Mengenal Tipe Kepribadian Introvert, Ciri dan Kelebihannya

Individu yang introvert lebih suka menyendiri untuk mengumpulkan energinya.

oleh Azizah Savira diperbarui 17 Nov 2022, 06:03 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2022, 06:03 WIB
Ilustrasi Introvert
Ilustrasi Introvert. (Sumber: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Introvert dikenal individu dengan kepribadian yang cenderung fokus pada pikiran, perasaan, dan suasana hati yang berasal dari dalam diri sendiri. Selain itu, pemilik kepribadian ini sering disalahartikan sebagai pemalu. Padahal, introvert dan pemalu tidaklah sama.

Dilansir dari Verywellmind, Rabu (16/11/2022), individu yang pemalu cenderung merasa khawatir dan tidak nyaman ketika berada dalam situasi sosial tertentu, khususnya bila harus berinteraksi dengan orang yang tidak dikenalnya.

Para ahli menggolongkan sikap pemalu sebagai salah satu bagian dari gangguan mental. Gangguan ini termasuk ke dalam gangguan kecemasan sosial, meski masih tergolong ringan.

Sementara itu, individu yang introvert lebih suka menyendiri untuk mengumpulkan energinya. Namun, mereka sebenarnya tidak ada masalah bila harus berada dalam situasi sosial.

Introvert tentu menjadi tipe kepribadian yang bertolak belakang dengan ekstrovert. Sebenarnya setiap orang memiliki unsur introvert dan ekstrovert pada diri masing-masing. Akan tetapi, ada yang lebih didominasi oleh kepribadian introvert dan ada yang lebih didominasi dengan karakteristrik ekstrovert.

Mengetahui apakah diri kamu termasuk introvert maupun ekstrovert bisa dibilang cukup penting. Selain lebih bisa mengenal diri sendiri, hal ini juga membantu kamu dalam memperoleh dan memusatkan energi dengan cara yang tepat dan efektif.

Untuk mengenal kepribadian introvert secara mendalam, ada beberapa ciri yang sering membuat seseorang dikatakan introvert, misalnya:

1. Sibuk Sendiri dengan Waktunya

Kepribadian introvert biasanya lebih sering menyendiri, karena di saat sendiri ia merasa lebih bersemangat mengerjakan sesuatu dan fokus dengan apa yang dikerjakannya.

Selain itu, introvert sering menikmati dan fokus saat membaca, menulis, melukis, mendengarkan juga fokus pada imajinasi. 

Yang mungkin saja kita tak bayangkan sebelumnya, para introvert bisa melukis dengan gambar super indah. Terkadang di kegiatan lain ia melakukan pekerjaan secara sendiri agar tidak merepotkan orang lain.


2. Menghargai Privasi

Ilustrasi Introvert
Ilustrasi Introvert. (Sumber: Unsplash)

 

Privasi adalah masalah pribadi dan harus dihormati sebaik mungkin. Apapun yang bersifat privasi itu memang sangat sensitif, apalagi ketika seseorang bercerita kepadamu, mungkin saja kamu menjadi bagian yang ia percayai untuk menjadi pendengar baik.

Biasanya individu yang mempunyai sifat introvert lebih menjaga privasinya. Maka dari itu, beruntunglah kamu menjadi pendengar seorang introvert karena kamu menjadi orang terpilih sebagai orang yang jujur dan penyimpan rahasia yang baik.

3. Memiliki Lingkar Pertemanan Sedikit 

Introvert tidak selalu ingin sendirian di hari-harinya. Mereka mungkin lebih suka pertemanan kecil dan intim dengan orang-orang yang mereka kenal.

Pertemanan seorang introvert bukan karena ia tak ingin banyak teman, tapi ia lebih memilih teman yang satu frekuensi (sepemikiran) dan menjaga hubungan pertemanan yang berkualitas.


4. Sensitif, Intropeksi dan Rasa Ingin Tahu

Ciri-ciri introvert
Ciri-ciri introvert (sumber: Unsplash)

Introvert memiliki proses pemikiran batin yang sangat aktif dan begitu peka. Itu pun menuntun mereka menuju intropeksi diri dan meneliti hal-hal yang kurang pas. 

Selain itu, rasa pengetahuan yang tinggi membuatnya sering mencari informasi melalui membaca, mendengarkan dengan seksama yang membuat dirinya lebih merasa tenang jika mendapatkan jawaban yang puas.

5. Bekerja Sendiri

Dalam hal melakukan pekerjaan, ia lebih suka bekerja sendiri daripada berkelompok. Bukannya tidak ingin bekerja sama, hanya saja saat melakukan sendiri lebih fokus dan terperinci.

Karena saat menyendiri, seorang introvert lebih produktivitas. Ia lebih suka cara mengolah pikirannya dengan maksimal dan merasa tenang jika melakukannya sendiri.

Meskipun bekerja sendirian, seorang introvert selalu menerima pendapat yang sekiranya lebih baik.


Sifat Positif Introvert

Introvert
Introvert (sumber: Unsplash)

Meskipun introvert selalu khas dengan kesendirian atau mempunyai sifat yang mandiri yang berbeda dengan seseorang berkepribadian extrovert. Tapi ada beberapa keistimewaan kepribadian introvert yaitu:

1. Pemimpin yang Baik

Biasanya seorang introvert selalu memikirkan jalan keluar yang ia mulai. Mengenali masalahnya, menganalisa dugaan permasalahan, mencari bagaimana memecahkan masalahnya, dan melakukan tindakan nyata.

Seperti beberapa tokoh introvert yang menjadikan inspirasi berpengaruh di dunia seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates dan Albert Einstein.

Siapa sangka penemu dan ilmuwan tersebut adalah seorang introvert, yang memanfaatkan kelebihannya (pikirannya) menjadi suatu hal yang luar biasa.

2. Pendengar yang Baik

Tidak banyak orang bisa menjadi pendengar yang baik, terkadang memang kenyataannya sulit meskipun hanya untuk mendengar, apalagi biasanya sebagian orang yang berkepribadian ekstrovert lebih sering memotong pembicaraan seseorang.

Ketika seseorang bercerita, introvert akan mendengarkan dengan cara seksama, membayangkan, dan berpikir untuk mengolah informasi lalu memberikan respons atau masukan.

Maka dari itu introvert cenderung memerlukan waktu untuk memikirkan dahulu pertanyaan sebelum ia menyampaikan pernyataan dan solusi.


3. Penulis yang Hebat

7 Zodiak Introvert yang Menikmati Bekerja di Rumah Selama Pandemi
Deretan zodiak introvert ini paling menikmati bekerja di rumah selama pandemi. (pexels/ivan samkov).

Siapa yang tak asing dengan film fiksi Harry Potter yang sangat terkenal dari masa ke masa? Di balik film Harry Potter ini terdapat penulis yang jenius, imajinatif dengan pemikiran yang luas yaitu J.K Rowling.

Tak salah jika banyak nominasi yang ia dapat, detail alur cerita yang ia buat menjadikan film tersebut menjadi imajinasi yang luar biasa para pecinta layar lebar. Selain novel Harry Potter, ia menulis novel lainnya dengan genre detektif, jauh berbeda dari film Harry Potter itu sendiri, dan siapa sangka nama penulisnya pun memakai nama alias yaitu Robert Galbraith.

J.K Rowling ini seorang yang introvert, ia suka mengembangkan imajinasi dan memaksimalkan potensinya.

4. Menyukai Hal Sederhana            

Mencium aroma petrichor (tanah basah setelah hujan), melihat pelangi yang jarang muncul, mendengar suara cuitan burung di pagi hari, mungkin sebagian orang menganggap ini hal yang sepele atau sering mengabaikannya.

Tetapi introvert sangat senang dan merasa bahagia menemukan keistimewaan yang nyata jika alam bersenandung dan menampilkan keindahan yang alami. Sederhana tapi menyentuh perasaan yang membuat introvert merasa bahagia.

Infografis Jangan Lengah terhadap Covid-19, Ayo Skrining Pribadi Sebelum Keluar Rumah. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Jangan Lengah terhadap Covid-19, Ayo Skrining Pribadi Sebelum Keluar Rumah. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya