraturan FIFA memperbolehkan tim untuk mengganti pemain yang cedera hingga 24 jam sebelum pertandingan pertama mereka.

Federasi Prancis akan segera diumumkan pengganti Christopher Nkunku setelah berkas rekap medisnya dikirim ke FIFA yang sudah divalidasikan.

Sebelumnya pada Senin lalu, tim berjuluk Les Bleus sudah mengumumkan pemanggilan striker Borussia Monchengladbach Marcus Thuram dan bek Monaco Axel Disasi.

Axel Disasi sendiri masuk ke skuad Prancis untuk gantikan bek tengah PSG Presnel Kimpembe dicoret yang divonis cedera hamstring.

Dengan demikian, Christopher Nkunku kemungkinan tidak langsung disuruh pulang ke klubnya RB Leipzig, tapi akan menjadi pemain cadangan sama halnya seperti Karim Benzema dan Kylian Mbappe tetap berada di skuad skuad Didier Deschamps.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Badai Cedera

Foto: Daftar 6 Pemain Top yang Terancam Absen di Piala Dunia 2022 Qatar Akibat Cedera Bersama Klub yang Dibelanya
N'Golo Kante. Gelandang bertahan Chelsea berusia 31 tahun ini terancam tidak akan tampil bersama Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 Qatar yang akan menjadi Piala Dunia keduanya setelah edisi 2018. Saat ini ia tengah mengalami cedera otot kaki yang didapatnya saat The Blues bermain imbang 2-2 dengan Totenham Hotspur di pekan ke-2 Liga Inggris 2022/2023 (14/8/2022). (AFP/Glyn Kirk)

Badai cedera menerpa Timnas Prancis jelang Piala Dunia 2022. Sebelumnya, mereka datang ke Qatar sudah keadaan pincang, sebabnya sebagian pemain pilar nya diterpa cedera. Kini mereka harus kehilangan Christopher Nkunku dibekap cedera setelah sesi latihan berlangsung.

N'Golo Kante dan Presnel Kimpembe sama-sama diterpa cedera hamstring. Kante sendiri memang sudah absen bela Chelsea sejak Agustus lalu. Namun, keadaan memburuk setelah proses recoverynya mengalami kemunduran sehingga Kante harus menepi selama empat bulan.

Sementara Kimpembe juga sama halnya Kante karena proses pemulihan cedera achilles tak berjalan sesuai harapan. Memang belakangan ini bek milik PSG itu kerap kerap diterpa cedera. Sebelum cedera achilles, pemain berusia 27 itu menepi satu setengah bulan karena cedera hamstring pada awal September lalu.

Selanjutnya, Paul Pogba alami cedera meniskus lateral kaki kanannya. Dia sukses menjalani operasi pada Senin, 5 September 2022.

Meski proses operasinya berjalan lancar, Pogba gagal fit tepat waktu Piala Dunia. Alhasil, dia harus menepi usai gelaran ajang terbesar itu selesai.

Selain itu, Karim Benzema juga masih dalam masa pemulihan. Sebelumnya, ia diterpa cedera otot paha kala berjumpa Celtic di Liga Champions sampai ia absen beberapa pertandingan berikutnya.

Tak cukup di situ saja, Benzema kembali dibekap cedera ringan bagian lututnya kala melakukan pemanasan sebelum laga vs Sevilla. Meski begitu, Benzema tetap dipanggil oleh Didier Deschamps di skuad Prancis untuk menambah amunisi lini serang.


Skuad Prancis, Sebelum Diumumkan Pengganti Nkunku

Tim Grup D Piala Dunia 2022 Qatar - Timnas Prancis
Ilustrasi Timnas Prancis. (AFP/Franck Fife)

Kiper: Hugo Lloris, Steve Madanda, Alphonse Areola

Bek: Raphael Varane, Benjamin Pavard, Lucas Hernandez, Axel Disasi, Jules Kounde, Theo Hernandez, William Saliba, Dayot Upamecano, Ibrahima Konate

Gelandang: Adrien Rabiot, Aurelien Tchouameni, Matteo Guendouzi, Jordan Veretout, Eduardo Camavinga, Youssouf Fofana

Penyerang: Olivier Giroud, Antoine Griezmann, Karim Benzema, Kylian MBappe, Kingsley Coman, Marcus Thuram, Ousmane Dembele, Christopher Nkunku


Jadwal Timnas Prancis

Piala Dunia - Ilustrasi Timnas Prancis
Piala Dunia - Ilustrasi Timnas Prancis (Bola.com/Adreanus Titus)

Piala Dunia 2022, Timnas Prancis masuk ke dalam Grup D yang akan menghadapi Denmark, Tunisia, dan Australia.

Berikut jadwal Timnas Prancis selama melakoni pertandingan di fase grup:

Rabu, 23 November 2022

02.00 WIB: Prancis vs Australia

Sabtu, 26 November 2022

23.00 WIB: Prancis vs Denmark

Rabu, 30 November 2022

22.00 WIB: Tunisia vs Prancis

Infografis Grup D Piala Dunia 2022
Infografis Grup D Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya