Tak Perlu ke Gym, Berikut 4 Olahraga Sederhana yang Bisa Kalian Lakukan di Rumah

Ada beberapa latihan sederhana yang bisa dilakukan di rumah saja tanpa harus ke gym, apa saja?

oleh Nanda Rabita Nur Ilahiyah diperbarui 29 Des 2022, 16:45 WIB
Diterbitkan 29 Des 2022, 16:45 WIB
Potret Berjalan Kaki Santai di Alam Terbuka
Ilustrasi berjalan kaki santai di alam terbuka sebagai upaya untuk mengurangi stress. source: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Seperti diketahui bahwa olahraga cukup penting bagi kesehatan tubuh serta memberikan banyak manfaat. Tak heran jika kita dianjurkan untuk seseorang agar rutin berolahraga.

Banyak orang yang ketika berolahraga akan mendatangi tempat gym atau pusat kebugaran karena fasilitasnya yang lengkap, serta di sana disediakan para trainer andal untuk memandu para member atau anggotanya agar mendapatkan tubuh ideal.

Namun, diketahui harga member untuk nge-gym cukup mahal. Itu sebabnya banyak orang menjadi malas latihan fisik sebab itu tadi dan memperhitungkan kembali biaya untuk pergi ke tempat gym. Namun jangan khawatir, pasalnya ada beberapa latihan sederhana yang bisa dilakukan di rumah saja. Dilansir dari laman NU Online, Kamis (29/12/22) berikut ulasannya:

1. Jalan santai

Jalan santai merupakan salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah. Tidak hanya itu, dengan olahraga ini kamu tidak perlu memikirkan untuk menyempatkan waktu untuk keluar atau mengunjungi gym, bahkan kamu juga bisa hemat biaya. Seperti misalnya dengan berkeliling ruang tamu, kamar sampai dapur, atau mungkin juga bisa dengan jalan santai di halaman rumah.

2. Naik turun tangga

Selanjutnya, naik turun tangga juga termasuk olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Tidak hanya dilakukan dengan cukup sederhana, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Di antaranya menguatkan jantung dan paru-paru. Diketahui, naik turun tangga termasuk ke dalam latihan kardio. Latihan ini dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Sehingga, hal itu tentunya akan menyebabkan aliran darah dan oksigen yang ada di seluruh tubuh lancar. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Lari di tempat

Potret Najwa Shihab saat Jogging, Jadikan Lari Sebagai Healing
Najwa Shihab memiliki hobi lari untuk melepas penat. Najwa Shihab senang sekali jogging ketika waktu senggang. Momen jogging di Stadion Gelora Bung Karno bersama Susi Pudjiastuti curi perhatian karena keduanya terlihat sumringah saat lari santai bersama. (Liputan6.com/IG/@najwashihab)

Olahraga selanjutnya yang juga bisa dilakukan di rumah adalah lari di tempat. Olahraga ini bahkan tidak memerlukan banyak tempat dan alat. Serta, diketahui memiliki manfaat yang sama dengan jogging.

Adapun, manfaat yang didapatkan, yaitu menyehatkan jantung dan paru-paru. Selain itu, lari di tempat juga membantu menguatkan otot-otot yang ada di kaki dan perut serta menambah kebugaran. Bahkan, bisa juga menurunkan berat badan karena dapat membakar lemak.


4. Senam

Cantika Felder dan ibunya, Minati Atmanagara saat menjadi instruktur senam
Cantika Felder dan ibunya, Minati Atmanagara saat menjadi instruktur senam. (YouTube/Fit with Cantika)

Selanjutnya yakni olahraga dengan youtube, yakni mengikuti panduan senam dari sebuah video di channel kebugaran yang ada di media sosial, yakni YouTube. Tanpa memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk pergi ke gym, di sini kamu hanya perlu membuka aplikasi YouTube di ponsel atau laptop masing-masing. Di sana juga sudah tersedia beragam channel olahraga yang siap memenuhi kebutuhan kamu. Mulai dari fitness, zumba, pilates, dan home workout lainnya.


Supaya Jadi Rutinitas, Ini 5 Cara Temukan Olahraga yang Cocok Denganmu

Ilustrasi olahraga, stretching
Ilustrasi olahraga, stretching, peregangan. (Gambar oleh Irina L dari Pixabay)

Sungguh menyenangkan jika sudah menemukan olahraga yang cocok dengan diri kita sendiri. Sesuai dengan kemampuan fisik, menjalaninya tanpa paksaan, dan bahagia walaupun dilakukan secara berulang dalam kurun waktu tertentu. 

Semua itu dapat membuat kita memiliki rutinitas yang menyehatkan tubuh. Efeknya, aura positif jadi lebih terpancar dan pikiran pun jadi lebih mudah memilah mana aktivitas yang sifatnya prioritas. 

 Namun, untuk menemukan olahraga yang cocok dengan diri tentu tidak mudah. Apalagi banyaknya pilihan kegiatan latihan fisik. Untuk mendapatkan jawabannya. kamu bisa mengetahuinya dari beberapa ulasan berikut seperti dikutip dari laman the12thman.in: 

Tanya ke Teman atau Pasangan Kamu Menanyakan rekomendasi ke orang lain, terutama teman dekat atau pasangan bisa jadi cara terbaik untuk menemukan olahraga yang cocok denganmu. Kenapa? Itu karena biasanya mereka lebih kenal dengan kamu. Jadinya akan memberi saran yang memang sesuai dengan kemampuan. 

Setelah sudah mendapat beberapa rekomendasi olahraganya, diskusikan dengan mereka. Kira-kira olahraga mana yang paling sesuai dan masuk akal jika dilakukan bersamaan dengan kegiatan sehari-hari.  

Selengkapnya...

Infografis Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Bepergian? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Bepergian? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya