Cerita Haru Putri Ariani Diberi Nadiem Makarim Beasiswa Juilliard School, Perlahan Mimpi Jadi Nyata

Berikut ini cerita haru Putri Ariani diberi Nadiem Makarim beasiswa Juilliard School seperti mimpinya

oleh Sulung Lahitani diperbarui 12 Jun 2023, 17:36 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2023, 17:36 WIB
Cerita Haru Putri Ariani Diberi Nadiem Makarim Beasiswa Juilliard School, Perlahan Mimpi Jadi Nyata
(doc: Kemendikbudristek)

Liputan6.com, Jakarta Mimpi Putri Ariani untuk bersekolah di Juilliard School New York tampaknya bakal terwujud. Hal ini setelah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim berjanji bakal memberikan beasiswa untuk mewujudkan mimpinya tersebut.

Nadiem Makarim menyampaikan bahwa ia akan membantu Putri Ariani lewat Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

"Inspirasi Putri untuk negara ini luar biasa. Maka dari itu, kami ingin merealisasikan mimpi Putri untuk berkuliah di kampus impian Putri, yang seleksinya sangat ketat. Jadi kami akan mendukung penuh lewat Beasiswa Indonesia Maju," ujar Nadiem dalam siaran pers tertulis, Senin (12/6/2023).

Menurut Nadim, program BIM yang tahun ini juga menyasar siswa kelas menengah atas dan sederajat, juga akan membantu penerimaan beasiswa mulai dari persiapan memasuki perguruan tinggi pilihannya.

"Jadi selain beasiswa penuh saat kuliah nanti, dalam proses pendaftaran Putri Ariani ke kampus, persiapan untuk tes, juga akan didukung lewat beasiswa ini," ungkap Nadiem.

Tak hanya itu, Nadiem bahkan sudah menawarkan surat rekomendasi untuk memperkuat pendaftaran Putri ke Juilliard School atas prestasinya.

Janji Nadiem Makarim itu disambut tangis haru oleh Putri Ariani. Sebagaimana diketahui, saat tampil di America's Got Talent dan sebelum mendapat Golden Buzzer, ia menyampaikan impiannya untuk bersekolah di Juilliard School dan menjadi penyanyi seperti Whitney Houston.

“Terima kasih. Aku senang banget. Soalnya dari kecil impianku mau kuliah di The Juilliard School (New York, AS),” kata Putri.

Nadiem mengapresiasi semangat luar biasa Putri dan juga orang tua yang mendukung perjalanan Putri selama menempuh pendidikan di sekolah umum.

“Menurut saya pengalaman Putri sangat menggambarkan konsep Merdeka Belajar. Di mana orang tua mengikuti minat dan bakat dan memberikan kebebasan dalam mengajarkan Putri. Saya akan sangat senang kalau Putri bisa membuat lagu tentang Merdeka Belajar,” pungkas Nadiem.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


5 Lagu Ciptaan Putri Ariani Selain Loneliness, tentang Pahitnya Kehilangan hingga Kecintaan pada Indonesia

Putri Ariani dalam America's Got Talent. (Tangkapan layar YouTube/ Putri Ariani dalam America's Got Talent. (Tangkapan layar YouTube/  America's Got Talent)  America's Got Talent)
Putri Ariani dalam America's Got Talent. (Tangkapan layar YouTube/ Putri Ariani dalam America's Got Talent. (Tangkapan layar YouTube/ America's Got Talent) America's Got Talent)

Putri Ariani sejak pekan kemarin menjadi perbincangan hangat warganet Indonesia. Penampilan gemilangnya di audisi America’s Got Talent 2023 tak hanya berbuah Golden Buzzer dari Simon Cowell, namun juga pengakuan dari publik Tanah Air.

Sejumlah pesohor mengungkap dukungannya kepada penyandang disabilitas tunanetra ini, termasuk Presiden Joko Widodo.

"Apa yang diraih Putri Ariani saat ini semoga memberi inspirasi dan semangat kepada semua orang bahwa semua impian dan cita-cita dapat diraih dengan ketekunan, kerja keras, serta kepercayaan atas kemampuan diri sendiri,” kata Presiden Jokowi lewat media sosial.

Apresiasi terhadap dara 17 tahun ini tak hanya datang lewat ucapan di medsos, tapi juga pengakuan terhadap karya Putri Ariani. Lihat saja video musik lagu “Loneliness,” yang kini menembus angka 2 juta views di YouTube, setelah dibawakan di ajang kompetisi bakat Amerika Serikat tersebut.

Namun lagu Putri Ariani bukan hanya "Loneliness" saja. Ada sejumlah lagu lain yang ia ciptakan, dan sudah dirilis dalam beberapa waktu terakhir. Apa saja?

Selengkapnya...


Rasa Bangga Jokowi, Sandiaga, Susi Pudjiastuti hingga Ganjar Pranowo saat Putri Ariani Tampil di America’s Got Talent

10 Potret Gaya Putri Ariani, Penyanyi Tunanetra Asal Jogja yang Sukses Raih Golden Buzzer America’s Got Talent 2023
"Kamu 17 tahun, kamu menulis lagu, kamu memiliki suara khas yang luar biasa. Maksudku sangat, sangat bagus. Kamu memiliki semacam cahaya tentang dirimu,” puji Cowell, dikutip di channel YouTube AGT.

Nama Putri Ariani menjadi perbincangan usai berhasil memukau juri dan mendapatkan Golden Buzzer dari Simon Cowell di ajang pencarian bakat America’s Got Talent. Tak hanya pukau juri, Putri Ariani juga sita perhatian tokoh di Indonesia termasuk Presiden Jokowi hingga Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastui.

Prestasi Putri Ariani tersebut menjadi viral dan disorot media sejak pekan lalu. Bahkan nama Putri Ariani sempat menjadi trending topic di Twitter pada Rabu, 7 Juni 2023. Mengutip Kanal Tekno, Liputan6.com, nama Putri Ariani sudah cuitkan hingga 26,7 ribu kali.

Beragam komentar diberikan kepada perempuan kelahiran Riau tersebut setelah tampil mempesona dengan memainkan piano dan menyanyi. Salah satu juri Heidi Klum bahkan mengunggah status di akun twitternya @heidiklum yang ungkapkan kekaguman Heidi Klum terhadap suara penyanyi berusia 17 tahun ini.

Selengkapnya...


Mencengangkan, Ini Total Hadiah yang Dibawa Pulang Putri Ariani Jika Menang America's Got Talent

10 Potret Gaya Putri Ariani, Penyanyi Tunanetra Asal Jogja yang Sukses Raih Golden Buzzer America’s Got Talent 2023
Saking terkesimanya, Cowell memberikan Golden Buzzer untuk penyanyi tunanetra tersebut.

Jika Putri Ariani menang di ajang America's Got Talent, maka ia berhak atas hadiah fantastis. Hadiah yang diterima oleh para pemenang dari musim ke musim yaitu berupa uang.

Dikutip dari laman Good Housekeeping, Senin (12/6/2023) pemenang dari ajang pencarian bakat asal Amerika Serikat ini berhak atas hadiah uang US$ 1 juta atau setara Rp14,8 miliar.

Tak hanya uang, ada juga kesempatan menarik bagi pemenang America's Got Talent yaitu tampil di sebuah acara besar berlokasi di Las Vegas.

Meski begitu, hadiah senilai US$ 1 juta tersebut dibayar dalam anuitas finansial selama 40 tahun.

Bisa juga, kontestan memilih untuk menerima uang tunai saat ini dari anuitas tersebut. Analisis Forbes pada tahun 2011 menemukan seberapa banyak hadiah yang bisa didapat pemenang.

Selengkapnya...

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya