Cegukan Dapat Berarti Stroke atau Kanker, Ini Tanda dan Gejala yang Harus Diwaspadai

Cegukan juga dapat berarti stroke atau kanker, ini tanda dan gejala yang harus diwaspadai

oleh Sulung Lahitani diperbarui 23 Feb 2023, 18:06 WIB
Diterbitkan 23 Feb 2023, 18:06 WIB
Penyebab Cegukan Berkepanjangan
Ilustrasi Cegukan Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Kita semua pernah mengalami cegukan dan untungnya ini biasanya hilang dengan sendirinya. Suara 'hik' yang khas itu hanyalah penutupan tiba-tiba pita suara kita, mengikuti kontraksi otot yang tidak disengaja di dasar paru-paru (diafragma).

Ada banyak tips dan trik untuk menghilangkan gangguan cegukan, mulai dari menarik lidah dengan lembut hingga menahan napas atau berkumur air . Tapi kenapa kita bisa cegukan? Sebenarnya, ini sering disalahpahami, dengan para ahli percaya bahwa penyebabnya dapat sangat bervariasi dari orang ke orang.

Dilansir dari Mirror, ada konsensus umum bahwa semuanya tergantung pada iritasi dan stimulasi saraf frenikus dan saraf vagus setelah diafragma berkontraksi.

Peneliti mengatakan cegukan sering terlihat pada perokok dan orang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar. Rumah sakit dan unit perawatan paliatif juga mengamati cegukan pada pasien yang dirawat karena stroke dan beberapa jenis kanker.

News Medical Life Sciences mengatakan daftar kanker yang terkait dengan cegukan sangat luas. Ini meliputi:

  • Kanker esofagus
  • Kanker pankreas
  • Kanker perut
  • Beberapa tumor otak
  • Kanker paru-paru
  • Tumor mediastinum

Badan kesehatan Nasional Inggris (NHS) mengatakan cegukan dapat berkembang ketika saraf yang melayani diafragma menjadi terganggu oleh hal di atas.

Timothy Pfanner, asisten profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Texas A&M Health Science Center, menjelaskan: “Apa pun yang menyebabkan perut Anda buncit dapat menyebabkan cegukan. Perokok rentan karena terus-menerus menelan udara."

“Kadang-kadang kita melihat cegukan yang sulit diatasi pada pasien yang didiagnosis menderita kanker otak, kelenjar getah bening, atau kanker perut," ungkap dia.

"Anda harus mencari saran dari penyedia layanan kesehatan Anda jika cegukan Anda berkembang dari sesekali menjadi gigih atau sulit diatasi."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bagaimana cegukan bisa dikaitkan dengan stroke

Cara Tak Biasa Atasi Cegukan (2)
Ilustrasi cegukan. Foto: testtube

Jika seseorang menderita stroke, ada kemungkinan gangguan pada jalur neurotransmitter di sistem saraf pusat dapat menyebabkan cegukan. Dan gangguan ini juga sering terlihat pada otak pasien yang dirawat karena tumor otak.

Berbicara kepada Huffington Post, ahli saraf Diana Greene-Chandos menekankan pentingnya mencari tanda lain yang lebih konkret untuk menentukan apakah Anda mengalami stroke.

Indikator utama dari kondisi ini meliputi penglihatan kabur, mati rasa, atau kebingungan mendadak.

Terlebih lagi, dia menjelaskan bahwa cegukan akibat stroke cenderung 'menyakitkan, tak henti-hentinya, dan parah yang muncul entah dari mana'.

Peneliti dan timnya melakukan jajak pendapat terhadap seribu orang yang menderita stroke, dengan hanya sepuluh persen wanita yang sadar bahwa cegukan adalah salah satu gejalanya. Penyebabnya berbeda dengan kanker perut, dengan cegukan hanya terjadi ketika perut berhenti bekerja dan menjadi membesar dan kembung.

NHS menyatakan bahwa cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam - atau yang muncul kembali secara teratur - harus diperiksa oleh dokter.

“Dokter umum ingin mengetahui apakah cegukan Anda disebabkan oleh kondisi kesehatan atau obat yang Anda minum,” kata badan kesehatan tersebut.

Untuk menentukan apakah kanker adalah penyebab cegukan, Anda harus mencari tanda-tanda utama penyakit tersebut seperti penurunan berat badan dan kelelahan, saran NHS.


7 Zodiak yang Tidak Bisa Menerima Penolakan, Kamu Termasuk?

zodiak
Ilustrasi perempuan tersenyum cantik/copyright unsplash.com/Paul Castanié

Setiap individu tidak ada yang ingin ditolak. Namun, ketika berurusan dengan penolakan, ada individu yang keberatan dan merasa sedih hingga kesal.

Bahkan penolakan akan menjadi pukulan, paling tidak diharapkan dan mengubah hidup mereka. Seperti beberapa zodiak ini yang diklaim tidak bisa menerima penolakan menurut astrologi, seperti melansir dari Times of India, Rabu (22/2/2023). 

1. Cancer

Cancer dikenal zodiak yang sensitif dan emosional. Mereka cenderung menganggap segala sesuatu secara pribadi, termasuk penolakan. 

Saat mereka mengalami penolakan, mereka bisa menjadi sangat terluka dan emosinya bisa mengambil alih. 

Pemilik zodiak ini kesulitan memisahkan emosinya dari suatu situasi, dan butuh beberapa saat baginya untuk pulih.

2. Scorpio

Scorpio adalah individu yang bersemangat dan intens. Mereka mengerahkan seluruh kemampuannya untuk semua yang mereka lakukan, dan itu termasuk hubungan. 

Ketika mereka mengalami penolakan, mereka bisa dikuasai oleh emosinya. Mereka akan menjadi marah atau kesal, dan butuh beberapa saat baginya untuk melepaskan rasa sakit itu.


3. Pisces

zodiak
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Pisces adalah individu yang sangat sensitif dan intuitif. Mereka memiliki hubungan emosional yang mendalam dengan orang yang mereka sayangi, dan ketika mereka mengalami penolakan, itu bisa sangat menghancurkan. 

Pemilik zodiak ini akan merasa seperti kehilangan sebagian dari diri mereka sendiri dan bisa termakan oleh emosinya.

4. Leo

Leo dikenal sosok yang percaya diri, tapi mereka sensitif dalam penolakan. Mereka sangat membutuhkan validasi dan perhatian, dan ketika mereka mengalami penolakan, hal itu bisa menghancurkan kepercayaan dirinya. 

Mereka menganggap itu sebagai serangan pribadi terhadap harga diri dan kemampuannya. 

5. Aries

Aries adalah individu yang kuat dan sensitif, tapi mereka juga bisa menjadi impulsif dan cepat marah. Ketika mereka mengalami penolakan, mereka bisa mnejadi defensif dan konfrontatif. 

Pemilik zodiak ini merasa perlu untuk membuktikan diri dan menyerang orang yang telah menolaknya.


6. Taurus

zodiak
ilustrasi zodiak/copyright unsplash/Joshua Chun

Taurus dikenal individu yang sabar dan bisa diandalkan, tapi mereka juga bisa keras kepala dan posesif. Saat mereka mengalami penolakan, mereka bisa terpaku pada orang yang menolaknya.

Mereka mencoba memenangkannya kembali atau mempertahankan hubungan tersebut meskipun itu tidak sehat. 

7. Gemini

Gemini adalah individu yang sosial dan ingin tahu, tapi mereka juga bisa ragu-ragu dan cemas. Ketika mereka mengalami penolakan, mereka bisa menjadi terpaku pada situasi tersebut dan mengulanginya berulang kali dalam pikirannya.

Pemilik zodiak ini akan berjuang untuk melepaskan rasa sakit dan melanjutkan hidupnya.

Infografis Ciri-Ciri Orang Miliki Gangguan Kesehatan Mental
Infografis Ciri-Ciri Orang Miliki Gangguan Kesehatan Mental. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya