Rahasia Diet 4 Bintang Piala Dunia 2022, dari Messi hingga Neymar

Berikut empat kebiasaan diet dari pemain bola Piala Dunia 2022.

oleh Renta Nirmala Hastutik diperbarui 14 Des 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 15:00 WIB
Ilustrasi - Lionel Messi, Harry Kane, Kylian Mbappe, Neymar, Cristiano Ronaldo Piala Dunia 2022
Ilustrasi - Lionel Messi, Harry Kane, Kylian Mbappe, Neymar, Cristiano Ronaldo Piala Dunia 2022 (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Liputan6.com, Jakarta - Performa dan stamina menjadi komponen terpenting bagi pesepak bola. Karena kemampuannya dalam memainkan bola guna menciptakan gol, atau menjaga pertahanan agar tidak goyah dalam permainan tergantung dari performa yang mereka miliki.

Selain itu, performa dan stamina juga membantu membangkitkan konsentrasi dan fokus para pemain selama pertandingan.

Piala Dunia menjadi salah satu kompetisi sepak bola yang paling dinanti-nantikan oleh seluruh masyarakat di penjuru dunia.

Dalam laga tingkat dunia ini akan mempertemukan tim-tim terkuat yang siap untuk bertanding dan memperebutkan gelar juara dengan membawa trofi kemenangan pulang ke negaranya dengan sejarah baru yang tercatat.

Untuk itu setiap pemain-pemain yang akan berlaga dalam Piala Dunia 2022 saat ini selalu menjaga kesehatan, stamina dan performa mereka, tak terkecuali para pemain bintang yang menjadi andalan.

Mereka memiliki jadwal dan makanan-makanan khusus yang nantinya bisa memperkuat stamina dan menaikkan fokus selama pertandingan berlangsung.

Mengutip dari The Daily Star, Rabu (14/12/2022), berikut empat diet yang dilakukan para bintang Piala Dunia 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Lionel Messi (Argentina)

Argentina Lolos ke Final Piala Dunia 2022 Usai Taklukkan Kroasia
Penyerang Argentina, Lionel Messi berselebrasi usai mencetak gol lewat penalti ke gawang Kroasia pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Rabu (14/12/2022). Argentina menang telak atas Kroasia dengan skor 3-0. (AP Photo/Martin Meissner)

Percaya atau tidak, salah satu GOAT (Greatest of All Time) ini dulunya memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat dengan minuman bersoda dan makanan cepat saji sebagai favoritnya.

Pada tahun 2014, atlet Argentina ini merekonstruksi kebiasaan makannya dengan arahan seorang ahli gizi, Giuliano Poser yang mengubah pola makannya.

Giuliano Poser merekomendasikan diet Mediterania yang mencakup lima makanan utama termasuk air, minyak zaitun, biji-bijian, buah segar, dan sayuran untuk ditetapkan sebagai menu utama diet Messi.

Kombinasi ini pada dasarnya memperkuat otot-otot pemain melalui asupan nutrisi yang baik yang sesuai dengan tubuh Messi yang bertujuan untuk menjaga kebugarannya dan meningkatkan fisiknya untuk tampil pada level optimalnya.


2. Neymar Jr (Brasil)

12 Gaya Rambut Pemain Piala Dunia 2022 yang Curi Perhatian
Pemain Brasil Neymar melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kroasia pada pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, 9 Desember 2022. Dikenal kerap ganti gaya rambut, untuk Piala Dunia 2022 Neymar mengecat pirang rambut hitamnya. (AP Photo/Martin Meissner)

Neymar telah memenangkan hati jutaan orang karena penampilannya yang luar biasa di lapangan bersama tim nasional Brasil dan di sepak bola klub bersama Barcelona dan PSG.

Dia bukan seorang binaragawan seperti Ronaldo, dia juga tidak memiliki otot yang kokoh seperti Messi, jadi apa rahasia di balik kebugaran Neymar?

Ketika ia awalnya bergabung dengan Barca, para ahli diet merasa ragu dengan kinerjanya melihat anggota tubuhnya yang kurus.

Oleh karena itu, diet khusus dirancang untuknya dengan tingkat aktivitas yang begitu intens sampai dia berada di jalur yang tepat. Kini, asupan makanan Neymar dibagi menjadi tiga bagian yaitu karbohidrat, protein dan lemak, serta vitamin dan nutrisi mikro.


3. Kylian Mbappe (Prancis)

Foto: Barisan 7 Pencetak Brace Pertama di Piala Dunia 2022, Calon Top Skor Nih
Kylian Mbappe. Striker Timnas Prancis berusia 23 tahun ini mencetak brace di Piala Dunia 2022 pada laga matchday kedua di Grup D menghadapi Denmark (26/11/2022). Pada laga yang dimenangi Prancis 2-1 tersebut, Kylian Mbappe mencetak dua golnya pada menit ke-61 dan 86. Sementara pada matchday pertama menghadapi Australia (22/11/2022) saat Prancis menang 4-1 atas Australia, ia menyumbang 1 gol dan 1 assist, yang membuatnya memimpin daftar top skor sementara dengan raihan 3 gol bersama pemain Ekuador, Enner Valencia. (AP/Martin Meissner)

Sudah menjadi bintang Piala Dunia 2022, Mbappe menampilkan penampilan yang apik di lapangan yang membuatnya disorot. Selain itu, dia juga memiliki fisik dan kebugarannya yang luar biasa.

Sementara dalam perjalanannya untuk menggantikan Ronaldo dan Messi sebagai pemain terbaik di dunia, Mbappe telah mengambil satu atau dua poin dari diet bintang sepak bola tersebut.

Seperti Ronaldo, Mbappe mengonsumsi enam kali makan sehat sehari, tanpa ruang untuk makan yang sulit bagi siapa pun untuk menolak dan akan lebih sulit lagi untuk mencapai tingkat ketahanannya!

Makanannya sebagian besar terdiri dari karbohidrat dan protein yang berlimpah. Selain itu, sama seperti Benzema, Mbappe membatasi konsumsi daging hingga tingkat minimum.


4. Robert Lewandowski (Polandia)

Foto: 7 Striker dengan Catatan Hattrick Terbanyak di Laga Internasional, Cristiano Ronaldo Patahkan Rekor Sven Rydell
Robert Lewandowski. Striker Timnas Polandia berusia 33 tahun ini telah membuat 6 hattrick dari total 72 gol dalam 127 laga internasional. Hattrick pertamanya dibuat saat ia mencetak 4 gol ke gawang Gibraltar pada kualifikasi Piala Eropa, 7 September 2014 yang berkesudahan 7-0. (AFP/Pool/David Ramos)

Salah satu striker terbaik di dunia ini juga menjadi salah satu yang paling bugar, berkat kebiasaan makan yang dirancang oleh istrinya, Anna Lewandowska yang merupakan peraih medali Piala Dunia Karate dan instruktur kebugaran.

Disebut "diet makan mundur" ini berarti tidak seperti orang lain, dia makan makanan penutup terlebih dahulu diikuti oleh hidangan utama dan terakhir makanan pembuka.

Meskipun ia memilih untuk menentang kebiasaan makan yang biasa, Lewandowski memuji kecemerlangannya yang dipercepat dalam performa karena pola makannya yang terbalik.

Biasanya, pemain internasional Polandia ini memulai makannya dengan brownies yang terbuat dari cokelat murni. Lalu diikuti dengan nasi atau daging dari produsen terpilih dan mengakhiri makannya dengan sup atau salad.

Infografis Head to Head Prancis vs Maroko di Semifinal Piala Dunia 2022
Infografis Head to Head Prancis vs Maroko di Semifinal Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya