5 Tipe Kepribadian Pekerja Keras Berdasarkan MBTI

Berikut lima tipe kepribadian dalam bekerja keras berdasarkan jenis MBTI.

oleh Renta Nirmala Hastutik diperbarui 04 Jan 2023, 14:02 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2023, 14:02 WIB
Alasan Pentingnya Membicarakan Kekerasan di Tempat Kerja
Jangan diam saja, ungkapkan kepada rekan kerja akan kekerasan apa yang telah dialami agar tak ada korban lain yang mengalaminya. (Foto: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Individu pekerja keras cenderung menjadi salah satu yang paling dikagumi. Mereka termotivasi, optimis, dan tidak keberatan bekerja ekstra untuk menyelesaikan tugas.

Seringkali, orang-orang yang didorong oleh tujuan ini memiliki keinginan bawaan untuk menyelesaikan sesuatu dan dorongan mereka tampaknya menjadi bagian dari sifat alami mereka. Mungkin memang demikian, karena para ahli mengatakan bahwa ada tipe kepribadian berdasarkan MBTI tertentu yang cenderung paling pekerja keras.

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) pertama kali dikembangkan pada pertengahan abad ke-20 oleh Isabel Briggs Myers dan ibunya, Katharine Cook Briggs.

Setelah kalian menjawab serangkaian pertanyaan, tes ini menentukan apakah kalian condong ke arah Extraversion (E) atau Introversion (I) lebih suka menggunakan Sense (S) atau Intuition (N) cenderung lebih Thinking (T) atau Feeling (F) dan lebih Judging (J) atau Perceiving (P).

Huruf-huruf ini disusun untuk membentuk 16 tipe kepribadian yang berbeda, yang diidentifikasi dengan akronim empat huruf.

Tergantung pada hasil kalian, tes ini akan mengungkapkan kekuatan dan kelemahan yang berbeda, preferensi dan kecenderungan, dan beberapa hal yang mungkin tidak pernah kalian sadari tentang diri kalian.

Jadi, jika kalian menemukan bahwa kalian selalu ingin menyelesaikan sesuatu dan merasakan pencapaian, tipe kepribadian kalian mungkin bisa memberi saran tentang apa dan bagaimana yang harus dilakukan. 

Mengutip dari Best Life, Selasa (26/12/2022), berikut lima tipe kepribadian dalam bekerja keras berdasarkan jenis MBTI:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. INTJ

Kerja Kantoran
Ilustrasi Kerja Kantoran (sumber: unsplash)

INTJ adalah kepribadian yang unik karena mereka adalah para introvert, intuitif, pemikir, dan penilai cenderung menjadi pekerja keras. Tetapi yang membuat mereka menonjol adalah fleksibilitas dan kemauan mereka untuk menemukan "solusi yang lebih efektif."

Menjadi lebah pekerja bagi sebagian orang berarti hanya mengikuti arus dan mengikuti aturan, tetapi INTJ bukan tipe orang yang melakukan ini. Para INTJ akan mematuhi hukum yang masuk akal secara logika, tetapi mereka akan menentang hukum yang tidak masuk akal.

Sederhananya, INTJ tidak memiliki masalah dengan mengambil jalan pintas, selama itu membuat mereka lebih dekat dengan tujuan akhir mereka.

Jalan pintas lebih seperti membuka jalan yang bermanfaat dan efisien di mata mereka. INTJ mengerahkan banyak upaya untuk belajar dan menyelesaikan tugas, tetapi mereka sering melakukannya secara tidak wajar.


2. ENTJ

Berusaha Bersikap Netral
Ilustrasi Rekan Kerja yang Toxic Credit: unsplash.com/Linkedin

ENTJ berbeda dari INTJ berkat sifat ekstrovert mereka, tetapi mereka juga masuk dalam daftar MBTI yang paling termotivasi untuk bekerja keras.

"ENTJ didorong oleh keinginan untuk berprestasi," kata Megan Harrison, LMFT dan pakar hubungan dari Couples Candy. "Mereka mencari cara untuk membuat kehidupan orang lain lebih baik dan berusaha untuk menjadi pemimpin dan panutan yang hebat. Ini bisa berarti bahwa mereka terdorong untuk mencapai lebih dari yang lain karena hal itu memberi mereka rasa tujuan dan pencapaian."

ENTJ juga berkembang ketika mereka memegang kendali, tetapi mereka tidak mencari kekuasaan dengan cara yang mereka lakukan.

Sementara kebanyakan orang termotivasi oleh kekuatan eksternal seperti uang, status, atau pengakuan, ENTJ didorong oleh motivasi internal. Mereka ingin mengendalikan kehidupan mereka sendiri dan kehidupan orang lain.

Mereka ingin memimpin, mengarahkan, dan mengelola orang dan proyek sehingga mereka bisa mencapai tujuan yang penting bagi mereka.

Berbicara mengenai hal ini, para ekstrovert ini sangat menghargai kebebasan mereka, dan mereka ingin memimpin sehingga mereka tidak harus tunduk pada aturan orang lain. ENTJ tidak memiliki masalah untuk mengambil alih dan bekerja menuju suatu tujuan, selama mereka bisa menentukan keputusan yang tepat.


3. ISTJ

perempuan kerja
Ilustrasi dua orang perempuan yang sedang kerja/copyright unsplash.com/Brooke Cagle

Orang yang introvert, sering mendorong diri mereka sendiri untuk menjadi yang terbaik yang mereka bisa tidak peduli betapa sulitnya pekerjaan itu.

ISTJ secara konstan berusaha meningkatkan dan mendobrak batas-batas baru terkait pertumbuhan individu mereka. Mereka adalah orang-orang yang ulet, bangga dengan pekerjaan mereka dan secara aktif bekerja untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri.

Selain itu, orang dengan tipe kepribadian ini berusaha keras untuk menguasai keterampilan baru dan sering menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Ketika mereka menetapkan pikiran mereka untuk sesuatu, mereka akan meluangkan waktu untuk mengumpulkan semua informasi yang diperlukan sebelum bergerak, yang hanya merupakan bagian dari persona logis mereka.

ISTJ adalah introvert yang mengandalkan fakta dan detail daripada intuisi dan indera. Alih-alih memilih untuk menjadi spontan, individu-individu ini mengandalkan organisasi dan perencanaan semata.


4. ESTJ

Ilustrasi orang bekerja
Ilustrasi orang bekerja. Sumber foto: unsplash.com/Brooke Cagle.

Mencermikan karakter ekstrovert ESTJ tidak memiliki masalah dalam memimpin orang dan mengatur rencana-dan tidak ada yang akan terlewatkan dalam pengawasan mereka.

Kepribadian ESTJ selalu memberikan segalanya dalam pekerjaan mereka dan memperhatikan bahkan detail terkecil. Mereka selalu membuat rencana sebelumnya dan sangat terstruktur dan terorganisir. Mereka senang menghabiskan waktu bersama orang lain dan mampu memimpinnya.

Meskipun mereka terdorong untuk menyelesaikan tugas yang ada, mereka juga mampu berhubungan dengan orang-orang yang bekerja dengan mereka dan mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Dan ketika orang lain melihat mereka untuk membuat keputusan yang tepat, ESTJ merasa nyaman di pucuk pimpinan.

ESTJ memiliki kemampuan yang hebat untuk menganalisis situasi dan membuat keputusan yang logis.


5. ISFJ

Ilustrasi wawancara kerja
Ilustrasi wawancara kerja. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Tipe introvert juga dikenal karena sifat mereka yang banyak bergantung kepada diri sendiri. Sama seperti ESTJ, orang dengan tipe kepribadian iISFJ adalah perencana dan bangga akan kemampuan organisasi mereka.

Menurut Verywell Mind, ISFJ membuat keputusan menggunakan logika dan melihat dunia seperti teka-teki-mereka memiliki kemampuan unik untuk melihat pola dan akan mendorong diri mereka sendiri untuk mencari tahu.

ISFJ juga cenderung berinvestasi secara emosional dan mendedikasikan diri mereka untuk pekerjaannya, dan mereka cenderung melampaui apa yang diminta dari mereka, menurut 16Personalities.

Mereka bangga dengan pekerjaannya dan karena mereka adalah "pembela," orang-orang ini akan mengambil pekerjaan ekstra dan melangkah maju untuk membantu orang lain.

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru
Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya